Tech & Social Media

07 11 2023

Tips Menjangkau Non Followers dengan Reels

Ada 9 cara yang perlu kamu catat!

414 Views

Tips Menjangkau Non Followers dengan Reels

Jumlah pengguna Instagram terus meningkat, dan tak dapat dipungkiri bahwa platform media sosial ini telah menjadi salah satu platform yang paling efektif untuk menjangkau target audiens. Saat ini konten video singkat lebih menarik perhatian dibandingkan video dengan durasi yang panjang, sebab itu Instagram meluncurkan fitur konten reels.

 

Instagram reels memberikan kamu kesempatan untuk menjangkau banyak audiens dengan fitur kreatif dan algoritma unik yang dimilikinya.  Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjangkau non-followers dengan Instagram reels berdasarkan Michelle Gifford, seorang social media strategies yang aktif di Instagram. Beberapa bulan lalu, lewat akun @iammichellegifford dirinya membagikan 9 cara untuk menjangkau non-followers di Instagram.

1. Hashtags & keywords

undefined

Tips yang pertama adalah menggunakan hashtag dan keyword di caption untuk memudahkan pengguna lain yang ingin mencari atau melihat topik terkait dengan konten Instagram reels yang kamu buat. Namun pastikan juga hashtag dan keyword yang kamu gunakan masih relevan dan tidak berlebihan, buat caption dengan keyword senatural mungkin.

 

Kamu juga bisa bantu meningkatkan SEO dengan search nama atau username kamu secara manual di search bar bersamaan dengan keyword terkait. Metode tersebut bisa membuat akun atau konten reels kamu muncul lebih dulu jika seseorang mencari keyword terkait.

2. Kolaborasi

undefined

Kamu tidak harus menganggap semua akun yang sejenis dengan kamu sebagai saingan, alih-alih berpikir untuk bersaing bagaimana jika kamu menjadikan mereka partner untuk tujuan yang sama? Untuk menjangkau non-followers, kamu bisa berkolaborasi dengan akun lain yang memiliki kriteria followers yang mirip dengan kamu.

 

Buatlah konten yang dapat relate dengan masing-masing followers dari kalian, setelah itu kamu bisa memposting dan mempromosikan kolaborasi tersebut kepada followers masing-masing. Jika kriteria followers kalian mirip, maka bukan suatu yang sulit membuat followers dari akun yang kamu ajak berkolaborasi untuk ikut melihat reels kamu.

3. Trending Audio

undefined

Tips berikutnya adalah menggunakan Audio yang sedang trending. Ketika ingin membuat reels, tentu kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu bukan? Catatlah beberapa video yang viral dan audio apa yang mereka gunakan. Setelah itu kamu bisa memilih audio mana yang cocok untuk kamu pakai di dalam konten kamu.

 

Memakai audio dari konten-konten yang trending bisa membantu reels kamu lebih cepat muncul di Explore Page. Jika ingin menjangakau banyak audiens non-followers, tentu saja kamu perlu membuat konten yang kamu buat muncul di halaman Explore Page bukan?

4. Geotags

undefined
Ketika membuat konten di tempat tertentu ada baiknya jika kamu tag tempat tersebut. Sekarang ini banyak pengguna Instagram yang mencari suatu tempat langsung di media sosial alih-alih di search engine. Jadi dengan tag tempat tersebut, konten kamu akan muncul jika ada pengguna lain yang mencari informasi tentang tempat tersebut.
 
 
Selain itu dengan memberikan tag lokasi yang spesifik di setiap konten, kamu juga bisa membantu orang yang tinggal di kawasan tersebut untuk mengetahui lokasi yang kamu kunjungi, jika beruntung mungkin orang tersebut akan mention kamu saat dirinya mengunjungi tempat atau lokasi yang kamu rekomendasikan.

5. Giveaway

undefined
Membuat konten Giveaway tentu saja merupakan cara yang pasti bisa membuat akun dan konten kamu dilihat oleh banyak non-followers. Buatlah Giveaway dengan hadiah menarik dan syarat yang tidak begitu sulit. Giveaway yang mudah akan membuat banyak orang tertarik untuk mengikutinya, lho.
 
 
Kamu juga bisa membuat persyaratan seperti "tag/mention teman di kolom komentar" atau "share reels ini di story" untuk mencakup lebih banyak lagi audiens non-followers. Meskipun harus mengeluarkan budget untuk hadiah Giveaway, namun dibandingkan dengan hasil kontennya, kamu tetap merasa worth it bukan?
 
