Business Tips

22 09 2023

Strategi dari Mailchimp Buat Program Customer Retention dan Customer Loyalty

Pentingnya mempertahankan pelanggan lama!

256 Views

Strategi dari Mailchimp Buat Program Customer Retention dan Customer Loyalty

Di tengah persaingan antar bisnis yang semakin luas, menarik perhatian pelanggan baru merupakan langkah yang dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan. Namun, sadarkah kamu bahwa terkadang para pebisnis melupakan sesuatu yang sudah pasti? Yap! Pelanggan-pelanggan sebelumnya. Dibandingkan dengan berfokus pada pelanggan yang sudah ada, memang biasanya strategi promosi dari tim marketing lebih terfokus ke cara menggaet pelanggan baru ya?

 

Sebuah brand yang bisa menjaga dan membangun hubungan erat dengan pelanggannya, bisa dibilang memegang kunci untuk perkembangan brand dan produk di masa depan, lho. Kali ini HIGO akan membahas tentang salah satu strategi dan konsep utama dari pemasaran modern, yakni program customer retention dan customer loyalty.

Customer Retention dan Customer Loyalty

undefined

Menurut Frederick F. Reichheld dalam bukunya yang berjudul The Loyalty Effect: The Hidden Force Behind Growth, Profits, and Lasting Value, Customer Retention adalah kemampuan perusahaan untuk menjaga dan mempertahankan pelanggan yang ada, serta meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dalam jangka panjang.

 

Jadi bisa disimpulkan bahwa strategi bisnis ini berfokus pada upaya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Cara nya dapat kamu coba antara lain berupa mengadakan loyalty program, diskon eksklusif member, customer service yang baik, dan komunikasi yang aktif di platform media sosial.

 

Jika kamu melakukan program customer retention dengan baik, maka bukan suatu kemustahilan customer loyalty kamu dapatkan. Berdasarkan tulisan Fred Wiersema, customer loyalty adalah hasil dari pengalaman positif yang berkelanjutan, yang menghasilkan pelanggan yang setia dan terus bertransaksi dengan perusahaan dalam jangka panjang. Oleh karena itu sebagai pebisnis yang memiliki brand, usahakan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada ya!

Strategi Mailchimp

undefined

Mailchimp adalah sebuah perusahaan email marketing yang terkenal akan strategi marketing mereka yang akurat. Bagian penting dalam membangun customer loyalty adalah mengetahui siapa yang hendak menjadi bagian loyalitas tersebut. Oleh karena itu sebagai pebisnis kamu harus memberikan citra dan pengalaman yang baik kepada pelanggan terutama bagi mereka yang berpotensi tinggi.

 

Menurut CMO Mailchimp, Tom Klein mengatakan bahwa untuk membuat pelanggan datang kembali, brand harus menjalin hubungan pribadi yang baik, menaruh perhatian penuh pada pelanggan, serta melakukan pelayanan dengan sepenuh hati. Kepercayaan adalah sesuatu yang diperoleh pelanggan dari waktu ke waktu, oleh karena itu penting bagi brand untuk terhubunga secara emosional kepada para pelanggan nya.

Dalam dunia bisnis yang penuh dengan perubahan dan persaingan yang ketat, menjaga pelanggan yang sudah ada dan membangun loyalitas mereka adalah tugas yang tak pernah berakhir.  Bukan hanya berfokus pada pencarian pelanggan baru, kamu juga harus terus memperhatikan pelanggan-pelanggan sebelumnya.

 

Penting untuk diingat bahwa customer retention dan customer loyalty adalah usaha yang tiada akhir, selama kamu masih berlayar di dunia bisnis, maka kamu akan terus menerus menaruh perhatianmu pada pelanggan. Bersama HIGO kamu bisa membangun hubungan emosional yang baik dengan pelanggan untuk membangun loyalitas, silahkan kunjungi www.higo.id ya!

 

Baca Juga

Trend Kopi Keliling Baru di Jakarta yang Ramai di Media Sosial

10 Manfaat Komunitas Bagi Perkembangan Bisnis

Topik Terkait

loading