Business Tips

12 05 2023

Cara Mudah Mendapat Follower Gratis dan Organik Untuk Online Shop

Buat online shop kamu lebih populer!

186 Views

Cara Mudah Mendapat Follower Gratis dan Organik Untuk Online Shop

Saat ini media sosial menjadi salah satu platform yang dapat kamu gunakan untuk merintis sebuah bisnis online shop. Hal itu lah yang membuat followers pada suatu akun online shop termasuk faktor yang penting untuk menilai seberapa besar atau berhasilnya bisnis tersebut. Sebuah bisnis dapat dikatakan sukses jika memiliki followers organik yang berpotensi untuk menjadi pelanggan setia brand tersebut.

 

Tetapi untuk mendapatkan followers organik secara gratis tidak bisa instan, lho. Kamu perlu mempelajari banyak hal yang dapat memengaruhi followers yang mengikuti akun online shop kamu di media sosial. Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu para pebisnis baru ketahui untuk mendapatkan followers organik secara gratis. 

1. Jangan private akun

undefined

Jika tujuan kamu adalah untuk membuat pelanggan follow akun kamu terlebih dahulu supaya bisa melihat produk maka kamu salah besar. Membuat akun menjadi private bisa mempersulit para calon pelanggan yang hendak melihat produk-produk yang kamu tawarkan. Hasilnya mungkin saja para pelanggan ini beralih ke online shop lain yang memiliki akses lebih mudah dan lebih transparan kepada pelanggan.

 

Selain itu mode private akun dapat membuat online shop kamu lebih sulit untuk berkembang karena para pelanggan akan kesulitan menemukan akun kamu, akhirnya kamu pun akan menjadi sulit untuk memperluas jangkauan bisnis. Jadi pastikan untuk membuat akun kamu tetap mode publik untuk membangun kepercayaan pelanggan ya! Dengan kepercayaan pelanggan, kamu akan lebih mudah mendapat followers.

2. Lengkapi bio dan siapkan profile

undefined

Langkah selanjutnya yang harus kamu ikuti adalah dengan melengkapi bio dan profile sesuai dengan bisnis yang kamu jalani. Pastikan kamu membuat bio yang lengkap dan jelas sehingga pelanggan bisa dengan mudah memahami bisnis yang kamu jalankan. Hal-hal seperti lokasi, jam operasional, dan informasi kontak harus kamu cantumkan untuk membuat bio kamu lebih informatif.

 

Profile yang kamu gunakan juga tidak kalah penting, lho. Pastikan untuk menggunakan foto profile yang menggambarkan bisnis kamu ya. Sebuah profile dengan logo dan warna yang merepresentasikan bisnis kamu dapat membantu kamu dalam memperkuat branding. Akun dengan branding yang baik tentu akan lebih mudah untuk diingat pelanggan dan followers, bukan?

3. Gunakan hashtag yang relevan

undefined

Menggunakan hashtag yang relevan dengan bisnis atau produk kamu tentu akan lebih memudahkan para pelanggan untuk menemukan online shop kamu jika mereka sedang mencari suatu topik. Meluasnya jangkauan tentu akan membuat kamu mendapat lebih banyak peluang untuk memperoleh followers baru secara organik.

 

Selain itu bisa saja para pengguna yang mencari topik tersebut menekan tombol like atau menambahkan komentar di postingan online shop kamu, hal ini tentu saja dapat meningkatkan engagement akun kamu bukan? Jadi pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dan terkait dengan produk kamu ya jika ingin mendapat followers lebih banyak.

4. Follow akun terkenal

undefined

Akun terkenal seperti milik selebriti, youtuber, influencer, dan lainnya juga bisa membuat online shop kamu bertambah followers, lho. Jika kamu follow akun tokoh terkenal terutama mereka yang baru saja membuat akun, online shop kamu bisa lebih mudah ternotice oleh para penggemar orang tersebut.

 

Menambahkan komentar di postingan akun besar juga membuat potensi akun online shop kamu dilihat lebih tinggi. Namun ingat untuk tidak menambahkan komentar yang bermuatan negatif atau out of topic ya. Jika kamu melakukan hal tersebut bisa-bisa akun kamu malah dilaporkan oleh pengguna lainnya sebagai spam atau komentar kekerasan.

5. Ikuti tren terbaru

undefined

Ada banyak tren di media sosial yang terus berganti setiap waktu. Jika kamu membuat konten yang mengikuti tren, bisa saja akun kamu akan lebih dikenal dan bertambah followers. Contohnya, jika di TikTok sedang ada tren make up challenge, maka kamu yang memiliki produk make up bisa mengikuti tren tersebut sekaligus mempromosikan produk kamu, jika konten kamu menarik dan dibuat dengan baik, maka bukan suatu kemustahilan audiens penasaran dan mulai follow akun kamu.

 

Namun untuk menerapkan cara ini, kamu perlu melihat keterkaitan tren yang sedang populer dengan produk kamu terlebih dahulu. Jangan sampai mengikuti tren yang asal populer saja padahal tidak relevan dengan produk yang kamu tawarkan ya. Buat lah konten yang dapat relate dengan keseharian banyak orang khususnya mereka yang menjadi target market kamu.

