Tech & Social Media

12 05 2023

Cara Optimasi SEO TikTok Untuk Tingkatkan Reach Konten di 2023

Tips sukses para TikTokers!

946 Views

Cara Optimasi SEO TikTok Untuk Tingkatkan Reach Konten di 2023

Banyaknya konten kreator yang mengunakan TikTok saat ini membuat persaingan untuk jadi FYP semakin sulit, sebagai konten kreator tentu kamu harus mengatahui cara untuk mengoptimalkan konten kamu supaya bisa FYP dan muncul di pencarian TikTok ketika seseorang mencarinya.

 

Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan teknik SEO TikTok untuk meningkatkan visibilitas konten dan menjangkau audiens yang lebih besar lagi. Dalam artikel kali ini, HIGO akan membahas tentang cara optimasi SEO TikTok untuk meningkatkan reach konten di 2023, namun sebelum itu ayo cari tau terlebih dahulu tentang SEO TikTok.

Apa itu SEO TikTok?

undefined

SEO TikTok adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat konten kamu mendapat kesempatan muncul lebih tinggi ketika dicari di TikTok. Seperti ketika kamu menganalisis dan menggunakan suatu keyword tertentu di website untuk SEO Google, cara yang sama juga bisa kamu terapkan dan membuat konten kamu lebih mudah muncul di search engine TikTok.

 

Meskipun sebenarnya TikTok bukan search engine seperti Google, namun tetap ada search bar yang sering digunakan oleh pengguna. Bahkan menurut data Google yang dilansir dari situs Hootsuite, sebanyak 40% anak muda menggunakan sosial media seperti TikTok dan Instagram untuk mencari info tentang sesuatu, lho.

 

Jadi pastikan konten TikTok yang kamu buat termasuk SEO-friendly sehingga bisa lebih mudah untuk muncul ketika dicari ya. Sebelum mempelajari cara optimasi SEO TikTok, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi SEO TikTok supaya konten kamu bisa tampil dengan optimal. 

Faktor yang memengaruhi SEO TikTok

undefined

Sebagai media sosial, tentu saja jumlah views menjadi salah satu hal yang penting di TikTok. Beberapa faktor berikut ini wajib kamu ketahui untuk membuat konten kamu lebih SEO-friendly dan berpotensi untuk mendapat views lebih tinggi.

 

1. Interaksi pengguna

Interaksi pengguna di TikTok mencakup komentar, like, share, dan follow yang diterima oleh sebuah akun. Semakin banyak interaksi yang diterima oleh sebuah akun maka akan semakin besar pula kemungkinan konten tersebut muncul ketika seseorang mencarinya.

 

2. Informasi video

Supaya konten kamu mudah dicari, faktor yang perlu kamu perhatikan tentu saja informasi video. Informasi dalam konten ini termasuk judul, deskripsi, hashtag, serta teks yang disertakan pada video. Jadi pastikan bahwa informasi video yang kamu tulis lengkap dan sesuai dengan isi konten kamu ya.

 

3. Lokasi kreator

Setiap lokasi memiliki minat dan prefensi tertentu terhadap suatu konten, oleh karena itulah kamu harus menyesuaikan konten dengan lokasi kamu berada. Kamu bisa menambahakan nama daerah di deskripsi video sehingga konten kamu akan muncul ketika pengguna lain mencari info seputar daerah tersebut. Contohnya ketika kamu membuat konten tentang rekomendasi coffee shop maka kamu bisa menambahkan deskripsi "Rekomendasi coffee shop ala timur tengah di Bandung" untuk meningkatkan views.

5 Cara Optimasi SEO TikTok

undefined

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimalkan SEO TikTok, berikut adalah cara untuk optimasi yang bisa kamu coba ketika membuat konten TikTok.

 

1. Pahami audiens

Aspek paling penting dari SEO TikTok adalah memahami audiens. Jika kamu memahami audiens kamu dengan baik maka kamu dapat menentukan judul dan deskripsi konten yang sesuai dengan apa yang biasa dicari para pengguna TikTok. Singkatnya, kamu bisa membuat konten dari apa yang audiens kamu inginkan.

 

2. Melakukan keyword research

Seperti pengoptimalan pada SEO lainnya, kamu juga tentu perlu melakukan keyword research. Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Ads Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, dll. Setelah itu untuk hasil yang lebih akurat, kamu bisa membuka aplikasi TikTok dan masukan keyword pilihan kamu pada search bar. TikTok secara otomatis akan memberikan kamu rekomendasi long-tail keyword yang berhubungan dengan keyword yang kamu cari.

 

3. Masukan keyword ke dalam konten

Setelah melakukan research, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memasukan keyword tersebut ke dalam konten kamu seperti dalam judul, caption, deskripsi, termasuk teks yang ada di dalam video. Jangan lupa untuk memasukan hashtag dengan main keyword konten kamu serta hashtag lain yang relevan.

 

4. Jadikan video TikTok sebagai konten blog

Menurut Hootsuite, Blog memiliki peranan yang besar dalam rank di Google search. Oleh karena itu, untuk membuat konten TikTok kamu lebih mudah dicari, kamu bisa membuat artikel di suatu blog yang memuat tentang konten TikTok kamu. Pastikan kamu memasukan main keyword di judul artikel kamu serta long-tail keyword di sub judul artikel ya.

 

5. Evaluasi dan pantau konten-konten yang kamu unggah

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas, kamu tentunya perlu memantau hasil kerja yang sudah kamu lakukan. Caranya bisa dengan tools untuk tracking TikTok analitik kamu. Dengan melakukan evaluasi, kamu bisa mengetahui konten mana saja yang berhasil dan efektif. Selain itu kamu juga dapat mengetahui mana yang harus diperbaiki untuk konten kamu selanjutnya.

Meskipun tidak mudah dan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk memahaminya, jika kamu mempelajari SEO TikTok dengan sungguh-sungguh bukan suatu kemustahilan untuk viral. Teruslah optimis dan konsisten ketika mengunggah konten, jangan lupa untuk menambahkan sedikit unsur khas yang akan membuat audiens ingat dengan konten-konten kamu ya.

 

Semoga informasi di atas dapat membantu kamu yang ingin mempelajari tentang SEO TikTok. Jika kamu tertarik dan ingin mempelajari ilmu tentang teknologi lainnya, kamu bisa mengunjungi blog.higo.id yang memuat banyak informasi terbaru seputar teknologi dan media sosial. Tetap positif dan terapkan internet sehat ya!

 

Baca Juga

Tips Menjadi Influencer TikTok yang Dilirik Brand di 2023

Tips Memilih Influencer yang Tepat Untuk Meningkatkan Penjualan

Topik Terkait

loading