Hangout

24 11 2022

10 Rekomendasi Tempat Piknik Paling Hits di Jakarta

Kamu juga bisa healing di ibu kota

26 Views

10 Rekomendasi Tempat Piknik Paling Hits di Jakarta

Setelah seminggu berkutat dengan setumpuk pekerjaan dan deadline yang tiada jeda, kamu sebagai pejuang rupiah yang hidup di ibu kota juga tentunya butuh rehat sejenak. Tujuannya tentu untuk memulihkan pikiran dari berbagai masalah yang ada di pekerjaan. 

 

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memang terkenal akan gedung-gedung tinggi pencakar langit yang menjulang. Namun tau kah kamu bahwa di Jakarta juga ada tempat-tempat untuk healing yang cocok untuk kamu kunjungi di akhir pekan?

 

Berikut adalah rekomendasi tempat piknik hits di Jakarta yang cocok untuk kamu kunjungi, bersama orang terdekat guna menghabiskan waktu dan berlibur singkat di akhir pekan.

1. Taman Menteng

undefined

Tempat piknik yang pertama adalah Taman Menteng yang terletak di Jakarta Pusat. Lokasinya yang berada di pusat kota menjadikan taman ini mudah untuk kamu kunjungi, meskipun kamu menggunakan transportasi umum sekalipun.

 

Taman yang dulunya merupakan stadion sepak bola ini memiliki luas sekitar 2 hektar, lho. Banyaknya pepohonan hijau dan area rumput yang luas membuat suasana menjadi lebih teduh.

 

Selain itu di Taman Menteng terdapat juga berbagai fasilitas lain yan dapat membuat piknik kamu lebih menyenangkan, seperti area bermain anak-anak, toilet, praying room, free WiFi, serta area parkir yang luas dan mampu menampung banyak kendaraan.

2. Gordi HQ

undefined

Bergeser sedikit ke Jakarta Selatan, kamu yang menyukai kopi harus coba berpiknik di tempat yang satu ini. Meskipun bagian indoor terlihat seperti cafe biasa, namun begitu kamu melihat area outdoor Gordi HQ, kamu dapat melihat area rumput yang luas dengan kain-kain yang menjadi alas duduk pengunjung.

 

Bagi kamu yang anti ribet, berpiknik di Gordi HQ bisa menjadi pilihan yang bagus. Ini karena kamu tidak perlu repot menyiapkan bekal untuk berpiknik karena ada banyak menu yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. 

 

Kamu yang berniat untuk berpiknik, kamu bisa memesan Picnic Basket yang cukup untuk 6 orang. Harga yang perlu dibayarkan mulai dari Rp 120,000 kamu bisa menikmati Grilled Cheese, Salted Egg Chicken Finger, Croissant, serta Pack Gordi Cookie sambil berpiknik.

3. Monas

undefined

Menjadi ikon kota Jakarta dengan luas wilayah 80 hektar, taman Monas bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang sedang mencari lokasi untuk piknik. Luas kawasan monas dapat membuat kamu bebas menentukan di mana lokasi piknik yang membuatmu nyaman.

 

Jika kamu ingin berpiknik di kawasan yang teduh, kamu bisa menggelar tikar di area pepohonan yang rindang. Namun jika kamu ingin berpiknik sambil asik bermain sepeda dan layang-layang, kamu bisa bermain di luasnya rerumputan hijau yang terletak di bagian tengah kawasan Monas.

 

Akses ke Monas juga cukup mudah untuk kamu jangkau dengan transportasi umum, lho. Lokasinya yang berada di pusat kota menjadikan monumen dengan kubah emas ini dekat dari stasiun Commuterline dan halte TransJakarta. Sehingga mudah untuk dijangkau setiap orang. 

4. Pantai Pasir Putih PIK 2

undefined

Akhir-akhir ini PIK atau Pantai Indah Kapuk memang menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur ya. Salah satu lokasi di PIK yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk berpiknik adalah pantai pasir putih yang terletak di PIK 2.