 

Baca Juga

Cara Membaca Analitik TikTok di 2023

5 Strategi Mobile Marketing yang Wajib Dicoba

6. Share postingan ke media sosial lain

undefined

Membagikan postingan dari satu platform ke platform media sosial lainnya juga dapat membantu akun kamu untuk lebih dikenal, lho. Sebagai contoh, jika kamu memposting sebuah konten video di TikTok dan kembali mengungahnya di Intagram reels maka kamu dapat memperluas jangkauan promosi kamu di dua platform dengan satu konten saja.

 

Tetapi kamu juga perlu ingat bahwa setiap media sosial memiliki karakteristiknya tersendiri sehingga kamu harus menyesuaikan konten yang hendak kamu unggah. Konten yang lebih sesuai pada tiap platform akan membuat audiens dan followers menjadi lebih relate sehingga postingan kamu akan lebih disukai.

7. Bangun hubungan dengan followers

undefined

Dalam dunia bisnis, penting bagi brand untuk memiliki hubungan yang baik dengan pelanggannya. Oleh karena itu lah kamu harus berhubungan baik dengan para followers yang mengikuti akun online shop kamu. Jika hubungan kamu dengan para followers baik maka loyalitas mereka akan meningkat dan online shop kamu bisa saja mereka rekomendasikan kepada orang lain.

 

Meskipun tidak bisa dibangun dalam waktu singkat, jika kamu terus berinteraksi dan memegang kepercayaan pelanggan, maka followers kamu tidak akan pergi dan beralih pada online shop lainnya. Cara yang bisa kamu terapkan untuk membangun hubungan dengan followers anatara lain seperti mengadakan giveaway, quiz berhadiah, atau sekedar membalas komentar dan pesan yang masuk.

8. Gunakan foto dan video yang berkualitas

undefined

Foto dan video yang berkualitas tentu saja akan lebih menarik perhatian, selai itu dengan memiliki kualitas yang tinggi, online shop kamu akan terlihat lebih profesional. Pengguna media sosial juga cenderung lebih banyak berinteraksi pada konten dengan kualitas yang tinggi.

 

Bukan hanya kualitas tinggi yang kamu butuhkan, tetapi juga muatan konten yang dapat membedakan online shop kamu dengan yang lain. Buat lah konten yang unik, orisinil, dan berkualitas tinggi sehingga para audiens merasa tertarik dan mulai mencari tau tentang akun kamu lebih banyak lagi.

9. Tulis caption dengan baik

undefined

Sebuah caption bisa menjadi jembatan antara kamu dan para audiens untuk terhubung. Sebuah caption yang baik dapat membuat suatu konten lebih menarik perhatian pengguna sosial media lainnya. Jika untuk akun online shop, maka caption yang baik adalah caption yang informatif tentang suatu produk yang sedang ditawarkan atau campaign yang sedang berjalan.

 

Patikan untuk membuat caption yang jelas dan mudah dipahami oleh audiens sehingga peluang untuk mendapatkan followers baru lebih tinggi. Kamu juga bisa membuat gaya bahasa khas milik brand kamu sendiri supaya caption kamu terlihat berbeda dari para pesaing.

10. Konsisten dalam memposting

undefined

Cara terakhir yang perlu kamu terapkan tentu saja merupakan konsistensi. Tanpa sebuah konsistensi, kamu tidak bisa mempertahankan jumlah followers kamu ataupun mendapatkan followers baru. Pada dasarnya pengguna media sosial di platform mana pun menyukai akun yang dengan konsisten mengunggah sesuatu, entah itu promosi produk atau hanya sekedar menyapa para pelanggan dari story saja.

 

Waktu ketika kamu memposting suatu konten juga penting, lho. Pastikan kamu konsisten memposting konten di waktu saat target market kamu sedang aktif di media sosial tersebut. Contohnya, jika kamu menjual produk skincare dengan target para pekerja kantoran, maka kamu bisa mengunggah konten saat jam pulang kerja karena kemungkinan untuk langsung dilihat akan lebih tinggi.

Jumlah followers telah menjadi sebuah tolak ukur apakah suatu bisnis yang sedang kamu jalani berhasil atau tidak. Meskipun tidak semudah meningkatkan akun media sosial milik pribadi, asalkan kamu tetap tekun dan konsisten dalam mengelolanya, sebuah akun online shop juga bisa mendapatkan banyak followers organik.

 

Namun jangan terlalu berfokus pada followers ya! Kualitas produk dan pelayanan kamu juga harus baik untuk membuat para followers dan pelanggan betah dan tidak berpaling. Selamat mencoba dan semoga bisnis online shop yang kamu jalani bisa memperoleh followers sesuai target!

 

Baca Juga

Pengaruh TikTok Bagi Kesehatan Mental Remaja

Cara Mengoptimalkan Konten Untuk Native Advertising

Topik Terkait

loading