Tech & Social Media

Pahami Setiap Postingan Instagram Sesuai dengan Tujuannya

Ketahui perbedaannya!

296 views
Pahami Setiap Postingan Instagram Sesuai dengan Tujuannya

Menjadi salah satu media dengan pengguna terbanyak membuat Instagram memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya. Banyaknya pengguna aktif di media sosial ini membuat setidaknya ada jutaan postingan yang diunggah setiap hari, platform ini juga telah menjadi tempat bagi banyak individu, pelaku bisnis, para selebriti ntuk berbagi keseharian dan pengalaman mereka.

 

Namun, apakah kamu mengetahui tujuan dari setiap postingan yang kamu unggah di Instagram? Dalam era teknologi seperti sekarang ini, penting untuk belajar memahami dan mengartikan setiap postingan Instagram sesuai dengan tujuannya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini ayo mengetahui lebih dalam setiap postingan Instagram sesuai dengan tujuannya.

 

Salah satu Brand & Marketing Strategist, Michelle Gifford melalui akun pribadinya (@iammichellegifford) membagikan berbedaan pada setiap jenis konten Instagram dan masing-masing tujuannya. Pada artikel kali HIGO akan membantu kamu untuk lebih memahami perbedaan tujuan setiap post di Instagram.

Reels

Pahami Setiap Postingan Instagram Sesuai dengan Tujuannya

Jenis konten Reels diperuntukan untuk kamu yang ingin memikat followers baru, biasanya diisi dengan konten entertain yang menarik atau sesuatu yang sedang viral. Konten ini memiliki format berupa video pendek berdurasi 15 - 60 detik yang dapat berisikan musik, teks, special effect, hingga filter khusus. 

 

Tips untuk kamu yang ingin membuat konten Reels, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu tentang topik yang sedang populer. Dari mulai lagu atau sound yang digunakan, filter yang sedang ramai dibicarakan, hingga challange yang sedang banyak diikuti oleh netizen, semua harus kamu ketahui terlebih dahulu. Membuat Reels dengan sesuatu yang sedang trending akan memudahkan kamu meningkatkan visibilitas akun sehingga akan mendapat followers baru lebih banyak.

Stories

Pahami Setiap Postingan Instagram Sesuai dengan Tujuannya

Story Instagram memiliki potensi besar untuk meningkatkan penjualan dan membantu kegiatan marketing bagi kamu yang memiliki akun bisnis. Caranya dengan upload foto atau video yang memperlihatkan kelebihan produk, harga promo, special deals, atau mengumumkan diskon terbatas karena dibandingkan jenis konten lainnya, followers cenderung lebih sering melihat Story, jadi pastikan Story yang dibuat menawarkan promosi terbaik.

 

Fitur QnA yang ada di Story juga bisa membantu kamu untuk mengenalkan produk lebih jauh lagi pada audiens. Fitur tersebut memungkinkan audiens untuk menanyakan pertanyaan seputar produk, sehingga kamu bisa menjelaskan keunggulan dan spesifikasi produk kamu lebih detail lagi pada audiens lainnya.

Carousels

Pahami Setiap Postingan Instagram Sesuai dengan Tujuannya

Konten Carousels adalah postingan berbasis slide yang memungkinkan kamu untuk upload sejumlah foto atau video dalam satu postingan sekaligus, jenis konten ini termasuk konten yang akan muncul di feeds akun kamu secara permanen. Biasanya jenis konten Carousels digunakan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap supaya dapat mengedukasi audiensnya.

 

Ada banyak konten yang bisa kamu buat untuk jenis Carousels, salah satunya adalah konten tutorial yang memperlihatkan secara detail step by step dari melakukan sesuatu. Dengan konten tersebut audiens kamu akan lebih memahami bagaimana cara menggunakan produk yang kamu jual.

Lives

Pahami Setiap Postingan Instagram Sesuai dengan Tujuannya

Saat ini konten Live di media sosial banyak digunakan untuk menarik audiens supaya mereka mau melakukan pembelian, melalui siaran Live juga kamu sebagai pelaku bisnis bisa berbincang secara real-time dengan audiens dan meningkatkan keinginan mereka untuk memiliki produk kamu.

 

Kamu dapat melakukan demonstrasi produk secara langsung, memperlihatkan bagaimana produk bekerja, atau memberikan contoh penggunaan produk kamu saat Live berlangsung. Live Instagram juga dapat digunakan untuk launching produk baru, pengumuman penting, atau event khusus yang sedang brand kamu adakan.

Posts

Pahami Setiap Postingan Instagram Sesuai dengan Tujuannya

Jenis konten Post memiliki variasi yang lebih beragam karena kamu bisa menyesuaikan vibes akun dengan konten yang kamu inginkan. Biasanya konten berupa quotes, atau konten-konten lainnya yang shareable atau saveable, sehingga konten jenis Post banyak yang memuat konten informatif untuk menarik perhatian audiensnya.

 

Sedikit tips untuk kamu yang ingin membuat konten jenis ini, sebaiknya buat konten dengan visual sebaik mungkin dan satu tipe dengan konten Post sebelum dan setelahnya. Alasannya adalah karena konten jenis ini pasti akan muncul di feeds kamu, dan jika feeds yang kamu tampilkan terlihat rapih dan tertata dengan baik, maka audiens juga akan tertarik untuk melihat akun kamu.

Sekarang kamu sudah mengetahui tujuan dari setiap konten yang ada di Instagram, semoga ketika membuat konten kedepannya nanti kamu bisa lebih menyesuaikan konten yang cocok dengan tujuan yang ingin kamu capai ya! Konten yang sesuai akan memudahkan kamu untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Ingin konten yang menarik untuk akun Instagram brand? Kamu bisa bekerjasama dengan HIGO! Memiliki pengalaman di bidang WiFi advertising dan social media managing membuat HIGO jadi pilihan yang dapat kamu percaya untuk mengelola Instagram kamu menjadi lebih baik!

 

Baca Juga

Cara UMKM Dapetin 10.000 Follower dalam Waktu 30 Hari

Masih Perlukah Teknik Fear Mongering pada Iklan

Topik Terkait

Artikel Populer

Artikel Terkait

Artikel Terbaru