Tech & Social Media

20 07 2021

Tools Gratis yang Buat Bisnis Online Makin Terkenal

Tools ini akan mempermudah bisnis onlinemu!

145 Views

Tools Gratis yang Buat Bisnis Online Makin Terkenal

Bisnis online memang jadi peluang usaha yang semakin banyak dilirik oleh anak muda. Tak hanya karena passion, kebebasan waktu yang lebih fleksibel, dan banyaknya kisah sukses para anak muda yang terlebih dahulu memulainya, menjadikan bisnis online kian menarik di mata anak muda. 

 

Tak heran jika bisnis online baru kian bermunculan dan membuat persaingan semakin ketat. Agar memudahkan bisnis online yang kamu rintis kian terkenal, ada beberapa tools gratis yang bisa digunakan dan memudahkanmu. 

Tools gratis untuk bisnis online

Tools gratis untuk bisnis online agar mudah dikenal, nyatanya tidak sulit untuk kamu gunakan. Kamu hanya perlu membuat akun dari masing-masing tools agar bisa langsung digunakan dan diterapkan untuk bisnis online kamu. 

1. Crello

image-content-3

Buat kamu para pemilik bisnis online yang butuh template lain untuk konten, Crello jadi tools yang tidak kalah keren dengan Canva. Tools ini sangat memanjakan para bisnis onlien yang ingin membuat konten di berbagai paltform.

 

Tidak hanya untuk Instagram, TikTok, membuat header di Youtube, tapi juga design logo, menu, kupon, dan masih banyak lainnya bisa kamu gunakan di Crello. 

2. Trello

image-content-6

Sebagai pemilik bisnis online, kamu pasti menggunakan banyak media sosial untuk memasarkan produk. Agar mempermudah kamu dalam membuat konten kalender, baik TikTok, Youtube, Instagram, atau blog, kamu perlu menggunakan Trello.

 

Caranya kamu perlu membuat board baru, tambahkan list media sosial apa saja yang kamu gunakan dan pastikan masing-masing sosial media memiliki warna list yang berbeda. Kemudian tambahkan card untuk memasukkan judul dari masing-masing media sosial. Agar konten kalian bisa masuk ke kalender, kamu harus memasukkan tanggal posting agar muncul di tampilan kalender, sehingga kamu tidak akan lupa mem-posting konten. 

Baca Juga
Ide Jualan Online Bagi Anak Muda dengan Modal Kecil

3. Tokboard

image-content-9

TikTok jadi aplikasi yang powerful untuk membuat sebuah produk mendadak jadi viral. Agar bisa membuat konten di TikTok, pemilihan lagu menjadi faktor yang paling penting. Biasanya kamu akan bingung, ingin menggunakan lagu siapa untuk konten TikTok kali ini,

 

Lewat Tokboard, kamu bisa memilih lagu mana yang lagi viral di minggu ini lengkap dengan jumlah video yang populer. Semua list lagu di Tokboard akan membuka peluang yang lebih besar agar konten masuk FYP. 

4. Milkshake

image-content-12

Bagi kamu yang masih menggunakan linktree, ada tools lain yang lebih aesthetic dan sering digunakan para selebgram TikTok untuk mempercantik link bio mereka. 

 

Milkshake memiliki template, jenis font, bahkan kamu bisa menambahkan foto di bagian atasnya. Caranya cukup mudah! Kamu hanya perlu download di App Store atau Play Store, kemudian Sign up, pilih bagian Link, dan kamu bisa langsung mendekorasi link bio milikmu. 

5. Display Purposes

image-content-15

Selain konten, pemilihan hashtag juga jadi kendala yang sering dialami oleh para pemilik bisnis online. Lewat Display Purposes, sebuah tools yang berfungsi sebagai hashtag generator, kamu akan mendapatkan list hashtag untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan ke profil. 

 

Kamu yang ingin menaikkan reach Instagram milikmu, kamu bisa memantaunya dengan cara memasukkan nama akun Instagram milikmu dan klik tombol scan. Tapi untuk melihat hasilnya, kamu perlu login terlebih dahulu ya. 

Strategi memasarkan bisnis online

Selain menggunakan beberapa tools di atas, ada beberapa strategi yang perlu kamu lakukan untuk membuat bisnis tidak hanya terkenal, tapi juga laku di pasaran.

1. Gunakan e-commerce sesuai dengan target konsumen

image-content-20

Setiap e-commerce memiliki segmentasi target konsumennya masing-masing. Sehingga sebelum memutuskan untuk membuka toko di e-commerce, kamu perlu tahu siapa target konsumen yang ingin kamu sasar. 

 

Jika terget konsumenmu 100 persen adalah wanita, pemilihan e-commerce Shopee akan lebih cocok. Ini karena Shopee memiliki banyak program yang membuat para wanita betah selalu belanja di sana. Mulai dari program gratis ongkos kirim, Shopeepay Later, hingga berbagai program Shopee Share dan Shopee Affiliate. 

2. Pilih micro influencer di TikTok

image-content-23

Kamu pasti sering melihat banyak konten dengan hashtag racun TikTok yang masuk FYP. Agar produk kamu bisa terkenal hingga menjadi viral, menggunakan jasa micro influencer TikTok akan sangat membantu. 

 

Ada banyak tools yang memudahkan kamu dalam memilih micro influencer di TikTok, seperti Lemon, hingga Partipost yang bisa disesuai dengan budget yang kamu miliki. 

3. Iklan di akun racun TikTok dan Shopee

image-content-26

Shopee dan TikTok memang jadi platform yang paling populer digunakan oleh para bisnis online. Sehingga agar bisa lebih dikenal, kamu bisa melakukan iklan di beberapa akun yang khusus review berbagai produk yang terkenal dari TikTok dan Shopee. 

 

Bisnis online yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dibantu dengan tools serta strategi yang tepat, tentu memiliki peluang besar meraih kesuksesan. Kamu bisa memilih tools mana yang paling kamu butuhkan dan cobalah lakukan beberapa strategi di atas secara bertahap.

 

Baca Juga
Video Pemasaran Online Shop di TikTok, Wajib Coba
Strategi Pemasaran Efektif Bagi Cafe dan Resto Saat PPKM Darurat

Topik Terkait

loading