Business Tips

04 07 2023

Cara Membangun Customer Relationship Management

Wajib tahu caranya!

384 Views

Cara Membangun Customer Relationship Management

Kepopuleran sebuah brand dapat terlihat dari seberapa loyal konsumen yang mereka miliki. Beberapa brand besar seperti Apple, Dior, hingga Channel memiliki konsumen setia, dimana mereka selalu ingin mendapatkan produk terbaru sebagai koleksi. Fenomena loyalnya konsumen tentu tidak lepas dari experience mereka dalam menggunakan produk tersebut. Lewat experience yang menyenangkan akan terbentuk hubungan antara brand dengan konsumen. 

 

Memiliki hubungan yang baik dengan konsumen memang menjadi keharusan yang perlu dilakukan oleh bisnis. Tanpa konsumen yang loyal tentu akan sangat sulit mempertahankan bisnis untuk terus maju dan berkembang. Tak heran setiap brand begitu fokus dalam membangun customer relationship management. 

Apa Itu Customer Relationship Management?

undefined

Mengutip dari Odoo, customer relationship management (CRM) adalah kombinasi dari praktek, strategi, and teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan menganalisa interaksi dan data pelanggan di sepanjang siklus hidup pelanggan. Tujuannya tentu untuk meningkatkan hubungan layanan pelanggan, sehingga nantinya bisa membantu dalam retensi pelanggan sehingga mendorong pertumbuhan penjualan.

 

Sistem CRM dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan data pelanggan di berbagai channel biasanya mencakup situs web perusahaan, telepon, obrolan langsung, surat langsung, materi pemasaran, dan jejaring sosial. Tak hanya sampai di situ, sistem CRM juga dapat memberikan informasi terperinci kepada anggota staf yang berhubungan dengan pelanggan tentang informasi pribadi pelanggan, riwayat pembelian, dan lain sebagainya.

 

Intinya customer relationship management menjadi strategi yang dapat digunakan untuk mempertahankan konsumen, sehingga mereka akan terus melakukan pembelian dan berakhir menjadi konsumen setia tanpa perlu khawatir untuk beralih ke kompetitor. 

Manfaat Customer Relationship Management

undefined

Kehadiran customer relationship management memberikan dampak positif bagi bisnis. Tak heran banyak perusahaan yang menyediakan budget khusus hanya untuk menerapkannya. Mengutip dari Business News Daily, ada beberapa manfaat dari penerapan customer relationship management. 

 

 

1. Menaikkan Penjualan

Namun perlu diingat, proses ini tidak didapatkan secara instan. Ada banyak layer yang perlu dilakukan sebelum mencapai proses ini. Salah satunya tentu dengan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen dengan rutin.

 

Memberikan pelayanan terbaik dengan kualitas produk mumpuni, tentu akan memberikan kesan baik yang melekat di hati para konsumen. Jika kegiatan ini terus dirasakan oleh konsumen, tentu akan memberikan efek yang begitu positif dengan meningkatkan penjualan. 

2. Peningkatan Retensi Pelanggan

Perputaran pelanggan atau konsumen yang begitu tinggi tentu akan sangat berdampak negatif untuk bisnis. Sehingga agar bisa mempertahankan pelanggan, kamu harus bisa membuat mereka menjadi pelanggan yang setia dengan meningkatkan loyalitas pelanggan. 

 

Jadi usahakan untuk gunakan CRM untuk memberikan analisis sentimen dan melacak apa yang dibutuhkan oleh oleh para konsumen. Sehingga hasilnya akan memberikan perningkatan retensi pelanggan yang memiliki dampak positif bagi perkembangan bisnis. 

 

3. Analisa yang Terperinci

Mendapatkan informasi yang lengkap tentang pelanggan memberikan peluang yang besar bagi bisnis untuk melakukan analisa yang terperinci tentang pelanggan. Analisis ini akan memberikan insight yang sangat penting agar bisnismu bisa melakukan suatu perubahan. Perubahan yang dilakukan berdasarkan insight dari pengunjung akan membawa dampak yang begitu besar bagi perkembangan bisnismu. Para pengunjung atau konsumen akan merasa begitu didengarkan, sehingga akan timbul rasa percaya dan hasilnya mereka akan menjadi konsumen yang loyal.

 

4. Produktivitas dan Efisiensi yang Lebih Tinggi

Perangkat lunak CRM menggunakan teknologi otomasi pemasaran, sehingga dapat mempercepat tugas-tugas lain dan memberikan waktu lebih bagi karyawan dalam membuat research yang sering memakan waktu lebih lama. Hal ini karena setiap informasi yang didapatkan dapat terangkum dalam dashboard dan bisa dianalisa dengan mudah. 

 

5. Database Informasi Terpusat

Hal lain yang paling baik dilakukan perangkat lunak CRM adalah menyediakan database terpusat dengan semua informasi tentang pelanggan, membuatnya mudah diakses oleh siapa saja di perusahaan milikmu yang membutuhkannya. Ini memudahkan perwakilan penjualan untuk melihat produk apa yang diminati pelanggan tertentu, misalnya. Jika pelanggan sebelumnya telah berinteraksi dengan perusahaan, CRM akan menyertakan catatan interaksi tersebut, yang dapat menginformasikan upaya pemasaran dan promosi penjualan di masa mendatang. Ini menghemat waktu karyawan kamu untuk menggali file dan catatan lama, dan ini memberikan pengalaman yang lebih baik dan lebih produktif bagi pelanggan.

 

Setelah mengetahui apa itu CRM dan manfaatnya bagi bisnismu, kamu bisa mencoba untuk menerapkannya agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan meningkatkan retensi penjualan dengan baik. Bagi kamu yang ingin mendapatkan layanan yang mampu mengenal pengunjung dengan baik, kamu bisa gunakan layanan dari HIGOspot. Hubungi kami di info@higo.id untuk informasi lengkapnya. 

 

Topik Terkait

loading