Business Tips

10 10 2023

Cerita The Cocktail Club Masuk Nominasi Asia's 50 Best Bars 2023

Bisa jadi inspirasi menarik!

221 Views

Cerita The Cocktail Club Masuk Nominasi Asia's 50 Best Bars 2023

Bagi pecinta cocktail, tentu nama The Cocktail Club tidaklah asing di telinga warga Jakarta. Bar yang buka sejak 2021 ini terkenal dengan berbagai varian cocktail yang kreatif serta tempat yang nyaman, agar para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati racikan minuman dari bartender.

 

Nyatanya kepopuleran The Cocktail Club tidak hanya berhenti di Jakarta, namun membawanya hingga mancanegara. Hal ini terbukti dengan masuknya The Cocktail Club ke dalam nominasi Asia's 50 Best Bar 2023. Berada di posisi ke 19, The Cocktail Club berhasil bersaing dengan banyaknya bar terkenal yang banyak didominasi oleh Hong Kong, Singapur, dan Jepang. 

 

Kesuksesan The Cocktail Club tidak lepas dari peran tangan dingin para kreator di belakangnya. Lewat interview di channel Youtube Rayjanson Radio, Head or Research & Development Bar Specialist Union Grup, Mirwansyah memberikan ceritanya dalam mengembangkan The Cocktail Club hingga sekarang ini. 

 

“Anggap semua tamu yang dateng ke bar lu adalah temen lu sendiri. Pada saat lu ngerasa tamu tersebut adalah temen lu yang dateng ke restoran lu, lu pasti kaya kasih servis 100% gitu” Ungkap Mirwansyah yang lebih sering dipanggil Bule. 

 

Tentu bukan hanya faktor servis yang menjadi perhatian Bule, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan hingga membuat The Cocktail Club seperti sekarang. Beberapa hal penting ini bisa menjadi insight yang menarik untuk dilakukan oleh para bisnis F&B di Indonesia.

1. Membuat ekosistem yang baik

undefined

Menciptakan ekosistem yang baik menjadi pondasi penting dalam menjalankan bisnis. Lewat sesi interview-nya, Bule mengatakan bahwa memperlakukan setiap orang yang terlibat dalam membangun The Cocktail Bar dengan sangat baik, menjadi hal penting untuk menciptakan ekosistem yang baik. Mulai dari para staff, bartender, hingga para tamu yang datang. 

 

Lewat sesi interview, Bule juga mengatakan bahwa dia selalu terbuka dengan berbagai ide kreatif khusunya dalam pengembangan pembuatan cocktail. Komunikasi yang terjalin baik tentu akan memberikan pengaruh positif, sehingga membentuk ekosistem yang menyenangkan. 

 

Baca Juga
Strategi dari Mailchimp Buat Program Customer Retention dan Customer Loyalty

2. Anggap semua tamu sebagai teman

undefined

Anggapan bahwa tamu adalah seorang raja rasanya kurang berlaku sekarang ini. Hal ini karena behaviour milenial atau gen z pergi hangout bukan hanya fokus dengan pelayanannya, tapi mencari tempat nongkrong yang nyaman untuk kumpul bareng teman-teman.

 

Jadi bagi para pemilik bisnis, daripada memperlakukan konsumen kalian layaknya raja, cobalah untuk akrab dengan mereka dan anggaplah semua konsumen yang datang selayaknya teman. Jika kamu memiliki mindset ini, kamu akan melayani setiap konsumen yang datang dengan hati yang senang tanpa ada perasaan beban dan bonusnya kamu bisa akrab dengan mereka. 

3. Buat culture yang menarik

undefined

Memberikan pelayanan terbaik tentu perlu dilakukan, tapi faktor itu saja jelas tidaklah cukup. Perlu konsep kreatif untuk menarik perhatian banyak orang agar tertarik untuk datang dan membeli. Paham akan pentingnya hal tersebut, di The Cocktail Club mereka membuat culture yang menarik dengan pembuatan cocktail bespoke.  

 

Proses pembuata

 

Proses pembuatan cocktail bespoke perlu berbicara dengan seorang bartender untuk menentukan jenis cocktail yang kamu sukai, seperti jenis alkohol, rasa yang diinginkan, tingkat manis atau asam, hingga elemen lain yang dapat mempengaruhi rasa cocktail. Sehingga dengan berbagai informasi ini, bartender dapat menciptakan minuman yang unik dan sesuai dengan selera pengunjung.

Kerja keras yang dilakukan tim The Cocktail Club memang layak diapresiasi dengan bonus masuk ke dalam nominasi Asia's 50 Best Bar 2023. Hal ini menjadi bukti bahwa bar Indonesia bisa bersaing dengan bar-bar populer lainnya di Asia dan menjadi semangat bagi semua bar lokal. 

 

Bagi kamu pemilik cafe, resto, atau lokasi publik lainnya dan ingin mengenal semua pengunjung yang datang layaknya teman dekat, gabung menjadi bagian HIGOspot. Hubungi info@higo.id atau kunjungi website www.higo.id

 

Baca Juga
Kisah Wrigley Banting Setir Jadi Perusahaan Permen Karet
Cara Membuat Customer Relationship Management

Topik Terkait

loading