Business Tips

30 01 2023

Mengenal Brand Activation : Cara Unik Menarik Konsumen

Coba pikat konsumen dengan cara ini!

336 Views

Mengenal Brand Activation : Cara Unik Menarik Konsumen

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh sebuah brand untuk mendapatkan perhatian konsumen di tengah sengitnya persaingan di industri bisnis. Semakin hari persaingan dalam berbisnis kian meningkat, sehingga kamu membutuhkan cara yang ampuh agar brand milikmu lebih dikenal dan melekat pada benak konsumen.

 

Ada banyak startegi marketing yang bisa kamu terapkan untuk membuat brand kamu lebih dikenal. Salah satunya adalah strategi brand activation yang ampuh untuk memikat konsumen. Jika kamu tertarik dan ingin mengenal lebih jauh tentang brand activation, kamu bisa simak penjelasan dari HIGO berikut ini.

Apa itu brand activation?

undefined

Brand activation dapat didefinisikan sebagai sebuah interaksi pemasaran antara konsumen dan brand, dimana konsumen dapat memahami brand dengan lebih baik melalui berbagai kegiatan promosi yang membuat hubungan brand dan konsumen semakin dekat.

 

Tujuan akhir dari brand activation adalah untuk meningkatkan minat beli dan loyalitas konsumen terhadap brand tersebut. Oleh karena itulah banyak brand berusaha untuk membuat kegiatan promosi setotalitas mungkin untuk tertanam di benak konsumen.

Manfaat Melakukan Brand Activation

undefined

Selain bisa membuat brand lebih dikenal dan mempererat hubungan antara brand dengan konsumen, sebagai pemilik brand, kamu juga dapat merasakan manfaat dari brand activation terhadap keberlangsungan berdirinya brand milik kamu. Berikut adalah manfaat brand activation yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan kesadaran merek

Brand activation membantu dalam meningkatkan kesadaran merek dengan menyediakan platform untuk menyampaikan pesan dan mengenalkan produk atau layanan kepada konsumen.

2. Membangun hubungan emosional dengan konsumen

Brand activation memungkinkan perusahaan untuk menciptakan koneksi emosional dengan konsumen melalui aktivitas interaktif dan pengalaman yang menyenangkan.

3. Menambahkan nilai untuk konsumen

Brand activation dapat menambahkan nilai tambahan untuk konsumen melalui program loyalitas, hadiah, atau diskon yang ditawarkan.

4. Meningkatkan minat beli

Brand activation membantu dalam meningkatkan minat beli konsumen dengan memberikan kesempatan untuk mencoba produk atau layanan, meningkatkan kesadaran produk, dan menciptakan koneksi emosional.

5. Meningkatkan pemasaran

Brand activation membantu dalam meningkatkan efektivitas pemasaran dengan meningkatkan kesadaran produk, meningkatkan minat beli dan menciptakan koneksi emosional dengan konsumen.

6. Meningkatkan pengalaman konsumen

Brand activation membantu dalam meningkatkan pengalaman konsumen dengan memberikan kesempatan untuk terlibat dalam aktivitas interaktif dan menyenangkan serta menyediakan layanan yang lebih baik dan personalisasi.

Ide Brand Activation

undefined

Ada beberapa ide brand activation yang bisa kamu coba untuk menjalin hubungan yang erat dengan konsumen. Berikut ini adalah rekomendasi brand activation yang sering dilakukan oleh brand.

 

1. Acara-acara besar

Mengadakan acara-acara besar seperti festival musik, konser, atau pameran yang menampilkan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan koneksi emosional dengan konsumen.

2. Kemitraan dengan influencer atau selebriti

Kemitraan dengan influencer atau selebriti dapat meningkatkan kesadaran merek dengan mengambil keuntungan dari jangkauan dan kekuatan mereka di media sosial.

3. Kampanye sosial media

Kampanye sosial media dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan koneksi emosional dengan konsumen dengan menggunakan konten yang menarik dan interaktif.


4. Aktivasi di toko

Aktivasi di toko dapat meningkatkan minat beli konsumen dengan memberikan kesempatan untuk mencoba produk atau layanan, meningkatkan kesadaran produk, dan menciptakan koneksi emosional.


5. Program loyalitas

Program loyalitas dapat meningkatkan nilai tambahan untuk konsumen dengan memberikan hadiah atau diskon kepada pelanggan setia.


6. Kompetisi

Kompetisi dapat meningkatkan minat beli konsumen dan menciptakan koneksi emosional dengan menawarkan hadiah menarik.

7. Virtual Reality

Virtual Reality dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan koneksi emosional dengan konsumen dengan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan interaktif.

8. Pop-up store

Pop-up store dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan koneksi emosional dengan konsumen dengan menyediakan platform untuk menyampaikan pesan dan mengenalkan produk atau layanan.

9. Event-event public

Event-event public seperti kerja sama dengan pemerintah, event-event yang diadakan di tempat-tempat umum dan lainnya.

10. Brand Activation melalui kegiatan sosial

Perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan koneksi emosional dengan konsumen dengan mengadakan kegiatan sosial seperti program amal atau kegiatan lingkungan yang menunjukkan perhatian perusahaan terhadap masalah sosial.

Contoh Brand Activation "Coca-Cola Share a Coke"

undefined

Salah satu brand soda ternama di dunia, Coca-Cola rutin melakukan campaign bertajuk "Share a Coke" setiap tahunnya. Dimulai sejak 2013 lalu, dalam upaya untuk lebih dekat dengan konsumennya Coca-Cola mencetak nama-nama pada label botol kemasan dan kaleng mereka yang membuat konsumen menjadi tertarik untuk membeli botol atau kaleng dengan nama mereka atau orang-orang terdekat.

 

Tujuan dari campaign ini adalah untuk mempromosikan pengalaman membeli produk yang berkesan dan membangun hubungan emosional antara konsumen dan brand. Ide ini pun sangat sukses dan membantu memperkuat posisi Coca-Cola sebagai brand yang memahami dan memperhatikan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Kamu sudah mengetahui bagaimana kegiatan brand activation dapat membantu mempromosikan suatu brand dan membentuk hubungan emosional antar konsumen dan brand. Brand activation adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pengalaman konsumen dan membentuk kesan positif yang berlangsung lama.

 

Dengan melakukan brand activation yang tepat, kamu dapat meningkatkan brand awareness, meningkatkan loyalitas pelanggan, serta dapat membantu membangun hubungan emosional yang berkesan dengan pelanggan. Jadi pastikan kamu melakukan brand activation yang sesuai dengan brand yang kamu miliki ya.

 

Jika kamu membutuhkan strategi untuk melakukan brand activation, kamu bisa menghubungi HIGO untuk membuat strategi tentang brand activation yang tepat sesuai dengan target audiens yang kamu miliki. 

 

Baca Juga
5 Tren Marketing yang Wajib Diterapkan di 2023
Memahami Marketing Mix: Kunci Penting dalam Berbisnis
Tips Membuat Iklan Luar Ruangan yang Menarik Perhatian Audiens

Topik Terkait

loading