HIGOes Update

26 10 2023

Indocomtech 2023 Pacu Belanja Produk TI dan SDM Unggul Melek Teknologi

Sudahkah kamu ke Indocomtech?

244 Views

Indocomtech 2023 Pacu Belanja Produk TI dan SDM Unggul Melek Teknologi

Jakarta, 25 Oktober 2023,

Pameran teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, Indocomtech 2023 resmi dibuka oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Rudi D. Muliadi pada hari ini, Rabu 25 Oktober 2023 di Hall 7, ICE BSD, Tangerang.

 

Gelaran ke-29 kalinya yang diselenggarakan atas kolaborasi Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI) dengan Satue Event ini akan digelar selama 5 hari (25-29 Oktober 2023). Mengusung tema “AI’m Existing”, Indocomtech 2023 hadir menjadi bagian dari solusi kesiapan SDM dalam menghadapi tantangan teknologi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang mulai berimpilikasi pada aktivitas keseharian dan bisnis.

 

Terselenggaranya Indocomtech setiap tahun tak terlepas dari animo masyarakat terhadap kebutuhan produk teknologi, informasi dan komunikasi yang terus bergairah dan semakin kompleks. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, skalasi kebutuhan masyarakat terhadap teknologi komputer dan informasi semakin meningkat. Hal ini jelas berimplikasi positif terhadap kinerja Industri Barang dari Logam, Komputer, Barang Elektronik, Optik, dan Peralatan Listrik yang memang mengalami pertumbuhan sebesar 17,32 persen (year-on-year/yoy) sepanjang kuartal II/2023.

 

Sementara berdasarkan laporan GWI, perusahaan riset audiens ternama asal Inggris melalui surveinya pada kuartal tiga 2022 dalam laporannya berjudul “Digital 2023: Indonesia”, tingkat kepemilikan gawai pada masyarakat Indonesia berusia 16-64 tahun naik sebesar 3,5 persen dibandingkan tahun 2021. Dari data tersebut, sebesar 99,4 persen penduduk setidaknya memiliki satu ponsel pintar, 61,7 persen memiliki laptop atau komputer, 19 persen memiliki smart watch atau smart wristband dan 18,2 persen memiliki tablet.

 

Di antara seluruh gawai yang didata, kepemilikan konsol game dan perangkat smart home tercatat sebagai tingkat kepemilikan gawai yang cukup tinggi dengan peningkatan sebesar 18 persen. Pada 2022, sebanyak 17,9 persen penduduk berusia 16-64 tahun Indonesia memiliki konsol game dan 9,5 persen memiliki perangkat smart home.

 

undefined

Ketua Umum Apkomindo Rudy D. Muliadi dalam sambutannya di acara pembukaan hari ini menyampaikan apresiasinya atas perkembangan teknologi di Indonesia. Eksistensi Indocomtech sebagai pameran teknologi informasi terlama dan terbesar di Indonesia, menurut Rudi, tak dipungkiri turut memberikan andil dan kontribusi bagi kesadaran (awareness) masyarakat terhadap kemajuan teknologi. Sebagai trendsetter, Indocomtech terus harus beradaptasi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat pengguna tekologi. Kendati perkembangan perangkat teknologi informasi berkembang cepat, diakui Rudi, kesiapan SDM kita masih menjadi perhatian serius.

 

“Mengakomodir kebutuhan masyarakat akan produk teknologi saja tidak cukup. Melalui Indocomtech, tantangannya sekarang adalah bagaimana kita dapat menyiapkan SDM yang mumpuni untuk dapat mengimbangi kekuatan teknologi dari negara lain sehingga kita tidak hanya menjadi konsumen di negara sendiri, dan turut terlibat dalam perkembangan yang ada.” papar Ketua Umum Apkomindo, Rudy D. Muliadi.

 

Bertempat di area seluas 5.000 m2, Indocomtech kali ini berskala lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah peserta pameran pada Indocomtech 2023 juga mengalami kenaikan sebesar 50%, dari 100 ekshibitor menjadi lebih dari 150 ekshibitor tahun ini.

