Business Tips

22 09 2023

10 Manfaat Komunitas Bagi Perkembangan Bisnis

Penting gak sih komunitas itu?

232 Views

10 Manfaat Komunitas Bagi Perkembangan Bisnis

Jika kamu memiliki suatu bisnis, penting bagi kamu untuk bergabung dengan komunitas yang berkaitan dengan bisnis kamu. Salah satu alasannya adalah karena suatu komunitas memiliki peranan yang penting bagi perkembangan bisnis yang sedang kamu jalani, kok bisa? 

 

Pada dasarnya komunitas ini menjadi supporting system yang bisa menguatkan mental para anggota nya sehingga mereka dapat menjalankan bisnis mereka dengan lebih percaya diri. Pada artikel kali ini, HIGO akan membahas tentang manfaat yang akan kamu dapat jika bergabung dengan suatu komunitas.

1. Meningkatkan kepercayaan diri

undefined

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, komunitas dapat meningkatkan kepercayaan diri orang-orang yang terdapat di dalamnya. Dengan mengikuti komunitas, kamu bisa terhubung dengan banyak orang dari industri yang sejenis dengan kamu.

 

Dari orang-orang tersebut kamu bisa mendapat banyak cerita yang bisa memotivasi diri kamu untuk melakukan hal dengan lebih baik lagi. Kamu juga bisa membandingkan kisah perjalanan bisnis kamu dengan yang lain nya sehingga kamu akan lebih bersyukur dengan apa yang sudah kamu capai.

2. Memperluas jaringan dan koneksi

undefined

Di suatu komunitas terdapat banyak orang yang mendalami industri sejenis atau yang terkait dengan bisnis kamu, oleh karena itu dengan bergabung dengan sebuah komunitas, maka kamu juga akan mendapat koneksi yang lebih luas. 

 

Meskipun kelihatannya sepele, namun dengan menambah koneksi yang kamu miliki, kamu mungkin saja akan terbantu oleh mereka jika mengalami kesulitan suatu hari nanti. Jadi cobalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka ya!

3. Menjadi sumber informasi

undefined

Sesama anggota komunitas biasanya sering membagikan informasi yang bisa kamu manfaatkan. Seperti informasi tentang software terbaru, hal apa saja yang sedang trend, hingga pandangan pelanggan tentang suatu issue tertentu.

 

Kamu bisa memanfaatkan informasi ini untuk mengembangkan bisnis kamu atau untuk bertahan dan bersaing di pasar. Jadi pastikan untuk aktif di komunitas dan memantau informasi-informasi terbaru yang sedang dibahas.

4. Meningkatkan brand awareness

undefined

Suatu komunitas tentu dapat membuat bisnis atau brand yang kamu punya menjadi semakin dikenal karena kamu bisa menjadikan komunitas sebagai lahan untuk promosi. Jadi usahakan untuk mengenal anggota komunitas kamu supaya brand kamu juga ikut dikenal ya

 

Tetapi kamu juga perlu ingat bahwa perilaku kamu turut memengaruhi image brand yang kamu punya. Jika kamu berperilaku buruk, maka brand kamu juga akan dikenal dengan citra yang buruk di mata orang lain.

5. Bisa dapat feedback

undefined

Manfaat selanjutnya adalah kamu bisa mendapat feedback dari orang-orang komunitas yang berada di satu industri dengan kamu. Feedback yang kamu dapat bisa membantu kamu untuk lebih mengembangkan bisnis sehingga bisa lebih memuaskan konsumen.

 

Kamu bisa memberikan beberapa anggota komunitas yang kamu bercaya untuk mencoba produk kamu, mereka yang ahli akan mampu untuk memberikan ulasan yang kritis dan sesuai dengan kenyataan yang ada.

