Lifestyle

02 09 2020

Sulit Nabung? Ini Cara Mengatur Keuangan Bagi yang Single

Penyesalan selalu datang terlambat

727 Views

Sulit Nabung? Ini Cara Mengatur Keuangan Bagi yang Single
Belanja tentu jadi kegiatan yang menyenangkan, bahkan tak sedikit orang yang ketika suntuk merasa lebih baik saat mereka belanja atau hanya window shopping. Sejalan dengan kesukaan banyak orang akan belanja, riset yang dilakukan oleh Sirclo menunjukkan, rata-rata masyarakat Indonesia berbelanja sebanyak 3-5 kali dalam sebulan. 
 
Keinginan belanja yang sulit terbendung tentu akan menyusahkan dalam mengatur keuangan. Bahkan jika dibiarkan berlarut-larut, akan membuat kamu akhirnya hidup dari gaji ke gaji. Sehingga kamu generasi milenial yang masih berstatus single, perlu tahu apa sebenarnya penyebab kamu sulit mengatur keuangan hingga sekarang.

Penyebab Sulit Mengatur Keuangan

Bagi kamu yang masih single dan sering kesulitan mengatur keuangan, tentu penyebabnya terletak dari cara kamu mengelola keuangan tersebut. Survei yang dilakukan oleh Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2019 menunjukkan, milenial jadi generasi yang paling sering melakukan pembelanjaan online dengan persentase mencapai 17%. 
 
Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bahkan mencatat, aktivitas belanja online masyarakat Indonesia naik hingga 400 persen selama masa pandemi covid-19. Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa mengatur keuangan terasa sulit bagi kamu dan juga jutaan orang lain di luar sana yang masih berstatus single.

1. Keharusan mengikuti tren

undefined
Hasil riset yang dilakukan oleh situs Hootsuite dan digital marketing We Are Social yang bertajuk "Global Digital Reports 2020", Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara dengan akses internet terlama di dunia. Rata-rata dalam sehari durasi yang dihabiskan bisa mencapai 7 jam 59 menit.
 
Itu artinya ada banyak update informasi yang kamu terima termasuk dengan tren yang sedang hype sekarang. Ada kalanya terlalu mengkuti tren membuat kamu lebih konsumtif, padahal tidak semua tren yang ada perlu kamu ikuti. Jika dirasa hanya membuat kamu lebih boros, sebisa mungkin untuk menjauhinya.
 

2. Keseringan makan di luar

undefined
Banyak dari kamu yang tidak sadar bahwa sering makan di luar ternyata menjadi salah satu penyebab cepatnya gaji kamu habis. Dikutip dari Tirto, rata-rata generasi milenial di Indonesia menghabiskan 74% dari gajinya untuk makan di luar. 
 
Meski saat membeli makanan rasanya kamu tidak mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak, tapi jika ditotal selama satu bulan pasti nominalnya layak untuk kamu tabung atau dialokasikan sebagai dana cadangan.
 

3. Memiliki visi hidup work hard play hard

undefined
Konsep hidup work hard play hard tentu tidaklah salah. Namun yang salah, saat kamu melakukan play hard dengan anggaran yang sangat keluar dari budget bulanan. Jadi pastikan kamu tetap mengontrol segala jenis hiburan yang kamu butuhkan.

Cara Mengatur Keuangan Bagi Kamu yang Single

Mengatur keuangan bagi yang single sebenarnya susah-susah gampang. Ini karena hal yang harus kamu lawan adalah diri kamu sendiri. Kamu harus menahan keinginan untuk belanja dan mengeluarkan anggaran untuk keperluan yang tidak begitu penting. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan bagi kamu yang single.

1. Membagi slot keuangan menjadi 3 bagian

undefined
Sebagai seorang financial planner, Prita Ghozie menyarankan para milenial untuk membagi keuangan mereka menjadi 3 pos alokasi besar. Pertama untuk pos kehidupan rutin atau living, kedua pos investasi atau saving, ketiga pos gaya hidup atau playing.
 
Masing-masing dari 3 pos memiliki persentase anggaran yang tentunya berbeda-beda. Bisanya anggaran sebanyak 50% untuk dialokasikan ke dalam kebutuhan harian, 30% untuk ditabung atau dana cadangan, dan 20% untuk dana hiburan. 

2. Memiliki 3 rekening yang berbeda

undefined
Prita juga menambahkan sebisa mungkin milenial yang masih berstatus single untuk memiliki 3 rekening yang berbeda. Rekening tabungan yang memiliki kartu ATM disarankan digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari dan membayar berbagai tagihan yang dimiliki.
 
Rekening kedua digunakan untuk menyimpan dana cadangan serta investasi dan yang terakhir Prita menyarankan untuk menggunakan dompet elektronik untuk kebutuhan jajan selama satu bulan. 

3. Berlangganan aplikasi hiburan yang memang sering digunakan

undefined
Saking banyaknya pilihan aplikasi hiburan yang ada jangan sampai kamu berlangganan semuanya. Pastikan sebelum memutuskan untuk berlangganan, kamu harus yakin bahwa kamu akan sering menggunakannya dan merasa butuh akan aplikasi tersebut. 
 
Jika kamu tipe yang hobi sekali menonton film dan mendengarkan musik, Netflix dan Spotify bisa kamu pilih. Tapi jika kamu tipe yang sangat gemar mendengarkan podcast ketimbang lagu, kamu bisa berlangganan podcast dari aplikasi milik anak bangsa, Inspigo.
Mengatur keuangan dengan benar perlu dibiasakan. Keuangan yang terkontrol dengan baik akan sangat membantu kamu di masa tua nanti. 
 
Kamu jadi bisa menikmati hasil dari kerja keras yang sudah kamu lakukan selama bekerja. Jadi mulailah untuk membiasakan mengelola keuangan dengan benar dimulai dari sekarang. Semangat :) 
 
Baca Juga

Topik Terkait

loading