Business Tips

31 03 2023

5 Strategi Mobile Marketing yang Wajib Dicoba

Manfaatkan teknologi untuk berpromosi!

343 Views

5 Strategi Mobile Marketing yang Wajib Dicoba

Di era yang menjadikan smartphone sebagai hal yang biasa seperti sekarang, mobile marketing pun menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif. Sebagai seseorang yang memiliki brand kamu harus mengoptimalkan jenis pemasaran ini karena pelanggan lebih banyak menggunakan smartphone.

 

Supaya produk kamu bisa bersaing di pasar yang semakin ketat, kamu memerlukan beberapa strategi mobile marketing yang efektif dan inovatif. Berikut ini adalah beberapa strategi mobile marketing yang bisa kamu coba untuk membuat produk kamu meraih kesuksesan.

Apa itu mobile marketing?

undefined

Menurtu Daniel Rowles dalam bukunya yang berjudul Mobile Marketing: How Mobile Technology is Revolutionizing Marketing, Communications, and Advertising, mobile marketing adalah penggunaan perangkat seluler dan teknologi seluler untuk mencapai tujuan pemasaran.

 

Jadi bisa dikatakan secara sederhana mobile marketing merupakan strategi pemasaran digital yang fokus pada penggunaan perangkat seluler seperti smartphone dan tablet untuk mempromosikan produk atau jasa.

 

Strategi pemasaran ini muncul akibat dari banyaknya orang yang menggunakan smartphone di kehidapan sehari-hari sehingga memunculkan peluang bagi pengiklan. Jika kamu ingin mempromosikan produk dengan lebih efektif di era modern seperti sekarang ini, mobile marketing adalah strategi pemasaran yang patut kamu pertimbangkan. 

Manfaat mobile marketing

undefined

Mobile marketing memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens secara lebih lebih luas karena ada banyak orang yang menggunakan perangkat seluler untuk mengakses internet dan melakukan pembelian secara online. Selain itu, kamu juga dapat menargetkan audiens secara lebih tepat dan dengan cara yang lebih personal karena perangkat seluler merupakan milik pribadi dari masing-masing individu.

 

Baca Juga

Kenali Ciri Buzzer Media Sosial dan Pengaruhnya dalam Dunia Bisnis

Mengenal Brand Activation : Cara Unik Menarik Konsumen

Jenis-jenis mobile marketing

undefined

Dalam mobile marketing ada beberapa jenis pemasaran berbeda dari cara mempromosikan produknya, berikut ini adalah jenis-jenis mobile marketing yang perlu kamu ketahui.

 

1. Pemasaran berbasis Aplikasi (App-based Marketing)

Jenis mobile marketing ini dilakukan melalui aplikasi seluler atau mobile apps. Contohnya adalah iklan yang muncul ketika kamu sedang membuka suatu aplikasi. Jenis iklan yang ditayangkan juga beragam, seperti video ads, banner ads, atau iklan interaktif yang dapat membuat audiens lebih tertarik.

 

2. Pemasaran berdasarkan Lokasi (Location-based Marketing)

Menggunakan informasi lokasi pemilik perangkat guna mempersonalisasi pesan pemasaran dan menargetkan pasar yang relevan dengan lokasi tertentu merupakan keunikan dari jenis ini. Contohnya jika kamu melawati suatu restoran tertentu kamu akan mendapatkan pesan teks atau notifikasi dari aplikasi restoran tersebut tentang menu yang sedang promo.

 

3. Pemasaran di dalam Games (In-games Marketing)

Seperti namanya, strategi pemasaran yang satu ini menggunakan game sebagai medium untuk mengiklankan produk atau brand. Sebagai contoh, jika kamu memiliki brand minuman, kamu dapat menempatkan iklan dengan menjadikan produk minuman kamu sebagai item power-up bagi karakter game, atau kamu bisa juga menempatkan iklan di jeda game seperti saat pemain sedang menunggu loading.

 

4. Pemasaran dengan Kode QR (Quick Response (QR) Codes Marketing)

Jenis mobile marketing ini adalah salah satu pemasaran yang menggunakan kode QR sebagai alat untuk menghubungkan pelanggan dengan produk atau layanan. Contohnya adalah penempatan QR di kemasan suatu produk, jika seseorang memindai QR tersebut maka mereka akan diarahkan ke situs web perusahaan.

 

5. Pemasaran melalui penelusuran iklan (Search Ads)

Jenis yang terakhir adalah Search Ads atau strategi pemasaran online yang memanfaatkan iklan di halaman hasil serach engine seperti Google. Iklan ini biasanya muncul di atas atau di bawah hasil pencarian organik dan ditandai sebagai iklan atau sponsor.

5 Strategi mobile marketing

undefined

Sebuah pemasaran yang sempurna memiliki strategi tersendiri untuk mencapai sebuah kesuksesan. Berikut ini adalah beberapa strategi menjalankan mobile marketing yang bisa kamu coba untuk memasarkan produk kamu.

 

1. Optimasi Situs Web Responsif

Banyaknya pengguna internet yang lebih sering mengakses menggunakan perangkat mobile membuat brand harus menyesuaikan website dengan versi yang mobile-friendly. Dengan begitu maka pengguna akan lebih nyaman dan pastinya meningkatkan potensi pembelian. Desain web juga harus menyesuaikan sehingga dapat dilihat dengan baik di berbagai ukuran layar berbeda.

 

2. Membuat Aplikasi Seluler

Aplikasi seluler memungkinkan brand untuk terhubung dengan pelanggan secara langsung melalui perangkat mobile mereka. Dengan aplikasi juga brand dapat membuat fitur loyalty program, voucher diskon, hingga promo eksklusif yang hanya ada di aplikasi.

 

3. Pengoptimalan Media Sosial

Melalui media sosial, brand kamu dapat terhubung dengan konsumen secara langsung, memberikan informasi tentang produk, dan menyita perhatian audiens dengan konten yang menarik. Namun sebelum membuat konten, kamu harus menentukan platform media sosial terlebih dahulu karena setiap media sosial memiliki pendekatan yang berbeda.

 

4. Menggunakan Teknologi Beacon

Teknologi Beacon adalah sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat seluler untuk menerima sinyal dari suatu Beacon (perangkat kecil berbasis bluetooth yang biasanya ditempatkan di suatu tempat tertentu, seperti toko atau museum). Kamu bisa menggunakan teknologi beacon untuk bisnis kamu sehingga jika seseorang memasuki toko kamu, mereka akan mendapatkan notifikasi tentang promosi atau informasi terbaru.

 

5. Mengirimkan Pesan Teks

Pengiriman pesan teks seperti SMS dan chat Whats App dapat dilakukan untuk memberikan informasi promosi, penawaran khusus, atau pengingat kepada pelanggan. Namun, kamu perlu ingat bahwa pengiriman pesan teks harus dilakukan dengan bijak agar tidak dianggap spam oleh pelanggan ya.

Mobile marketing bisa menjadi cara efektif untuk menjangkau pelanggan di mana saja dan kapan saja, namun untuk dapat membuat nya berjalan dengan baik, kamu memerlukan sebuah strategi mobile marketing yang cocok dan sesuai dengan brand atau produk yang kamu promosikan.

 

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang tips dan informasi berbisnis, kamu bisa kunjungi halaman Business Tips di blog.higo.id. Silahkan berikan tanggapan jika artikel ini membantu kamu ya! Selamat berbisnis!

 

Baca Juga

5 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Mengulik Strategi Branding Grup K-Pop NewJeans yang Populer

Topik Terkait

loading