Business Tips

27 02 2023

5 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Ayo pelajari strateginya!

313 Views

5 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Pemasaran produk yang efektif merupakan kunci penting dalam kesuksesan suatu bisnis. Tanpa pemasaran yang tepat, suatu produk mungkin sulit untuk dapat dilirik oleh audiens. Apa lagi di tengah persaingan ketat antar produk sejenis yang banyak di pasaran, bagi seorang pendatang baru di dunia bisnis, mungkin akan sangat sulit untuk meningkatkan penjualan maupun pertumbuhan brand.

 

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, meskipun kamu baru terjun di dunia bisnis, bukan suatu kemustahilan untuk dapat memperoleh kesuksesan. Dalam artikel ini, HIGO akan membahas tentang strategi pemasaran produk yang efektif dan dapat meningkatkan penjualan produk kamu.

 

1. Memahami kebutuhan pasar

undefined

Strategi pertama yang perlu kamu terapkan tentu saja memahami kebutuhan pasar. Dengan mengetahui kebutuhan pasar maka kamu bisa meluncurkan produk yang tepat dan sesuai dengan yang konsumen yang diinginkan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memahami kebutuhan pasar, di antaranya adalah melalui survei, observasi, dan melakukan riset pasar.

 

Sebagai contoh, ketika sebuah perusahaan makanan siap saji mengetahui bahwa konsumen membutuhkan makanan yang sehat dan organik. Maka, perusahaan tersebut bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen seperti meluncurkan produk salad organik atau sandwich roti gandum.

 

2. Fokus pada konsumen

undefined

Merupakan faktor terpenting dalam berbisnis, kamu tentu harus fokus pada konsumen ketika membuat strategi pemasaran. Kamu harus memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen, merespon dengan cepat ketika ada keluhan atau pertanyaan, dan memastikan kepuasan konsumen terpenuhi jika ingin bisnis kamu berjalan dengan baik. Jika konsumen merasa nyaman dan puas akan pelayanan, maka bukan suatu hal yang mustahil untuk meningkatkan penjualan produk.

 

Contohnya adalah ketika suatu perusahaan teknologi berfokus pada user experience saat membuat aplikasi atau produk baru. Hal ini mereka lakukan supaya konsumen merasa senang dan nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut sehingga para konsumen akan loyal, selain itu hal ini juga memungkinkan konsumen untuk merekomendasikan produk yang sudah mereka coba kepada orang lain.

3. Membangun brand awareness

undefined

Strategi pemasaran berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membangun brand awareness. Meningkatkan kesadaran brand yang kamu punya juga dapat memengaruhi angka penjualan produk, lho. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membangun brand awareness, di antaranya adalah melalui iklan, promosi, sponsor, atau bahkan kolaborasi dengan influencer.

 

Sebagai contoh dari penerapan strategi ini, kamu bisa melihat strategi yang digunakan oleh brand minuamn energi Red Bull. Untuk membangun brand awareness, brand minuman dengan logo banteng itu bekerjasama dengan event-event olahraga ekstrem seperti balap motor dan ski sebagai sponsor acara.

 

4. Menggunakan media sosial

undefined

Di era digital seperti saat ini, menggunakan media sosial tentu menjadi salah satu cara yang efektif untuk memasarkan suatu produk. Jika ingin menggunakan strategi pemasaran ini, kamu bisa memilih platform media sosial yang sesuai dengan produk kamu, lalu jangan lupa untuk membuat konten yang menarik dan relevan dengan produk kamu ya.

 

Contoh penerapannya adalah ketika brand kosmetik menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk mereka. Brand tersebut membuat konten di media sosial yang menarik seperti tutorial makeup atau review produk. Mereka juga berinteraksi dengan pengikut mereka di media sosial seperti membalas komentar dan membuat konten instastory yang interaktif.

5. Memberikan promosi dan diskon

undefined

Siapa sih yang tidak menyukai produk yang diskon? Strategi pemasaran terakhir yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk adalah promosi dan diskon. Kamu bisa memberikan diskon atau promosi menarik dalam rangka perayaan hari besar atau event-event tertentu. Namun ingat untuk memberikan diskon sesuai dengan anggaran yang ada supaya kamu tidak merugi.

 

Contoh promosi dan diskon yang sudah akrab di telinga konsumen adalah diskon ketika memasuki hari belanja online nasional dan bulan-tanggal kembar. Beberapa brand di marketplace seperti Shopee sering kali memberikan promo dan diskon pada tanggal 12.12 dan setiap bulan-tanggal sama sepanjang tahun.

Ada berbagai strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan, namun tidak semuanya dapat efektif bagi semua jenis produk dan target pasar, oleh karena itu kamu perlu memilih strategi yang tepat untuk produk dan target pasar kamu sendiri. Jika kamu memilih strategi pemasaran yang sesuai dengan produk yang kamu promosikan maka besar kemungkinan untuk meningkatkan penjualan.

 

Baca Juga

Mengatasi Kendala Dalam Melakukan Guerilla Marketing
Strategi Bisnis Mixue Menguasai Pasar Dunia

 

Topik Terkait

loading