 

Lembutnya pasir putih dan suara desiran ombak yang memanjakan telinga dijamin, bisa membuat kamu betah berlama-lama duduk sambil memandang birunya laut nusantara. Kamu juga bisa melihat indahnya matahari terbenam dari pantai ini, lho.

 

Sedikit tips untuk kamu yang ingin datang ke Pantai Pasir Putih PIK 2, sebaiknya kamu datang lebih awal untuk memilih tempat berpiknik yang kamu inginkan ya. Tingginya jumlah pengunjung yang datang ke kawasan PIK 2 bisa membuat kamu sulit untuk mendapatan spot piknik yang nyaman. 

5. Hutan Kota GBK

undefined

Seperti namanya, Hutan Kota GBK adalah lahan terbuka hijau yang menjadi paru-paru Jakarta. Seperti Central Park yang ada di New York, di Hutan Kota GBK kamu juga bisa menikmati udara segar di tengah kota Jakarta sambil memandangi gedung-gedung tinggi kota metropolitan.

 

Waktu yang tepat untuk berpiknik di kawasan ini adalah sebelum pukul 10 pagi atau setelah pukul 3 sore supaya kamu tidak merasakan teriknya matahari di siang bolong yang tidak bagus untuk kesehatan kulit.

 

Sedikit tips untuk kamu yang ingin berkunjung tanpa kendaraan pribadi, sebaiknya kamu masuk melalui pintu di dekat FX Sudirman atau seberang Pacific Place, karena jalur tersebut dirasa memiliki jarak yang lebih deket dengan Hutan Kota GBK bila kamu berjalan kaki.

 

Baca Juga

5 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Ramah Hewan Peliharaan

Rekomendasi Tempat Work from Cafe di Jaksel Anti Ramai

6. Twin House Cipete

undefined

Cafe dengan tema Rustic dan Vintage ini memiliki area taman yang bisa kamu jadikan tempat untuk berpiknik di akhir pekan. Rindangnya pepohonan yang kontras dengan gedung-gedung tinggi Jakarta di area cafe juga bisa membuat kamu merasa lebih sejuk dan asri.

 

Berbagai menu lezat yang ada di Twin House Cipete, kamu tidak perlu repot menyiapkan bekal yang akan kamu makan nanti saat berpiknik. Kamu bisa memesan Dory Salsa Matah dan Truffle Gyu Don yang merupakan menu andalan dari cafe ini dan untuk kamu santap bersama teman piknik kamu.

 

Bagi kamu yang ingin berpiknik di Twin House Cipete kamu perlu melakukan reservasi terlebih dahulu terutama ketika akhir pekan yang ramai akan pengunjung. Kapasitas untuk tikar kecil berukuran 3×3 bisa menampung 5 orang. Sedangkan tikar besar berukuran 2×6 cukup untuk 20 orang. 

7. Taman Suropati

undefined

Terletak di Jakarta Pusat menjadikan taman yang satu ini menjadi salah satu taman kota pilihan banyak pengunjung yang ingin menghirup udara segar. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di taman ini seperti berolahraga, berkumpul dengan komunitas, hingga berpiknik di atas rerumputan hijau.

 

Tidak adanya penyedia perlengkapan piknik mengharuskan kamu membawa perlengkapan piknik kamu sendiri dari rumah. Jadi pastikan kamu membawa tikar, bekal, payung, dan perlengkapan lainnya sendiri sebelum datang ke lokasi berpiknik ya.

 

Kamu juga bisa berpiknik di taman ini hingga malam hari. Apa lagi ketika malam tiba akan ada banyak pedagang kaki lima yang berjualan di area taman sehingga kamu bisa piknik sambil wisata kuliner dengan mencicipi jajanan-jajanan khas Indonesia yang murah meriah.

