Lifestyle

15 02 2023

Mengulik Strategi Branding Grup K-Pop NewJeans yang Populer

Apa rahasianya?

480 Views

Mengulik Strategi Branding Grup K-Pop NewJeans yang Populer

Bagi kamu yang menyukai K-Pop tentu sudah tidak asing lagi dengang grup yang debut pada Juli 2022 lalu ini, girl group di bawah naungan ADOR dan HYBE Labels, NewJeans sudah menarik banyak perhatian sejak kemunculannya di hadapan publik. Dengan konsep high-teen yang disukai oleh banyak kalangan, NewJeans pun berhasil menggaet penggemar dari berbagai kalangan usia.

 

Segala kesuksesan NewJeans tidak lepas dari strategi branding yang dilakukan oleh ADOR dan HYBE Labels selaku management yang mengatur promosi mereka, lho. Kali ini HIGO akan membahas strategi branding yang dilakukan oleh grup populer NewJeans yang dalam waktu singkat bisa menarik banyak pasang mata penggemar K-Pop di seluruh dunia.

Apa itu strategi branding?

undefined

Secara umum strategi branding adalah seperangkat tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk membangun dan mempertahankan identitas brand yang kuat dan membedakan dari pesaing. Sebuah buku berjudul Positioning: The Battle for Your Mind karya Al Ries and Jack Trout juga menjelaskan bahwa strategi branding harus memposisikan brand sebagai jawaban unik dan berbeda dari masalah pasar sasaran.

 

Jika dilihat beberapa tahun ke belakang, grup wanita K-Pop sering kali menggunakan konsep kuat yang biasa disebut "girl crush" sebagai konsep utama dari grup dan lagu yang mereka rilis. Melihat kejenuhan akan konsep yang mainstream ini, management NewJeans pun ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

 

Sejalan dengan penjelasan tersebut, ADOR dan HYBE Labels membuat image yang khas dari grup NewJeans yang mana konsep yang digunakan dapat membuatnya berbeda dan lebih menonjol dari grup wanita K-Pop di generasi ke-4 lainnya.

 

Baca Juga

10 Rekomendasi Episode Going Seventeen Paling Menghibur

Hal yang membuat NewJeans populer

Berada di bawah label yang sama dengan grup papan atas BTS dan dipilih langsung oleh Min Hee Jin yang berkontribusi bagi kesuksesan artis SM Entertainment tentu cukup menjanjikan kesuksesan NewJeans, ya! Namun belum berpuas diri, NewJeans juga melakukan strategi promosi yang membuat nama mereka kian melambung, lho.

 

Lalu apa saja sih strategi yang NewJeans lakukan untuk membuat nama mereka lebih dikenal di Korea maupun luar Korea?

1. Musik yang Easy Listening

undefined

Sebagai sebuah grup penyanyi tentu lagu adalah point terpenting yang perlu diperhatikan ketika berpromosi. Berbeda dengan grup wanita K-Pop kebanyakan yang sering kali mengusung genre populer seperti EDM. Lagu-lagu NewJeans terdengar lebih sederhana dan mudah untuk didengarkan.

 

Meskipun mencampur beberapa genre dalam satu lagu sedang populer, konsistensi NewJeans dalam memilih genre lagu mereka, menjadikan lagu-lagu yang dirilis oleh Minji cs ini lebih diterima di telinga banyak orang. Tidak memiliki high-note dalam nada lagu juga memudahkan para pendengar yang ingin bernyanyi bersama karena lagu menjadi mudah untuk dinyanyikan.

2. Memiliki 3 Target Audience

undefined

Beranggotakan 5 gadis dengan rentan usia 14-18 tahun membuat NewJeans memiliki konsep terbatas yang bisa mereka coba karena keterbatasan usia yang masih di bawah umur. Namun hal tersebut tidak membatasi promosi NewJeans untuk mencakup target audience mereka.

 

Menurut Soft 4 Taeng dalam ulasan saluran YouTube nya, untuk menjangkau target audience laki-laki sebuah grup wanita butuh konsep yang seksi atau cute, seperti konsep yang dilakukan oleh SNSD. Sementara jika grup wanita ingin menjangkau audience perempuan maka konsep "aspiring/role model" seperti 2NE1 akan lebih disukai.

 

NewJeans berhasil mengemas konsep yang cocok untuk dinikmati oleh audience laki-laki dan perempuan serta audience "general" yang menggabungkan konsep keduanya menjadi satu strategi promosi yang disukai oleh laki-laki dan perempuan sekaligus. 

