Tech & Social Media

22 09 2021

Ide Konten Engaging yang Buat Instagram Makin Banyak Follower

Instagram kamu bisa ramai, nih!

162 Views

Ide Konten Engaging yang Buat Instagram Makin Banyak Follower

Instagram memang jadi media sosial yang paling populer digunakan untuk memasarkan bisnis dan membangun ikatan yang kuat dengan para audiens. Namun, untuk membuat Instagram begitu powerful konten memiliki peran yang begitu penting. 

 

Membuat konten yang menarik audiens tentu tidaklah mudah. Bayangkan, setiap harinya selalu ada konten baru yang muncul di Instagram dan itu artinya konten kamu akan bersaing dengan konten lainnya untuk menarik perhatian audiens. 

 

Tak hanya perlu melakukan riset, kamu juga perlu menemukan ide konten yang segar agar menarik perhatian audiens dan akhirnya mereka tertarik untuk menjadi followers setia kamu.

1. Ide konten Instagram tentang rekomendasi

image-content-1

Kamu senang saat ada teman yang kasih rekomendasi tempat wisata, skincare, atau barang diskon? Nah, ternyata bukan hanya kamu yang suka, tapi semua followers kamu di Instagram juga suka rekomendasi. Namun rekomendasi ini bukan sembarang rekomendasi ya, kamu wajib memberikan ide rekomendasi yang sesuai dengan brand kamu. 

 

Female Daily jadi akun Instagram yang paling sering memberikan konten rekomendasi makeup dan skincare. Hingga akhirnya menjadi tempat top of mind bagi banyak orang yang ingin mencari informasi seputar makeup dan skincare.

2. Ide konten Intagram tentang case study

image-content-4

Jika biasanya case study atau studi kasus jadi konten yang sering dihindari karena membahas sebuah fenomena yang terjadi, namun kali ini kamu bisa menggunakannya. Kamu bisa menggunakan konten studi kasus untuk mengulik lebih dalam tentang isu menarik yang menyita rasa penasaran banyak orang.

 

Jika Instagram fokus memberikan edukasi tentang digital marketing, kamu bisa membuat ide konten studi kasus tentang Starbucks yang berhasil dicintai oleh konsumennya. Contoh lainnya seperti akun Instagram Tech in Asia Indonesia yang membuat konten studi kasus tentang "Cara Google Mengumpulkan Data Informasi Pengguna" menarik para followers untuk melihatnya.

3. Ide konten perbandingan

image-content-7

Biasanya ide konten perbandingan ini sering digunakan oleh brand skincare atau kosmetik dengan tujuan memberikan edukasi yang lebih mendalam sebelum mereka membelinya.

 

Salah satu brand skincare yang sering menerapkan konten perbandingan adalah Dear Me Beauty. Lewat akun Instagram-nya, Dear Me Beauty memberikan edukasi perbandingan serum yang perlu digunakan audiens sesuai dengan kondisi kulit yang mereka miliki.

 

Konten perbandingan serum ini selalu berhasil menarik perhatian audiens, terbukti dari jumlah likes yang didapatkan mencapai ribuan dengan komen ratusan.

 

Baca Juga
Tools Gratis yang Buat Bisnis Online Makin Terkenal

4. Ide konten mengikuti tren

image-content-10

Mengikuti tren jadi ide konten Instagram selanjutnya yang bisa kamu coba. Meski konten yang mengikuti tren memiliki umur yang singkat, namun saat kamu bisa membuat konten yang menarik, kemungkinan agar kontenmu viral semakin terbuka besar.

 

Mad For Makeup, salah satu brand kosmetik lokal yang berhasil membuat konten tentang pemain Squid Game yang lagi ramai diperbincangkan. Mad For Makeup berhasil menggabungkan informasi yang sedang populer dengan produk Mad For Makeup, dimana Sae Byeok tetap terlihat cantik meski sedang bermain di Squid Game.

5. Ide konten giveaway

image-content-13

Kamu pasti tahu hampir setiap brand melakukan giveaway untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan engagement mereka di Instagram. Jadi tak heran jika kamu sering melihat brand menyiapkan budget mereka setiap bulannya untuk membuat giveaway yang menarik.

 

HIGO lewat Instagram-nya selalu melakukan giveaway dengan nama Teteh yang menjadi ciri khasnya. Setiap bulan akan ada giveaway dengan tema hiburan yang bisa ikuti oleh semua followers HIGO. Tak heran setiap konten giveaway selalu berhasil menarik engagement yang tinggi dengan jumlah audiens yang mengikuti giveaway ini lebih dari 300 orang.

Konten memang memiliki peran yang begitu penting untuk mendatangkan followers baru dan membuat mereka loyal. Jadi mencari ide konten Instagram yang engaging dan menarik perhatian audiens jadi hal fundamental yang perlu diperhatian oleh setiap brand

 

Jika kamu membutuhkan ide membuat konten Instagram, kamu bisa lihat Instagram dari HIGOspot atau mungkin Instagram kompetitor yang kamu miliki sebagai bahan referensi lainnya. Semangat berkarya :)

 

Baca Juga
Tools Gratis untuk Analisis Digital Marketing yang Dilakukan Kompetitor
Guerilla Marketing, Starategi Pemasaran yang Buat Viral

Topik Terkait

loading