Meningkatkan Targeting Iklan dengan Teknologi AI
Coba metode baru untuk tingkatkan targeting iklan!
Dalam era digital yang semakin maju, beriklan secara online telah menjadi bagian yang sangat penting dalam strategi pemasaran bagi suatu brand atau perusahaan. Namun, dengan munculnya berbagai platform dan jenis iklan online, semakin sulit bagi brand atau perusahaan untuk mencapai target pasar mereka dengan tepat dan efektif.
Alasan itulah yang menjadikan teknologi AI sebagai solusi yang sangat efektif untuk meningkatkan targeting iklan dan mencapai konsumen dengan cara yang lebih personal dan efisien. Dalam artikel kali ini HIGO akan membahas tentang cara teknologi bekerja dalam targeting iklan.
Teknologi AI dalam dunia marketing
Teknologi AI telah mengubah cara brand atau perusahaan melakukan pemasaran untuk promosi produk mereka. Menggunakan teknologi AI, sebuah brand atau perusahaan dapat mengumpulkan dan menganalisis data secara cepat dan efisien untuk memahami perilaku dan preferensi pelanggan.
Teknologi AI juga memudahkan brand atau perusahaan untuk melakukan targeting iklan yang lebih efektif serta menampilkan iklan yang relevan dan menarik bagi para audiens potensial. AI juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses pemasaran seperti email marketing, SEO, dan manajemen media sosial, yang mana dapat membantu keberhasilan suatu campaign iklan.
Cara teknologi AI meningkatkan tergeting iklan
Teknologi AI dapat membantu meningkatkan targeting iklan dengan memperoleh data yang lebih akurat dan relevan dari calon pelanggan. Oleh karena itulah kamu dapat memilih iklan yang lebih relevan dan menargetkan pelanggan yang benar-benar tertarik pada produk dengan menggunakan AI. Berikut ini adalah cara bagaimana AI dapat membantu kamu!
1. Analisis data pelanggan
Analisis data pelanggan dapat membantu suatu brand atau perusahaan memahami preferensi, kebutuhan, dan perilaku pelanggan mereka. Jika mereka memahami pelanggan dengan lebih baik, maka perusahaan dapat menyesuaikan produk mereka, memperbaiki experience pelanggan, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.
Dengan menggunakan teknologi AI, pengiklan dapat menganalisis data pelanggan untuk memahami perilaku dan preferensi mereka dalam berbelanja. Teknologi ini dapat membantu mengumpulkan data yang relevan, seperti histori pembelian, aktivitas online, dan preferensi lainnya. Sehingga bukan suatu kemustahilan bagi perusahaan untuk memprediksi tren yang akan datang.
2. Pemilihan keyword
Keyword atau kata kunci adalah elemen penting dalam digital campaign suatu iklan. Dalam memilih keyword yang relevan untuk campaign, teknologi AI dapat membantu kamu untuk memilih keyword yang lebih akurat dan lebih efektif dalam menargetkan calon pelanggan.
AI dapat menganalisis data yang tersedia untuk menentukan kata kunci yang paling sering dicari oleh calon pelanggan, dan kemudian menggunakan kata kunci tersebut untuk menampilkan iklan pada hasil pencarian yang relevan.
3. Pengoptimalan iklan
Teknologi AI dapat membantu pengiklan menguji beberapa varian iklan untuk menentukan yang paling efektif, memilih waktu dan lokasi yang tepat untuk menampilkan iklan, dan menyesuaikan iklan dengan perilaku pelanggan yang terus berubah. Selain itu, karena pengumpulan dan analisis data iklan yang lebih cepat, AI dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang kinerja iklan.
Salah satu contoh penggunaan teknologi AI dalam pengoptimalan iklan adalah dengan menggunakan machine learning yang dapat mengenali pola-pola dan tren dari data iklan. Teknologi ini dapat membantu kamu dalam menentukan harga produk, memilih platform tepat hingga waktu yang efektif untuk menayangkan iklan.
4. Personalisasi iklan
Teknologi AI juga dapat membantu kamu membuat iklan yang lebih personal dan relevan bagi setiap pelanggan. Teknologi ini dapat menganalisis data pelanggan sehingga kamu dapat menentukan preferensi dan kebutuhan dari setiap individu. Dengan data tersebut, kamu bisa membuat iklan yang sesuai dengan prefensi pelanggan secara lebih akurat.
Jika melakukan personalisasi iklan, kamu dapat meningkatkan kesempatan konversi dan membuat pelanggan merasa lebih dihargai. Selain itu dengan personifikasi iklan kamu juga dapat mengoptimalkan pengeluaran sehingga tidak ada biaya yang terbuang sia-sia.
Contoh iklan dengan teknologi AI
Contoh iklan dengan teknologi AI adalah iklan yang menggunakan sistem rekomendasi produk berdasarkan perilaku konsumen seperti yang banyak dilakukan oleh e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.
Saat seseorang melakukan pencarian atau berbelanja online, teknologi AI dapat merekomendasikan produk yang relevan dengan preferensi dan perilaku belanja mereka. Misalnya, jika orang tersebut sering mencari dan membeli produk electronic, maka sistem AI dapat merekomendasikan produk electronic lain yang mungkin menarik bagi konsumen tersebut.
Adanya teknologi AI dalam dunia iklan tentu menjadikan iklan yang disebarkan menjadi lebih efektik karena tersampaikan kepada calon konsumen yang tepat. Jika kamu tertarik untuk mengetahui ilmu marketing dan wawasan tentang teknologi lainnya, kamu bisa kunjungi blog.higo.id ya. Semoga bermanfaat!
Baca Juga