Lifestyle

21 08 2022

Cara Mudah Mencintai Pekerjaan yang Bukan Passion Kamu

Belajar untuk mencintai pekerjaanmu!

62 Views

Cara Mudah Mencintai Pekerjaan yang Bukan Passion Kamu

Mencintai pekerjaan? Rasanya terdengar sulit untuk diwujudkan ya. Tak dipungkiri berbagai tuntutan dan ekspektasi yang banyak orang letakkan ke dirimu tidaklah mudah untuk dijalani. Sehingga rasanya sulit untuk bisa mencintai pekerjaan yang dilakukan sekarang. 

 

Tapi jika dipikirkan kembali, semua pilihan ada di tangan kamu lho. Daripada menjalani pekerjaan dengan perasaan sedih dan kecewa, kamu bisa coba membuka hatimu lebih luas untuk melihat pasti ada hal baik dari pekerjaan yang kamu lakukan, sehingga bisa buat kamu jatuh cinta dengan pekerjaanmu sekarang. 

 

Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan, agar kamu bisa belajar untuk mencintai pekerjaanmu yang sekarang dan tidak perlu menunggu untuk bekerja sesuai dengan passion.

1. Temukan jalan untuk memotivasi diri sendiri

undefined

Motivasi terkadang memang naik-turun. Ada kalanya kamu begitu semangat dalam bekerja, tapi tak jarang mood kamu terasa berantakan dan akhirnya kamu merasa tidak semangat. Jika berada diposisi sulit seperti itu, cobalah untuk temukan jalan untuk memotivasi diri sendiri. 

 

Temukan cara untuk mengembalikan mood menjadi lebih baik akan membuat pikiran kamu merasa lebih tenang, sehingga kamu bisa menemukan alasan yang tepat kenapa kamu masih harus bekerja di sini. Misalnya kamu adalah seorang customer service dan kamu merasa memiliki skill yang baik dalam berkomunikasi. Jadi kamu bisa yakinkan dan memotivasi dirimu dengan skill yang kamu miliki agar kamu merasa diperhitungkan dan layak berada di sana. 

2. Nikmati kontribusi yang kamu berikan

undefined

Bisa jadi pekerjaan yang kamu lakukan sekarang bukahlah tujuan akhir yang ingin kamu capai, tapi cobalah untuk menikmati setiap konstibusi yang kamu lakukan hari ini. Entah itu dalam bentuk yang besar atau hal-hal kecil. 

 

Kamu perlu percaya melakukan segalanya dengan sepenuh hati akan berbanding lurus dengan kebahagian yang diraih. Jadi percaya diri saja bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik.

3. Temukan orang-orang yang luar biasa

undefined

Memiliki mentor yang hebat memang jadi salah satu faktor yang kuat agar kamu bisa mencintai pekerjaan yang dilakukan sekarang. Tapi sayangnya tidak semua orang memilikinya. Banyak dari mereka yang harus belajar sendiri untuk menemukan solusi. Namun kamu tidak perlu berkecil hati!

 

Kamu bisa temukan beberapa teman di kantor untuk dijadikan sebagai tempat berdiskusi. Meski tidak satu divisi, tapi setidaknya kamu memiliki teman untuk berbagi dan bercerita. Selama masih ada mereka, pekerjaan sulit dan rekan kerja yang terkadang semena-mena bisa kamu atasi dengan pikiran yang jernih. 

Baca Juga
Cara Kelola Stres dan Overthinking dengan Teknik Brain Dumping

4. Apresiasi segala hal kecil

undefined

Alih-alih fokus dengan hal yang tidak kamu sukai, cobalah untuk mundur sedikit dan nikmati segala hal kecil yang kamu lakukan. Misalnya hari ini kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, apresiasi dirimu dengan mengatakan "Kamu hebat hari ini". 

 

Tidak perlu menunggu sesuatu yang besar terjadi untuk mengapresiasi diri sendiri, karena setiap hal kecil yang telah tercapai pantas untuk diapresiasikan. 

5. Normal jika melakukan kesalahan

undefined

Penting untuk memahami bahwa tidak semua hal bisa kita lakukan dengan baik. Adakalanya kita juga akan berbuat kesalahan dan tidak perlu merasa rendah diri. Kamu bisa belajar banyak dari kesalahan yang telah kamu lakukan dan aplikasikan pelajaran tersebut di kesempatan berikutnya. 

 

Orang yang hebat itu bukanlah mereka yang tidak pernah melakukan kesalahan, tapi mereka yang mau belajar dan memandang setiap kesalahan sebagai kesempatan untuk menjadikan versi terbaik.

Belajar mencintai pekerjaan tidaklah sesulit yang dipikirkan. Kamu hanya perlu mencoba untuk menerapkan beberapa tips di atas secara bertahap. Kamu perlu ingat bahwa akan sangat disayangkan jika kamu menghabiskan hari dengan perasaan sedih dan kecewa karena pekerjaan yang kamu lakukan.

 

Jadi cobalah untuk menerimanya dan belajar untuk mencintai pekerjaanmu sekarang agar bisa lebih bahagia menjalani hidup. Tetap semangat!

 

Baca Juga
Zeigarnik Effect: Selalu Teringat dengan Pekerjaan yang Belum Selesai
Masih Kesulitan Atur Waktu Kerja, Yuk Terapkan Cara Ini

Topik Terkait

loading