8. Taman Spathodea

undefined

Para warga Jakarta Selatan pasti tidak asing lagi dengan taman yang satu ini. Terletak di kawasan Jagakarga membuat taman ini banyak dikunjungi oleh para kaula muda di sore hari. Area rerumputan yang luas serta suasana asri dari pepohonan di sekitar, Taman Spathodea pun menjadi pilihan banyak orang untuk bersantai di atas tikar.

 

Selain memiliki area rumput yang luas, taman ini juga memiliki fasilitas lain seperti area bermain anak, area untuk berolahraga, serta toilet dan tempat parkir yang bisa membuat kamu lebih nyaman saat berpiknik. Pada bagian tengah taman juga terdapat danau buatan yang bisa memanjakan pandangan mata ketika menyantap bekal.

 

Sedikit informasi unik tentang Taman Spathodea, alasan mengapa taman ini diberi nama tersebut adalah karena banyaknya pohon jenis Spathodea Campanulata yang di tanam di area taman. Wah tidak disangka-sangka ya nama Spathode terdengar cantik dan cocok dengan nuansa taman.

9. Taman Ismail Marzuki

undefined

Merupakan pusat kesenian yang ada di Jakarta, Taman Ismail Marzuki atau TIM bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat piknik untuk kamu kunjungi di akhir pekan. Berlokasi di Jalan Cikini Raya, bagunan yang dilapisi kaca ini memiliki berbagai pameran seni dan kebudayaan yang rutin digelar.

 

Agar bisa berpiknik, kamu bisa menempati area taman yang terletak di bagian luar bangunan. Namun ada juga taman cantik di atas gedung parkir yang bisa jadi pilihan kamu jika kamu ingin piknik di atap gedung sambil merasakan sapuan angin sore yang menyenangkan.

 

Selain berpiknik, kamu juga bisa melakukan banyak hal di Taman Ismail Marzuki, lho. Jika kamu ingin menonton pertunjukan maka kamu bisa berkunjung ke area teater, atau jika kamu ingin mempelajari tentang astronomi dan luar angkasa maka Planetarium bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk kamu.

10. Tebet Eco Park

undefined

Seperti namanya, taman yang satu ini sangat ramah lingkungan dan dipenuhi dengan tanaman-tanaman hijau yang menyejukan suasana kota. Taman yang satu ini juga tergolong aesthetic untuk standar taman kota, terutama area jembatan infinity nya yang membuat taman bagian utara dan selatan seolah menyatu walupun sebenarnya terpisah oleh Jalan Tebet Raya.

 

Eco Park satu ini ada beberapa area yang bisa kamu kunjungi sesuai selera kamu. Jika kamu ingin berpiknik dibawah pepohonan maka Community Lawn bisa jadi area yang cocok untuk kamu. Namun jika kamu pergi bersama keluarga dengan banyak anak-anak, maka kamu bisa pergi ke area Children Playground lebih cocok untuk kamu kunjungi.

 

Taman dengan luas 7 hektar ini juga bisa kamu akses dengan mudah menggunakan transportasi umum, lho. Letaknya yang dekat dengan stasiun Cawang dan stasiun Tebet membuat kamu yang sedang malas membawa kendaraan pribadi bisa berkunjung dengan lebih mudah.

Itu dia rekomendasi tempat piknik hits di Jakarta yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan. Sesibuk apapun kamu selalu sempatkan untuk berlibur meskipun hanya sesaat ya. Memiliki waktu untuk berlibur akan menggurangi resiko terkena depresi dan gangguan kecemasan yang diakibatkan dari tekanan pekerjaan yang kamu terima di tempat kerja.

 

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan daya tahan tubuh ketika kasus covid-19 kembali naik seperti sekarang ini ya. Selamat berlibur dan selamat berpiknik ria!

 

Baca Juga

5 Tempat Piknik di Jakarta yang Lagi Populer di TikTok

5 Restoran Romantis untuk Dinner di Jakarta Saat Hari Valentine

Topik Terkait

loading