 

Baca Juga

Kisah Wrigley Banting Setir Jadi Perusahaan Permen Karet

Trend Kopi Keliling Baru di Jakarta yang Ramai di Media Sosial

6. Pengembangan skill

undefined

Dengan segala feedback dan informasi yang kamu terima, tentu saja kamu bisa mengembangkan skill yang kamu miliki. Pilihlah kritik dan masukan yang menurut kamu relatif dan sejalan dengan tujuan bisnis kamu, kemudian aplikasikan dengan menambahkan kreatifitas kamu sendiri.

 

Perhatikan juga apa yang sedang menjadi topik pembahasan dalam komunitas, mungkin saja kamu bisa mempelajari contoh kasus orang lain dan menganalisis nya supaya tidak membuat kesalahan yang sama.

7. Kolaborasi/Bangun kerjasama

undefined

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, suatu komunitas berisikan orang-orang yang menaruh minat yang sama antar satu sama lain, oleh karena itu komunitas bisnis biasanya memiliki anggota dengan latar belakang dari industri sejenis atau yang berkaitan.

 

Masuk nya kamu ke dalam komunias artinya kamu juga membuka peluang bagi bisnis kamu untuk lebih berkembang dengan kolaborasi antar brand. Suatu kolaborasi juga bisa menjadi strategi yang efektif untuk mengembangkan bisnis karena dengan adanya kerjasama antar brand, maka kamu juga bisa mencakup pasar atau jaringan yang kebih luas.

8. Mudah melakukan riset pasar

undefined

Di komunitas kamu bisa “tes ombak” dengan menyatakan ide bisnis kamu kepada anggota. Para anggota yang bergelut di bidang yang sama dengan kamu ini bisa memberikan pendapat mereka akan ide yang kamu tuangkan, bahkan mungkin mereka juga senantiasa ikut memberi masukan yang dapat membantu kamu menyempurnakan gagasan yang kamu punya.

 

Kamu juga bisa mengumpulkan data pasar dan review produk atau layanan yang sudah ada di komunitas sebagai bahan untuk riset kamu, lho. Pastikan kamu terus aktif dan memantau pembahan terkini di komunitas ya!

9. Wadah promosi

undefined

Selain dapat melakukan riset pasar, komunitas juga bisa kamu manfaatkan sebagai wadah untuk berpromosi, lho. Perkenalkan brand yang kamu miliki kepada anggota komunitas, jangan lupa untuk memerhatikan cara kamu berkomunikasi supaya image brand yang kamu miliki baik di mata orang lain.

 

Jika produk yang kamu jual cocok dengan selera anggota komunitas, bukan suatu yang tidak mungkin bila nantinya mereka merekomendasikan produk kamu kepada orang lain. Dibandingkan dengan promosi di media manapun, word of mouth dan testimoni akan lebih dipercaya oleh calon konsumen.

10. Dukungan emosional

undefined

Berasal dari industri yang sama membuat kamu bisa terhubung secara emosisonal dengan para anggota komunitas lainnya. Dukungan yang mereka berikan padamu akan lebih bermakna karena mereka jelas memahami apa saja yang menjadi kesulitan kamu dan hal apa saja yang membuat kamu khawatir

 

Bagi kamu yang ingin tergabung dalam komunitas berbisnis, ada beberapa hal yang perlu kamu lakuakan seperti, rutin mengadakan atau menghadiri pertemuan, membuat media sosial khusus untuk komunitas, hingga membuat merchandise. Berbisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakuakan, terutama bagi kalian para pebisnis yang memulai bisnisnya dari nol. Meskipun terasa berat, dengan adanya komunitas yang menemani perjalanan berbisnis, kamu pasti akan merasa lebih tenang dan yakin.

 

Bagi kamu yang ingin membangun komunitas untuk brand, kamu bisa berkolaborasi dengan HIGO. Membangun komunitas dapat membuat target audiens brand kamu menjadi lebih luas dan pastinya lebih tepat sasaran. Hubungi HIGO di halaman kontak ya!

 

Baca Juga

5 Brand Kosmetik yang Sukses Kolaborasi Dengan Brand F&B

Cara Membuat Sertifikasi Halal Untuk Bisnis di Indonesia

Topik Terkait

loading