Lifestyle

23 05 2019

Tips Mudah Menabung Meski Gaji Masih UMR

Menabung tidak sesulit itu kok!

736 Views

Tips Mudah Menabung Meski Gaji Masih UMR
Memiliki pekerjaan baru setelah kuliah memang terdengar sangat menyenangkan ya, karena untuk mendapatkannya kamu harus bersaing dengan banyak orang di luar sana. Sebagai pekerja baru yang belum memiliki pengalaman, gaji yang kamu dapatkan juga sesuai dengan kemampuan kamu miliki sebagai seorang fresh graduate.
 
Biasanya gaji yang ditawarkan perusahaan kepada fresh graduate berada di angka UMR dan itu di luar dari uang makan, transportasi dan juga lembur. Dengan gaji yang tidak begitu besar tersebut kamu harus memenuhi semua kebutuhan diri sendiri, ditambah lagi hasrat kamu untuk merasakan belanja dengan gaji sendiri rasanya tidak bisa terbendung lagi. 
 
Sering merasa kewalahan mengatur gaji bulan memang jadi problematika umum di kalangan anak muda yang baru merasakan kerja. Bahkan banyak dari kamu yang merasa bingung kemana larinya uang gajian yang seharusnya bisa bertahan hingga akhir bulan. Masalah-masalah seperti ini membuat kamu semakin jauh untuk memiliki tabungan, padahal akan sangat disayangkan jika kamu capek kerja dari pagi hingga malam namun hasilnya tidaklah terlihat.
 
Banyaknya tips yang ada tidak semuanya berhasil kamu lakukan, untuk itu agar menabung menjadi kegiatan yang mudah untuk dilakukan, khususnya bagi kamu yang masih memiliki gaji UMR, beberapa cara sederhana berikut ini akan sangat membantu kamu memiliki tabungan.

1. Berikan kejelasan mana reward dan mana keinginan

image-content-1
Saat gajian datang keinginan untuk membeli barang baru untuk diri sendiri kadang sering disalah artikan sebagai sebuah reward. Memberikan reward bagi diri sendiri sebagai bentuk apresiasi tentu sangat baik untuk dilakukan, tapi agar kamu tidak menghabiskan banyak uang karena dalil sebuah reward dibutuhkan kejelasan yang tepat mana keinginan atau memang reward.
 
Membeli barang baru yang memang sangat kamu sukai dengan harga yang masuk akal dan tentunya pasti digunakan bisa artikan sebuah reward, karena kamu tidak mungkin membelinya di setiap bulan. Namun jika kamu membelinya karena alih-alih menyukainya saja dan tidak memiliki fungsi yang jelas untuk digunakan itu bisa diartikan sebagai sebuah keinginan. Mengetahui kejelasan akan status barang menjadi reward atau hanya keinginan semata akan memudahkan kamu untuk bisa menabung.

2. Membayar semua tagihan di awal waktu

image-content-4
Sebagai seorang pekerja yang ingin segala hal berjalan dengan mudah dan praktis, kamu pasti memiliki beberapa tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Kebutuhan akan internet, pulsa, cicilan motor dan lain sebagainya sebisa mungkin harus dibayarkan di awal waktu. Menunda pembayaran hanya akan membuat kamu semakin kesulitan untuk mengatur keuangan dan membuat pengeluaran jadi tidak karuan, alhasil memiliki tabungan hanya akan ada diangan-angan saja.
 
Membayar semua tagihan yang kamu miliki di awal waktu akan menentukan keinginan kamu untuk belanja, karena kamu tahu sisa uang yang kamu miliki tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan di hari berikutnya, sehingga kamu lebih berhati-hati dalam menggunakan uang. 

3. Belajar untuk membandingkan harga sebelum membeli

image-content-7
Membeli kebutuhan bulanan menjadi hal wajib yang harus kamu lakukan, untuk itu agar gaji kamu cukup memenuhi semua kebutuhan mulailah belajar untuk membandingkan harga sebelum membelinya. Jika saat masih ditanggung oleh orang tua kamu dengan mudah membeli barang begitu saja, sekarang cobalah untuk melihat label harganya terlebih dahulu.
 
Memiliki sikap selektif dalam belanja, khususnya belanja bulanan akan sangat membantu kamu untuk memiliki uang lebih agar bisa menabung. Kamu bisa mulai untuk membandingkan di supermarket satu dengan lainnya, atau kamu juga bisa melihat dari beberapa e-commerce yang kamu percayai. Selain itu banyaknya promo dan diskon bisa kamu manfaatkan agar pengeluaran bulanan semakin irit.

4. Cobalah membuat tabungan berjangka

image-content-10
Sering tiba-tiba uang di tabungan habis dan bingung kemana saja uang tersebut dikeluarkan? Tenang, bukan hanya kamu yang memiliki masalah seperti ini, di luar sana masih banyak orang yang mengalami hal yang serupa. Cara untuk mengatasinya kamu bisa mencoba membuka tabungan berjangka dan ini menjadi solusi yang paling tepat untuk dilakukan.
 
Tabungan berjangaka menjadi tabungan dengan sistem auto-debet, jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk mentransfer uang ke bank lain untuk ditabung karena itu dilakukan secara otomatis. Jika kamu takut nominal auto-debet yang diperbolehkan harus dengan jumlah yang besar, kamu tidak perlu khawatir. Sekarang banyak bank konvensional atau syariah yang bisa kamu pilih dan semua itu bisa disesuaikan dengan gaji yang kamu miliki.

5. Mulai memikirkan untuk deposito

image-content-13
Jika dahulu hanya orang yang memiliki banyak uang yang bisa melakukan deposito di bank sekarang tren tersebut sudah mulai berubah. Banyak bank yang menyediakan program deposito dengan minimal setoran mulai dari 1 juta rupaih, lho. Bank BRI Syariah misalnya, kamu bisa melakukan deposito di sana dengan setoran awal 1 juta dengan tenor maksimal 12 bulan. Bank Mandiri juga memiliki program deposito dengan setoran mulai dari Rp 1 Juta rupiah jika pembukaannya melalui e-Banking, seperti Mandiri Online atau Mandiri Call. 
 
Memiliki tabungan dengan mudah meski gaji kamu masih UMR bukanlah perkara mustahil untuk dilakukan. Komitmen yang kuat kepada diri sendiri agar tidak konsumtif menjadi faktor lain agar kamu bisa sukses untuk menabung. Setiap orang pasti memiliki keperluan yang berbeda-beda, namun bijak menggunakan uang agar bisa menabung menjadi langkah yang bisa kamu pilih dan semua keputusan berada di tangan kamu, apakah mau atau tidak? Semangat!
 
                       Gaya Hidup Minimalis yang Buat Gaji Kamu Hemat

Topik Terkait

loading