Lifestyle

15 01 2019

Kamu Dikit-Dikit Sering Overthinking?

Overthinking itu bikin lelah, lho!

906 Views

Kamu Dikit-Dikit Sering Overthinking?
Duh besok gimana ya, kalau nggak bisa gimana, kalau susah gimana, dan kalau-kalau lainnya yang bikin hati kamu makin cemas dan ketar-ketir. Pernah kayak gitu saat ngadepin hal baru? Semua orang pasti pernah merasa cemas kayak gitu, tapi kalau frekuensinya udah kelewat sering bahkan hal simple pun bikin kamu cemas itu tandanya kamu udah overthinking. Nah, yang kayak gini perlu dilurusin dan dirubah. Untuk itu 5 tips mudah ini bisa ngebantu kamu biar nggak overthinking lagi.

1. Coba jangan langsung panikan dulu

undefined
Kalau kamu akan menghadapi hal yang penting entah itu ujian, interview kerja, ketemu calon mertua, atau ketemu bos baru coba tenang dulu. Sifat overthinking malah bikin semua yang udah kamu siapin seketika buyar dan buat semuanya nggak berjalan sesuai dengan rencana.

2. Percaya dong sama diri sendiri

undefined
Kalau bukan kamu orang pertama yang percaya sama diri sendiri lalu siapa lagi? Kepercayaan diri itu bisa terpancar lho dari sikap kamu. Saat orang lain melihat kamu percaya diri, mereka juga akan mempercayai kamu.

3. Semua ketakutan itu cuma ada dipikiran kamu

undefined
Percaya deh ketakutan kamu tentang ini dan itu cuma ada di pikiran kamu doang. Overthinking malah bikin kamu lebih cemas dan nggak bisa perfikir secara rasional. Santai sedikit ya, kan belum tahu besok bakal kayak gimana. Daripada overthinking mending biar nggak takut coba positive thinking aja.

4. Coba bayangin hal-hal baik yang bakal kamu dapetin

undefined
Daripada overthinking, mending kamu bayangin hal baik, pengalaman, atau mungkin relasi baru yang bisa kamu dapetin kalau kamu berani mencobanya besok. Kamu nggak pernah tahu lho jalan seperti apa yang bisa nganterin kamu menuju kesuksesankan. Jadi nggak ada salahnya buat dicoba.

5. Overthinking bikin kamu nggak berkembang

undefined
Kamu perlu ingat kalau overthinking itu bikin kamu nggak berkembang. Kamu selalu dibayangi rasa cemas dan takut saat ingin melakukan hal baru dan nggak berani keluar dari zona nyaman. Padahal di luar sana masih banyak lho hal baru yang bisa kamu coba. 
 
Memikirkan kemungkinan buruk yang nantinya bakal terjadi boleh-boleh aja sebagai antisipasi agar kamu bisa mempersiapkannya secara lebih matang. Tapi kalau terlalu worry dan overthinking itu bisa merugikan diri kamu sendiri. 
Kamu nggak perlu terlalu cemas dengan segala hal yang belum tentu jadi kenyataan, jadi santai aja dan nikmatin hari-hari kamu. Nah, buat kamu yang punya usaha kafe atau resto dan suka overthinking tentang pendapat pengunjungmu tentang usahamu mending coba lakuin survei lewat HIGOspot Social WiFi. Yuk, cobain!

Topik Terkait

loading