Lifestyle

14 04 2021

5 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Meski Terlihat Sepele

Puasa lancar, pahala melimpah!

384 Views

5 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Meski Terlihat Sepele

Bulan ramadhan menjadi bulan yang spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Di bulan ini umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Saat berpuasa biasanya kamu tetep melaksanakan aktivitas seperti biasanya, namun perlu kamu perhatikan ada beberapa aktivitas yang dianggap sepele tapi bisa membatalkan puasa.

 

Hal-hal sepele ini tidak hanya membuat ibadah puasa kamu berkurang, tapi juga bisa membatalkan ibadah puasa yang sedang kamu jalankan. Agar kamu lebih berhati-hati, berikut beberapa hal sepele yang ternyata bisa membatalkan ibadah puasa yang dikutip dari NU Online. 

 

1. Berkata dusta serta menghasut

undefined

Puasa tidak hanya sebatas menahan haus dan lapar, tapi juga mampu menahan hawa nafsu untuk tidak melakukan hal yang tercela. Berkata dusta serta menghasut menjadi dua sifat tercela yang wajib hukumannya untuk dihindari, terlebih lagi saat kamu menjalankan ibadah puasa.

 

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Orang yang tidak menjauhi perkataan dusta dan mengamalkan dustanya, maka tidak ada hajat bagi Allah untuk menilai puasanya dimana ia bersusah payah seharian menjauhi makan dan minum".

 

Artinya tidak ada pahala yang didapat bagi orang berpuasa, namun tetap berkata dusta atau berbohong serta menghasut orang lain agar terjadi pertengkaran. Jadi yang mereka dapat hanya lapar dan haus tanpa adanya pahala.

 

2. Tidur seharian

undefined

Di saat kondisi tubuh lemah karena kurangnya cairan di dalam tubuh, tidur saat berpuasa memang jadi kegiatan yang menyenangkan. Tapi tidur seharian selama berpuasa sangat tidak dianjurkan ya.

 

Saat tidur seharian ada banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia. Padahal di bulan penuh dengan rahmat dan ampunan ini, kamu bisa fokus untuk memperbanyak amalan lainnya, seperti membaca Al-quran, ikut kajian agama, atau sholat sunnah lainnya. 

 

Baca Juga
Kaya Vitamin C, 5 Makanan Ini Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

3. Terlalu asyik melakukan sesuatu

undefined

Biasanya saat berpuasa beberapa orang lebih memilih untuk menyibukkan diri dengan berbagai banyak hal. Ada yang memilih bekerja sambil menunggu waktu berbuka, ada yang marathon nonton drama Korea atau series, bermain game online, hingga membaca buku atau novel.

 

Sebenarnya hal tersebut boleh kamu lakukan, asal tidak terlalu asik dan lupa untuk memperbanyak amalan lain selama bulan puasa. Jika kamu sampai melewatkan kegiatan lainnya karena terlalu asyik dengan hal yang kamu kerjakan sekarang, maka tidak ada pahala yang akan kamu dapatkan selama berpuasa seharian.

4. Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh

undefined

Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh secara sengaja dapat membatalkan puasa. Misalnya kamu dengan sengaja memasukkan tangan ke dalam mulut dan membuat kamu merasa mual dan ingin muntah, maka hal tersebut dapat membatalkan puasa. 

 

Namun bagi kamu yang memiliki keperluan untuk melakukan rapid test antigen atau swab test, menurut Majelis Ulama Indonesia hukumnya boleh dan tidak membatalkan puasa guna kepentingan mendesak.

5. Merasa mabuk atau pingsan

undefined

Tak jarang saat berpuasa indra penciuman akan terasa lebih sensitif. Beberapa orang bahkan bisa merasa mabuk dan pusing saat mencium aroma sesuatu. Saat kondisi seperti ini terjadi di diri kamu dan kamu merasa mabuk atau mual yang tidak berkesudahan, puasa kamu bisa dianggap batal.

 

Selain merasa mabuk, kamu yang pingsan dengan jangka waktu yang lumayan lama juga masuk dalam kategori hal yang dapat membatalkan ibadah puasa ya.

 

Kelima hal di atas meski terlihat sepele nyatanya dapat membatalkan ibadah puasa yang kamu jalankan atau bisa juga puasa kamu tidak memperoleh pahala. Sehingga ada baiknya kamu untuk menghindari kelima hal di atas, agar puasa dan pahala kamu tetap terjaga.

 

Kamu juga perlu ingat, bertemu bulan suci ramadhan dan dapat menjalankan ibadah puasa termasuk anugerah yang bisa kamu miliki, karena tidak semua orang bisa merasakannya. Sehingga ada baiknya kamu dapat memaksimalkan anugerah ini dengan perbanyak amal dan ibadah. Selamat menunaikan ibadah puasa!

 

Baca Juga 
5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Berpuasa
Tips Tetap Fit dan Bugar Saat Berpuasa di Tengah Pandemi

Topik Terkait

loading