3. Album Fisik yang Anti-mainstream

undefined

Berada di zaman yang serba digital tentu membuat banyak orang bertanya-tanya mengapa mereka harus membeli album fisik ketika ada layanan streaming digital bukan? Bukan hanya lebih mahal, album fisik juga lebih sulit untuk digunakan karena kamu membutuhkan bantuan alat khusus untuk memutar CD yang ada.

 

Mengetahui hal tersebut NewJeans membuat inovasi dengan bentuk album unik yang berbeda dari album penyanyi lain pada umumnya. Jika album biasanya diperuntukan untuk hiasan atau koleksi, berbeda dengan album NewJeans yang berbentuk hand bag, para penggemar yang membeli album pun bisa menggunakan kemasan album yang berbentuk tas tersebut untuk fashion item sehari-hari.

4. Konsep Y2K yang Nostalgic

undefined

Y2K adalah singkatan untuk Year 2000 yang artinya awal dari era baru. Pada awal tahun 2000an juga banyak bermunculan trend baru termasuk dalam fashion dan musik. NewJeans kembali membawa konsep awal era 2000an dalam konsep grup mereka, terbukti dari style make up dan hairstyle yang sederhana seperti para remaja di awal 2000an.

 

Kostum panggung yang NewJeans gunakan juga memiliki style ala Y2K yang membuat banyak orang khususnya para audience yang lahir di tahun 90an merasa bernostalgia ketika mereka masih berada di usia belasan. Berkat terobosannya yang kembali menggunakan trend fashion awal 2000an, kini NewJeans pun kembali menghidupkan trend fashion lama di kalangan remaja Korea Selatan.

5. Setiap Lagu Memiliki Video Musik

undefined

Salah satu hal yang membuat lagu menjadi lebih menarik adalah dengan adanya video musik resmi dan membuat audience menjadi lebih memahami apa yang ingin disampaikan lewat lagu. Berbeda dengan grup K-Pop lainnya yang memiliki 1 hingga 2 video musik saja setiap merilis album baru, nyatanya NewJeans memiliki video musik resmi untuk setiap lagu di album yang mereka rilis, lho.

 

Video musik yang mereka rilis dapat membantu audience untuk lebih mengenal setiap member serta menambah ad sense untuk pendapatan saluran YouTube perusahaan. Selain itu keunikan promosi ini juga membuat nama NewJeans lebih dikenal sebagai grup yang memiliki banyak musik video meskipun baru saja memulai karir.

6. Konsep Rilis yang Unik

undefined

Di industri musik Korea biasanya penyanyi akan merilis teaser secara berkala menjelang debut atau perilisan album mereka. Teaser digunakan untuk membuat audience penasaran dan lebih antusias pada album baru yang akan segera dirilis, bahkan beberapa penyanyi meluncurkan teaser sebulan sebelum perilisan album mereka, lho.

 

Berbeda dari penyanyi lainnya, NewJeans tidak mengeluarkan teaser menjelang perilisan album mereka. Alih-alih membuat audience merasa penasaran beberapa hari menjelang hari launching, NewJeans lebih suka untuk memberi kejutan dengan merilis karya baru mereka secara mendadak tanpa peringatan apapun. Misterius juga ya?

7. Aktif di Media Sosial

undefined

Memiliki member generasi Z yang dekat dengan teknologi digital membuat NewJeans aktif di media sosial seperti TikTok. Layaknya remaja pada umumnya, akun TikTok resmi milik NewJeans juga dipenuhi dengan keseruan member yang menari dan melakukan challenge yang sedang trend bersama.

 

Berkat aktif di media sosial juga lah lagu-lagu NewJeans kerap kali menjadi sound TikTok hingga viral di aplikasi berbasis video tersebut. Bahkan untuk lagu seperti Ditto dan OMG memiliki template tersendiri yang dibuat oleh penggemar untuk membuat konten bersama-sama, lho.

Setelah melihat NewJeans, kamu tentu jadi paham seberapa pentingnya strategi branding bukan? Sebuah strategi branding yang baik akan membuat brand yang kamu promosikan menjadi lebih unik dan terlihat menonjol dibandingkan dengan brand-brand pesaing lainnya.

 

Tidak masalah jika kamu ingin berinovasi dengan konsep lama yang sudah berlalu, dengan sedikit sentuhan khas milik brand yang kamu punya, kamu pun bisa menciptakan konsep promosi unik yang berbeda namun tetap familiar di hati banyak orang.

 

Baca Juga

Membangun Personal Branding Bagi Milenial di Media Sosial

Kumpulan Lagu TikTok Viral Korea Terbaru yang Sering FYP

Topik Terkait

loading