Tech & Social Media

01 September 2021

Tools Gratis untuk Analisis Digital Marketing yang Dilakukan Kompetitor

Intip rahasia kompetitor dengan mudah!

241 Views

Tools Gratis untuk Analisis Digital Marketing yang Dilakukan Kompetitor

Pandemi membuat kebiasaan masyarakat berubah, tak hanya peduli dengan kesehatan tapi juga cara belanja. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh Bazaarvoice yang menemukan, 49% konsumen global sekarang melakukan belanja secara daring  dibandingkan sebelum pandemi.

 

Perubahan inilah yang akhirnya memaksa para brand untuk bisa meningkatkan strategi digital marketing mereka, tujuannya jelas untuk tetap menarik perhatian para konsumen mereka yang sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. 

 

Berbagai campaign kian gencar dijalankan oleh brand lewat media sosial. Sehingga persaingan untuk menarik perhatian audiens di media sosial tidaklah mudah. Tak heran menganalisis apa yang dilakukan kompetitor jadi hal wajib yang perlu dilakukan dalam proses pembuatan strategi digital marketing. Tujuannya tentu untuk menarik lebih banyak antusias audiens terhadap brand yang kamu ciptakan

 

Jika biasanya brand besar menggunakan tools berbayar untuk analisis apa yang dilakukan kompetitor dalam melakukan digital marketing, kamu bisa mencobanya dengan menggunakan tools gratis terlebih dahulu. 

 

Baca Juga
Tools Gratis yang Buat Bisnis Online Makin Terkenal

1. Vaizle

image-content-1

Tools pertama yang bisa kamu gunakan untuk analisis apa yang dilakukan oleh kompetitor lewat media sosial mereka adalah Vaizle. Bisa dikatakan Vaizle menjadi paket komplit, karena kamu bisa pantau aktivitas kompetitor, cek engagement, dan lihat konten yang paling banyak menghasilkan engagement

 

Tools gratis ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengintip aktivitas kompetitor di Instagram, tapi juga Facebook, Twitter, dan juga Youtube. Menariknya lagi kamu bisa menghitung estimasi ROI yang akan kamu dapatkan saat ingin menggunakan ads dari masing-masing media sosial. 

 

Baca Juga
Guerilla Marketing Strategi Pemasaran yang Buat Viral 

2. Social Blade

image-content-4

Tools selanjutnya yang bisa kamu gunakan agar analisis kompetitor yang kamu lakukan memiliki insight menarik, Social Blade patut kamu coba. Di tools ini kamu bisa lihat engagement rate, Instagram statistic summary, hingga ranking followers yang kamu punya. 

 

Berbeda dengan Vaizle, Social Blade mampu menganalisis dari banyak media sosial. Tidak hanya Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, tapi juga TikTok, hingga Daily Motion. Tools ini juga mampu melihat banyaknya followers fake yang perlu kamu hapus. Jadi akan sangat memudahkan kamu dalam me-maintenance media sosial yang kamu miliki. 

3. IG Blade

image-content-7

Tools selanjutnya yang menarik untuk kamu coba agar bisa proses menganalisis kompetitor jadi menyenangkan, kamu bisa gunakan IG Blade. Tools ini akan memudahkan kamu dalam melihat followers growth, engagement rate, hingga penggunaan hashtag yang sering digunakan kompetitor. 

 

Kamu yang memiliki banyak kompetitor, IG Blade memfasilitasi kamu untuk memonitor lebih dari 5 akun sekaligus. Kamu juga tidak perlu khawatir jika akun kompetitor yang kamu masukkan memiliki limit waktu, karena kamu bisa melihatnya tanpa batas waktu. Menariknya lagi kamu bisa melihat history data dari masing-masing kompetitor yang bisa di convert jadi pdf. 

Kegiatan menganalisis kompetitor agar mendapat insight yang lebih dalam untuk digunakan dalam proses pembuatan strategi digital marketing, akan sangat terbantu dengan ketiga tools di atas. 

 

Saat mengenal kompetitor dengan baik, kamu tidak hanya bisa belajar dari kegagalan dan keberhasilan yang telah mereka lakukan, tapi bisa menciptakan strategi yang lebih baik sehingga menjangkau target audiens lebih luas dan menarik perhatian audiens milik kompetitor. 

 

Selain media sosial, WiFi advertising jadi salah satu alternatif beriklan lewat digital yang bisa brand pilih untuk meningkatkan brand awareness. Tidak hanya mampu menyasar audiens secara demografik, tapi juga psikografis. 

 

Baca Juga
Perbedaan Brand Awareness dan Brand Recognation di Dunia Marketing
Mengulik Strategi Marketing Starbucks yang Berhasil Dicintai Konsumen

Topik Terkait

loading