Business Tips

11 08 2023

Kisah Wrigley Banting Setir Jadi Perusahaan Permen Karet

Bisa jadi contoh nyata nih!

285 Views

Kisah Wrigley Banting Setir Jadi Perusahaan Permen Karet

Terkenal sebagai perusahaan permen karet, siapa sangka jika Wrigley dulunya adalah perusahaan yang menjual sabun dan baking powder. Perusahaan asal Amerika yang berdiri sejak 1891 ini memiliki kisah unik, bagaimana mereka mengubah produk gratisan menjadi produk unggulan hingga mengantarkannya meraih kesuksesan seperti sekarang. 

 

Kisah ini dimulai ketika Wrigley memberikan baking powder sebagai bonus ketika konsumen membeli produk sabun mereka. Namun, nyatanya konsumen mereka lebih menyukai produk baking powder daripada produk sabun yang mereka keluarkan. Banyak konsumen yang akhirnya membeli sabun hanya untuk mendapatkan baking power mereka. 

 

Melihat tingginya antusias konsumen terhadap produk baking powder yang mereka keluarkan, akhirnya Wrigley mengubah produk unggulan mereka yang awalnya sabun menjadi baking power. Setelah baking power menjadi produk unggulan, Wrigley menerapkan strategi yang sama dengan memberikan bonus permen untuk setiap pembelian baking powder. 

 

Seperti de javu, konsumen Wrigley yang awalnya membeli baking powder karena menyukainya akhirnya membelinya karena ingin mendapatkan bonus permen. Melihat antusias konsumen yang berubah, Wrigley melihatnya sebagai peluang baru untuk melebarkan bisnis mereka dengan beralih menjadi bisnis yang fokus memproduksi permen. 

Tips Sukses Wrigley Banting Setir Jadi Perusahaan Permen

undefined

Kisah sukses Wrigley menjadi inspirasi yang menarik untuk dipelajari di dunia bisnis. Tak hanya banting setir menjadi perusahaan permen karet, tapi dia juga mampu meraih kesuksesan dalam waktu 2 tahun. Wrigley menerapkan strategi bisnis yang bisa menjadi inspirasi bagi bisnis lainnya. 

 

Baca Juga
Cara Membangun Customer Relationship Management

1. Melakukan inovasi produk

undefined

Wrigley tentu bisa dikenal karena kesungguhannya dalam melakukan inovasi produk. Hal ini terbukti dari berbagai produk yang pernah mereka produksi sebelum akhirnya fokus untuk mengembangkan berbagai jenis permen. 

 

Sebagai penikmat permen, kamu bisa mencoba berbagai rasa permen dari brand Wrigley. Kamu bisa merasakan permen karet berkafein buat kamu yang membutuhkan energi untuk menambah stamina. 

 

Kamu yang ingin menikmati permen tanpa gula, Wrigley's Doublemint Spearmint bisa menjadi pilihan yang tepat. Rasa spearmint yang segar dan khas, dapat membantu membasmi bau mulut serta memberikan sensasi kesegaran pada mulut.

2. Selalu mengutamakan kualitas dan konsisten

undefined

Wrigley membangun reputasi atas setiap produk yang mereka keluarkan dengan kualitas yang sangat tinggi dan konsisten. Kualitas produk inilah yang menjadi Wrigley selalu menjadi pilihan para penikmat permen karet. Selain kualitas yang selalu terjaga, tekstur permen karet Wrigley juga yang menjadi juara di dunia permen karet.

3. Branding yang kuat

undefined

Kepopuleran Wrigley diciptakan dengan waktu yang tidak instan. Diperlukan branding yang kuat untuk dikenal dan diingat oleh banyak konsumen. Paham dengan masalah tersebut Wrigley melibatkan serangkaian strategi untuk bisa menciptakan hubungan emosional dengan konsumen, sehingga dapat menjadi pembeda dengan produk lainnya. 

 

Tak heran, mereka sering ikut bagian dalam kegiatan sosial. Bahkan memiliki foundation untuk ikut andil untuk memberikan dampak nyata di dunia kesehatan bagi setiap lapisan masyarakat yang membutuhkan di seluruh dunia. 

4. Responsif terhadap pasar

undefined

Pintar melihat peluang dan cepat beradaptasi menjadi keunggulan Wrigley yang tidak semua brand dapat melakukannya. Hal ini karena Wrigley mampu merespon perubahan dalam selera pelanggan dengan cepat. Sehingga dengan tumbuh menjadi responsif terhadap perubahan pasar akan sangat membantu bisnis tetap relevan dan beradaptasi dengan baik.

5. Memahami pentingnya keberadaan pelanggan

undefined

Menjadikan pelanggan sebagai teman dengan selalu mendengarkan apa yang mereka butuhkan, menjadi cara Wrigley untuk memhamai pentingnya keberadaan pelanggan bagi bisnis mereka. Wrigley percaya bahwa mendengarkan apa yang konsumen butuhkan menjadi cara yang efektif untuk membangun hubungan jangka panjang. 

Dari kasus Wrigley kita belajar bahwa tak ada salahnya bisnis banting setir dengan mengubah produk mereka di tengah jalan, selama sudah melakukan riset pasar dan memahami apa yang dibutuhkan oleh para konsumen. 

 

Selain Wrigley, HIGOspot menjadi perusahaan yang mampu melakukan berbagai adaptasi dengan mengikuti keinginan pasar, sehingga sekarang kami dikenal sebagai Integrated Digital Agency yang dapat membantu banyak brand melakukan pemasaran dengan data analisis. Hubungi kami melalui info@higo.id untuk melakukan kolaborasi atau beriklan. 

 

Baca Juga
Perbedaan Marketing Above, Below, dan Through The Line
5 Strategi Mobile Marketing yang Wajib Dicoba

Topik Terkait

loading