 

Ratusan ekshibitor dari berbagai kategori, mulai dari IT & Smart Technology yang menawarkan produk teknologi sehari-hari seperti smartphone, laptop dan smart device; Commerce Solution teknologi untuk menunjang kegiatan bisnis; Life Style yang mendukung kegiatan berhobi seperti gaming dan video on demand; hingga Home Appliance siap menampilkan produk teknologi terbaiknya. Beberapa nama di antaranya adalah Epson, Acer, HP, Canon, MSI, Dell, Astrindo, Playstation, Edifier, Nemesis, Sades, Garmin, Bardi, Asus, Amazfit, AOC, Gamemax, Endorax, Aula dan Jabra.

 

Sebagai event yang paling dinanti para pecinta produk teknologi, Indocomtech menghadirkan beragam promo dan penawaran menggiurkan. Di sini para pengunjung bisa mendapatkan beragam produk teknologi dari smartphone hingga laptop dengan harga terjangkau melalui program big deals, clearance sale, lelang hingga treasure hunt. Bagi pengguna Tokopedia juga dapat langsung mengikuti promo transaksi O2O (Online to Offline). Hanya dengan bertransaksi melaui Tokopedia dan pengambilan produk di lokasi pameran, pengunjung bisa menikmati cashback hingga 1 juta rupiah.

 

Baca Juga

Cara UMKM Dapetin 10.000 Follower dalam Waktu 30 Hari

Rekomendasi Cafe Untuk Nongkrong di Daerah Jabodetabek

 

Direktur Utama Satue Event Bambang Setiawan menambahkan, selain bazaar produk tekno dan aneka promo menarik, Indocomtech juga menyuguhkan beragam program dan acara seru.

 

“Indocomtech senantiasa berusaha memberikan pengalaman lebih kepada masyarakat lewat berbagai inspirasi teknologi serta beragam kegiatan edukatif dan menghibur, seperti kontes robot dan fever fest. Dengan melibatkan berbagai komunitas dari komunitas gadget, sekolah hingga pencinta budaya Jepang, kami optimis Indocomtech 2023 dapat mendatangkan sebanyak 80.000 orang pengunjung.” kata Direktur Utama Satue Event, Bambang Setiawan.

 

Salah satu acara yang dapat dinikmati di Indocomtech adalah Fever Fest yang merupakan acara puncak dari beberapa rangkaian event cosplay fever time yang telah diselenggarakan sebelumnya di Jakarta dan Bekasi. Diperkirakan sebanyak 10.000 peserta akan hadir untuk
mengikuti Talkshow, Fighting Game Match. Guest Star Performance serta Cosplay Competition di Fever Fest di Indocomtech.

 

Sebagai sarana edukasi, Indocomtech juga menggelar kegiatan yang dapat mengasah bakat anak melalui Kontes Robot Nusantara atau disebut KRON. Melalui ajang ini, anak SD hingga SMA dari 3 negara yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand akan unjuk bakat dalam robotic competition, coding mission hingga humanoid mission.

 

Ada pula Olimpiade TIK Nasional 2023 yang terselenggara berkat kolaborasi dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sebanyak lebih dari 700 peserta serta 1.500 guru atau pendamping siswa diperkirakan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

 

”Kami berharap Indocomtech 2023 dapat menjadi wadah edukasi khususnya bagi generasi muda sehingga melahirkan SDM unggul dalam memanfaatkan teknologi masa depan.” pungkas Rudy D. Muliadi.

 

---
Indocomtech 2023 dibuka untuk masyarakat umum. Untuk mengikuti segala keseruan yang ada di gelaran pameran, pengunjung dapat membeli tiket mulai dari Rp25.000 untuk tiket online dan mulai dari Rp35.000 untuk tiket onsite. Dengan membeli tiket Indocomtech, masyarakat mendapatkan benefit berupa bisa masuk ke empat event lainnya hanya dengan memperlihatkan cap yang telah didapatkan pada pintu keluar.

 

Selengkapnya dapat dilihat di Instagram https://www.instagram.com/indocomtech/ 

 

Baca Juga

Strategi Somethinc Berhasil Jadi Brand FMCG TikTok

Inovasi dan Teknologi Jadi Aspek Penting Bisnis F&B di 2023

Topik Terkait