Business Tips

02 12 2019

Mengenal Data Driven Marketing Bagi Pemasaran

Data driven marketing begitu penting bagi pemasaran!

1.209 Views

Mengenal Data Driven Marketing Bagi Pemasaran
Membuat strategi pemasaran hanya berdasarkan perasaan hasilnya akan sangat sulit meraih kesuksesan. Bahkan, jika kamu merasa membuat sesuatu berdasarkan perasaan dan akhirnya sukses di pasaran, maka dapat dipastikan itu bisa dibilang sebuah keberuntunga. Namun, apakah kamu ingin dibilang kalau kesuksesan yang kamu dapatkan berasal dari keberuntungan? Tentu jawabannya sangat tidak diinginkan.
 
Data driven marketing membuat proses pemasaran jauh lebih jelas, ketimbang mengandalkan perasaan. Data driven marketing adalah proses pemasaran yang melibatkan data sebagai acuan dalam membuat strateginya. Lewat analisis data yang tepat, akan ada banyak insight baru yang bisa dilakukan dalam membuat strategi pemasaran. 
 
Ketimbang langsung melakukan trial and error dan menerka-nerka apakah strategi ini tepat untuk dijalankan, memberikan landasan kepercayaan terhadap data yang telah dianalisa untuk proses strategi pemasaran akan lebih tepat dilakukan. Dikutip dari Survey Any Place, peran data driven marketing bahkan mampu memaksimalkan Return of Invesment (ROI). 

Keuntungan Menggunakan Data Driven Marketing

undefined
Manusia menjadi makhluk yang paling unik karena keberagamannya. Bahkan bagi orang kembar sekalipun, mereka tetap memiliki perbedaan dari segi hobi hingga selera. 
 
Menerapkan data driven marketing memberikan keleluasaan untuk bisa berkomunikasi sesuai dengan kriteria audiens yang sedang dihadapi. Untuk lebih jelasnya, beberapa keuntungan ini bisa didapatkan dari data driven marketing.
 

1. Mengetahui probabilitas audiens menjadi konsumen

undefined
Menyusun strategi pemasaran tanpa adanya data hanya akan menghabiskan banyak anggaran tanpa tujuan yang belum jelas terpenuhi. Data driven marketing membantu kamu mengetahui tingkatan probabilitas audiens yang akan menjadi konsumen dengan kreatif iklan yang akan diberikan. 

Probabilitas ini dapat diproyeksikan dari data kebiasaan belanja setiap audiens, sehingga terbentuklah pola belanja yang disering dilakukan oleh target audiens yang ingin dituju.

2. Ragam media yang digunakan tak lagi jadi masalah

undefined
Agar dapat menjalin komunikasi dengan audiens, marketers membutuhkan media yang bisa digunakan. Media iklan memang begitu banyak dan memiliki karakter masing-masing. Lewat data driven marketing, pemilihan media yang beraneka ragam tak lagi jadi hambatan. 

Lewat data yang dianalisis dengan tepat, kamu bisa menciptakan komunikasi yang paling tepat untuk menjalin komunikasi dengan para audiens dari berbagai media, baik elektronik atau digital.

3. Menentukan budget marketing yang tepat

undefined
Bakar-bakar uang lagi jadi tren di kalangan perusahaan rintisan yang baru dapat suntikan dana, tapi bagi kamu yang memiliki budget pas-pasan, membuat budget marketing yang tetap akan sangat membantu untuk mengenalkan produk ke pasaran. 

Lewat data driven marketing, kamu sebagai marketers akan mengenal dengan sangat baik siapa target audiens yang ingin kamu sasar dan memilih media yang paling cocok, sehingga anggaran yang dikeluarkan bisa tepat dengan kebutuhan kamu.      
Data driven marketing penting untuk diterapkan agar menciptakan pemasaran yang tepat serta memberikan dampak. Untuk memperoleh data yang valid dari audiens yang kamu tuju, ada banyak platform yang bisa kamu gunakan dengan cara melakukan survei. 

HIGO sebagai WiFi advertising platform Indonesia yang juga bisa memberikan layanan survei digital agar kamu sebagai brand mampu mengenal audiens yang kamu tuju dengan sangat baik dan menciptakan strategi pemasaran yang akurat dengan data tersebut.

Topik Terkait

loading