Lifestyle

14 07 2023

Tutorial Membuat Rencana Liburan dengan Notion AI

Mudahin kamu banget nih!

285 Views

Tutorial Membuat Rencana Liburan dengan Notion AI

Liburan tentu jadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Tak hanya bisa melepas penat akibat berbagai kesibukan yang menyita hampir seluruh waktu kamu, tapi tak jarang juga ikut menyeret kesehatan mental kamu karena berbagai deadline dan revisi yang rasanya tak pernah berhenti. Meski liburan akan membuat kamu merasa senang dan fresh kembali, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan selain keuangan yaitu rencana atau itinerary atau rencana perjalanan. 

 

Biasanya untuk membuat itinerary perjalanan dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain memastikan semua yang ingin kamu kunjungi masuk ke dalam list, kamu juga perlu memastikan setiap tempat yang kamu kunjungi bisa terjangkau dengan mudah agar tidak menghabiskan waktu selama liburan. 

 

Agar mempermudah kamu dalam membuat rencana liburan, Notion menghadirkan fitur AI yang mempermudah kamu dalam membuat rencana liburan kurang dari 5 menit. Tapi sebelum kamu menggunakan fitur AI ini, kamu perlu tahu apa itu Notion. 

 

Aplikasi Notion

undefined

Mengutip dari website resminya, Notion adalah aplikasi yang digunakan untuk mempermudah dalam proses perencanaan atau pencatatan. Fiturnya yang sederhana membuat setiap orang bisa menggunakannya secara mudah agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat tercatat dengan rapih. Bahkan bagi kamu yang ingin melakukan projek kerja bersama tim dapat dilakukan dengan mudah di Notion. 

 

Ada 3.500 template yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi apapun project yang ingin kamu lakukan, mulai dari membuat content plan, strategi marketing, brief untuk tim, hingga merencanakan liburan, semua bisa kamu lakukan di Notion. Kehadiran fitur AI begitu mempermudah setiap project yang kamu lakukan, tak terkecuali dalam merencanakan liburan kamu.

 

Tutorial Membuat Rencana Liburan dengan Notion AI

undefined

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat akun terlebih dahulu di Notion. Kamu bisa memasukkan alamat email atau pilih Continue with Google agar langsung terhubung ke akun Google yang kamu miliki. Selain bisa men-download aplikasi Notion di App Store atau Play Store, kamu juga bisa membukanya melalui dekstop lho. Jadi akan sangat mempermudah kamu yang malas untuk donwload aplikasi baru.

 

Pilih Fitur Add a Page

undefined

Selanjutnya kamu bisa mulai dengan menambahkan page baru. Caranya pilih Add a Page dan tulis judul page dengan menambahkan nama lokasi. Agar mempercantik tampilan page, kamu bisa menambahkan emoticon yang dibutuhkan. 

Selanjutnya Pilih Fitur Ask AI

undefined

Fitur ini menjadi kunci mudahnya kamu membuat rencana liburan bersama teman, pasangan, atau bahkan buat kamu yang suka solo traveling. Kamu hanya perlu menuliskan rekomendasi tempat dan secara otomatis Notion AI akan menampilkan semua rekomendasinya. Bagi kamu yang ingin hasilnya lebih detail, kamu bisa menambahkan berapa lama kamu akan liburan. Sehingga Notion AI akan membuatkan rencana dengan detail untuk kamu. 

 

Hasil dari Ask AI di Notion

undefined

Secara instan Notion AI akan memberikan berbagai rekomendasi tempat dengan sangat detail sesuai dengan waktu liburan kamu. Jika kamu ingin mengganti destinasi wisata, kamu cukup melakukan Ask AI lagi. Secara otomatis AI tersebut akan memerikan rekomendasi destinasi wisata lainnya yang menarik. 

Lewat Notion AI, kamu bisa membuat rencana liburan dengan sangat mudah dan cepat. Jadi jangan biarkan waktumu habis untuk membuat rencana perjalanan yang rumit, karena semuanya bisa kamu tanyakan ke AI. Nah, kira-kira selain aplikasi Notion AI ada lagi kah aplikasi serupa yang bisa membantu kamu dalam membuat rencana liburan? Jika ternyata kamu tahu, tulis di kolom komentar. 

Topik Terkait

loading