Tech & Social Media

26 04 2023

Tips Menjadi Influencer TikTok yang Dilirik Brand di 2023

Tips ini akan sangat membantu kamu.

463 Views

Tips Menjadi Influencer TikTok yang Dilirik Brand di 2023

Kehadiran influencer sebagai strategi untuk menarik hati audiens tentu tidak perlu diragukan lagi. Alih-alih percaya dengan iklan, konsumen yang didominasi oleh gen Z dan milenial ini sudah lebih cerdas sebelum membeli barang. Survei yang dilakukan oleh Influencer Marketing Hub menemukan, 83% percaya dengan review yang dilakukan oleh influencer ketimbang dari iklan yang dibuat oleh brand tersebut. 

 

Namun banyaknya influencer yang bermunculan membuat brand lebih selektif dalam memilih influencer untuk diajak kerjasama. Tidak hanya dinilai dari jumlah followers yang dimiliki, tapi masih banyak faktor lainnya yang membuat brand tertarik untuk bisa bekerja sama dengan influencer. Bagi kamu yang baru terjun di dunia influencer, ada beberapa tips dan case study dari para influencer yang sudah bekerja sama dengan banyak brand besar.

 

1. Jadilah authentic

undefined

Cobalah untuk menjadi authentic untuk mudah dikenal. Authentic di sini artinya kamu memiliki ciri khas yang sudah melekat dan menjadi personal branding yang kuat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dengan para follower. Kepercayaan ini nantinya akan membangun reputasi yang tidak hanya baik, tapi juga kuat. 

 

Tak hanya membangun kepercayaan, influencer yang authentic dapat meningkatkan nilai pada merek yang dan mendorong dalam melakukan promosi sehingga mampu menjangkau target audiens yang lebih luas.

 

Baca Juga
5 Tren Influencer Marketing 2023 yang Wajib Brand Pahami

 

2. Berikan dampak nyata

undefined

Influencer memiliki pengaruh yang besar untuk bisa memengaruhi orang lain khususnya para audiensnya dalam pengambilan keputusan. Pengaruh ini bisa dimanfaatkan untuk mengajak audiens melakukan aksi yang lebih besar dan berdampak untuk orang lain atau lingkungan sekitar. 

 

Peran influencer yang melakukan aksi nyata dan berdampak positif menjadi daya tarik yang besar di mata brand. Brand ingin melihat kolaborasi seperti apa yang nantinya bisa diciptakan untuk menaikka nilai brand tersebut di mata audiensnya. 

3. Berusaha untuk selalu jujur dan natural

undefined

Meski influencer perlu menjalankan beberapa pesan untuk kepentingan brand, tapi tetap berusaha untuk selalu jujur dan natural sangatlah penting untuk dilakukan. Sehingga sebisa mungkin selektif dalam menerima tawaran dari brand sangatlah penting untuk dilakukan. 

 

Tidak hanya melihat dari kualitas brand tersebut, tapi juga penting untuk melihat misi yang dipegang oleh brand tersebut. Sehingga dengan begitu kamu tidak hanya membantu brand untuk menjangkau cakupan audiens yang lebih luas, tapi juga mengajak audiens untuk melakukan satu kebaikan dengan mereka membeli produk dari brand tersebut.

 

4. Bergabung dengan komunitas

undefined

Cara yang bisa dilakukan untuk memberikan dampak nyata adalah ikut bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan visi dan misi kamu. Misalnya kamu membuat konten tentang isu sosial atau gaya hidup, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang fokus membahas tentang hal yang sama.

 

Tidak hanya dapat menambah networking, tapi juga membangun branding yang lebih kuat sehingga tidak hanya mudah dikenal, tapi juga mudah dipercaya oleh audiens yang memiliki interest yang sama.

 

5. Jadilah konsisten untuk meraih eksistensi

undefined

Konsisten menjadi dasar yang sangat diperlukan agar eksistensi kamu sebagai influencer tetap terjaga. Lewat konsistensi, kamu sebagai influencer dapat membangun kepercayaan dengan audiens secara lebih dekat. Efeknya tidak hanya dikenal, tapi juga akan selalu menjadi pilihan pertama untuk mencari sumber informasi. Bahkan audiens tidak akan sungkan untuk merekomendasikan kamu ke dalam circle perteman atau bahkan keluarga mereka.

Baca Juga
Cara Jitu Menjadi Influencer Bagi Pemula di 2023

 

Top 3 Influencer di Indonesia

Tiga influencer ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin dilirik oleh brand besar. Tak hanya memiliki ciri khas, mereka juga terkenal memiliki audiens yang cuku fanatik lho. Penasaran siapa saja? Berikut tiga rekomendasinya untuk kamu.

 

1. Tasya Farasya

undefined

Beauty influencer yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya. Sering diundang di setiap event kecantikan, Tasya Farasya memang dikenal sebagai beauty influencer yang sering membuat review produk kecantikan dengan cara mengedukasi para audiensnya.

 

Fenomena keracunan produk review dari Tasya Frasaya juga sering terjadi nih. Banyak beauty enthusiast yang penasaran dan akhirnya membeli produk karena melihat review dari Tasya Farasya. Tak heran kepopulerannya di dunia kecantikan membuatnya berhasil menciptakan produk kecantikan bernama Mother of Pearl, yang sering mendapat review bagus dari pada beauty influencer lainnya. 

 

 

 

 

2. Ayla Dimitri

undefined

Beberapa kali tampil sebagai sampul majalah dan juri tamu di acara Indonesi's Next Top Model, Ayla Dimitri dikenal sebagai influencer yang kerap tampil dengan OOTD yang selalu menarik untuk dilihat. Sebelum terkenal Ayla Dimitri dikenal sebagai fashion editor serta fashion stylist yang sudah bekerja dengan banyak brand ternama. 

 

Keunikannya dalam memadupadankan busana lewat Instagram membuat namanya kian populer dan dikenal sebagai influencer dibidang fashion. Bahkan Ayla Dimitri sering diundang untuk hadir di acara besar yang diselenggarakan oleh brand ternama dunia seperti Kate Spade, Dior, hingga Louis Vuitton.

 

3. Devina Hermawan

undefined

Salah satu jebolan ajang pencarian bakat memasak, Master Chef Indonesia Season 5, Devina Hermawan memang kian populer. Lewat kanal YouTube-nya Devina sering membagikan resep memasak yang mudah untuk recook karena penggunaan bahan baku yang mudah untuk ditemukan. 

 

Lewat kepopulerannya di dunia memasak, Devina Hermawan dilirik sebagai brand ambassador untuk produk asal Prancis bernama Tefal dan memiliki program acaranya sendiri di stasiun tv nasional. 

 

Kepopuleran seorang influencer tidak didapatkan dari waktu yang singkat. Butuh konsistensi untuk membuat konten yang tidak hanya menarik, tapi juga bisa mengedukasi setiap orang yang melihat. Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan, maka peluang untuk dilirik brand besar agar bisa melakukan kolaborasi terbuka lebar. Jadi semangat, buat kamu yang sedang berjuang menjadi influencer.

 

Baca Juga
Tips Memilih influencer yang Tepat untuk Meningkatkan Engagement

Topik Terkait

loading