 
Baca Juga

6. Paid Ads

undefined
Pernah belihat tulisan "Sponsored" di suatu postingan saat kamu sedang scolling Instagram? Yup! Konten tersebut merupakan konten yang diiklankan. Kamu juga bisa mengiklankan konten reels kamu jika kamu mau, lho. Paid Ads bisa membantu kamu menjangkau non-followers yang sesuai dengan target audiens yang kamu inginkan.
 
 
Biaya yang dikeluarkan juga bervariatif karena kamu bisa menyesuaikan budget kamu dengan waktu penayangan iklan dan jumlah audiens yang kamu mau. Cocok untuk kamu yang sedang melakukan suatu campaign ya? Jika menurut kamu memang dibutuhkan, tidak salahnya untuk mencoba Paid Ads di Instagram.

7. Influencer Marketing

undefined
Saat ini pengaruh influencer di media sosial sangatlag besar, namun kamu bisa memanfaatkan kepopuleran para audiens ini, lho. Kamu bisa bekerjasama dengan influencer dengan followers yang mirip seperti target audiens kamu. Metode ini sangat cocok digunakan jika kamu sedang menargetkan konten kamu untuk dilihat banyak non-followers.
 
 
Ada banyak jenis influencer yang bisa kamu pilih, tetapi pastikan untuk memilih influencer yang sesuai dengan kebutuhan campaign dan budget yang kamu miliki ya. Sedikit tips, ketika memilih influencer pastikan untuk melihat profile dan history nya terlebih dahulu karena influencer yang muncul di reels kamu sangat berpengaruh dengan image akun kamu, pastikan untuk tidak memilih influencer yang bermasalah ya!
 

8. Remixing a Trend

undefined
Setiap hari ada banyak trending topic berbeda yang muncul di internet. Untuk memanfaatkan hal ini, kamu bisa menggunakannya sebagai bahan konten kamu. Lakukanlah riset tentang topik yang banyak dibahas akhir-akhir ini di Instagram, lalu buat lah konten dengan memasukin opini kamu tentang topik tersebut dari sudut pandang yang berbeda.
 
 
Pastikan juga topik yang kamu angkat masih memiliki keterkaitan dengan konten yang biasa akun kamu buat, dengan pembahasan topik yang trending dan sudut pandang menarik, kamu bisa mendapat banyak audiens baru! Tetapi ingat untuk tidak membahas topik sensitif yang bisa mencemarkan nama baik akun kamu, buatlah konten yang positif.

9. Engaging Other Content

undefined
Beinteraksilah dengan Instagram reels lainnya yang memiliki konten sejenis dengan milik kamu, seperti meninggalkan komentar, atau postingan nya. Cara ini bisa membuat akun kamu "terlihat" oleh pengguna lain yang menjadi followers akun tersebut. Jika username kamu cukup menarik dan meyakinakan, besar kemungkinan para audiens konten tersebut juga ikut mengunjungi akun Instagram kamu.
 
 
Pemilihan kata saat berkomentar juga perlu kamu perhatikan. Pastikan untuk tidak berkomentar terlalu panjang atau terlalu pendek untuk meningkatkan visibility karena biasanya pengguna Instagram cenderung tidak mau membaca sesuatu yang terlalu panjang. Berkomentar lah tentang sesuatu yang menarik dengan bahasa yang membuat orang lain ingin berinteraksi dengan kamu. Hindari juga promosi terang-terangan seperti "Lihat video sejenis di profile" ya, berkomentarlah sealami mungkin.
Itu dia beberapa tips dari Michelle Gifford untuk membuat konten Instagram reels kamu dijangkau oleh para non-followers. Jika diterapkan dengan baik, tips-tips di atas juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan jumlah followers sesuai dengan target audiens kamu, lho! Tetap semangat dalam membuat konten ya!
 
 
Jika kamu memiliki akun bisnis dan terlalu sibuk untuk membuat konten sendiri, kamu bisa serahkan akun media sosial kamu pada HIGO. Sebagai Digital Agency yang berpengalaman dalam mengelola media sosial, kamu bisa mempercayai akun media sosial bisnis kamu pada HIGO untuk mewujudkan tujuan brand kamu!
 
 
Baca Juga

Topik Terkait

loading