Tech & Social Media

23 10 2023

Cara UMKM Dapetin 10.000 Follower dalam Waktu 30 Hari

Berguna banget buat UMKM

247 Views

Cara UMKM Dapetin 10.000 Follower dalam Waktu 30 Hari

Media sosial khususnya Instagram memiliki pengaruh yang besar dalam melakukan brand awareness sebuah bisnis atau usaha. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena menurut laporan yang diterbitkan oleh We Are Social, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 106 juta orang per April 2023. Sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara yang berada di posisi keempat sebagai pengguna Instagram di dunia. 

 

Sebagai pemilik bisnis khusunya UMKM, mampu memaksimalkan Instagram untuk melakukan pemasaran tentu akan sangat membantu dalam mengembangkan usaha. Namun tidak semua bisnis atau UMKM bisa memaksimalkan Instagram dengan cara mendapatkan banyak followers.

 

Memiliki banyak follower Instagram bagi akun bisnis tentu dapat meningkatkan kepercayaan di mata audiens. Tak heran banyak bisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan 10.000 follower pertama di akun Instagram mereka. Bagi akun bisnis yang belum bisa meningkatkan followers mereka, ada beberapa tips yang dibagikan oleh salah satu Brand & Marketing Strategist, Michelle Gifford. 

 

1. Mulai dengan post 34 konten

undefined

Lewat Instagram-nya, Michelle Gifford menjelaskan bahwa jika kamu tidak melihat hasil yang kamu inginkan, itu tandanya kamu perlu untuk mengubah strategi. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu cobalah post 34 konten dengan pembagian 16 post dan 18 reels.



Tentu tidak semua konten yang kamu post akan berhasil viral, namun hal itu sangatlah wajar. Selama satu bulan kamu dapat mengetahui konten mana yang berhasil menarik perhatian audien dan bisa dilanjutkan di bulan berikutnya. 

 

Jika kamu sudah aktif di feed, pastikan Instagram Story kamu juga tidak sepi. Cobalah rutin untuk membuat konten Instagram Story setiap hari. Tidak harus membahas tentang produk yang kamu tawarkan, tapi cobalah jadi teman para followers kamu.

2. Cek insight di setiap post

undefined

Pastikan kamu tidak melewatkan satu pun insight dari setiap konten yang telah di post. Memahami dengan jelas insight dari setiap konten yang di post menjadi kunci agar kamu bisa membuat strategi yang tepat lewat konten-konten yang diinginkan oleh audiens.

 

Setiap insight yang didapatkan memberikan gambaran tentang goal yang ingin kamu raih. Jika kamu ingin mendapatkan follower yang lebih besar, kamu bisa melihat konten reels yang mendapatkan reach paling tinggi dan buatlah konten reels dengan formula yang sama.  

3. Perhatikan setiap tren yang muncul

undefined

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah trending yang ada di media sosial. Michelle Gifford sendiri mengatakan bahwa kebanyakan reels yang dirinya buat menggunakan audio atau sound yang sedang trending sehingga videonya memiliki jangkauan reach yang lebih luas.

 

Membuat konten dengan sesuatu yang trending bisa meningkatkan visibilitas konten kamu sehingga bisa berpotensi viral dan dilihat banyak audiens. Kemas lah konten kamu dengan konsep yang relate dengan banyak orang sehingga audiens yang melihat akan merasakan keterikatan emosional dengan brand yang kamu punya.

Sebagai pelaku usaha bisnis, tentu penting bagi UMKM untuk mengikuti perkembangan zaman ketika mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan. Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menambah follower.  Media sosial khususnya Instagram merupakan salah satu platform yang tepat untuk memperkenalkan UMKM kepada audiens. 

 

Sebelum menerapkan tips di atas, kamu juga perlu melakukan riset terhadap banyak hal seperti target audiens yang dituju, jenis konten yang audiens suka, hingga gaya bahasa seperti apa yang relate dengan target audiens kamu. Tapi tidak perlu khawatir, jika butuh social media handling kamu bisa mengandalkan HIGO yang sudah berpengalaman dalam social media management! Silahkan hubungi kontak yang tertera di www.higo.id ya!

 

Baca Juga

Inovasi dan Teknologi Jadi Aspek Penting Bisnis F&B di 2023

Cerita The Cocktail Club Masuk Nominasi Asia's 50 Best Bars 2023

Topik Terkait

loading