Business Tips

19 10 2023

Strategi Somethinc Berhasil Jadi Brand FMCG TikTok

Kira-kira apa rahasianya ya?

813 Views

Strategi Somethinc Berhasil Jadi Brand FMCG TikTok

Beberapa waktu lalu brand makeup dan skincare asal Indonesia, Somethinc mendapat penghargaan Top Brand Kategori FMCG nomor 1 diantara brand ternama lainnya di TikTok Shop. Kira-kira apa ya yang membuat Somethinc membawa pulang penghargaan bergengsi ini?

 

Berdasarkan dari DailySocial, Somethinc mendapatkan pendanaan sebanyak 150 Miliyar dari Sequoia Capital India dan Proses Ventures. Setelah investasi tersebut, Somethinc membuat beauty e-commerce yang diberinama BeautyHaul. 

 

Kesuksesan Somethinc bukan tanpa alasan, brand ini berhasil memahami konsumen Indonesia dan apa yang mereka butuhkan sehingga sukses menarik perhatian banyak orang. Berikut ini adalah strategi yang dilakukan Somethinc hingga berhasil meraih gelar Top 1 Brand FMCG di TikTok Shop.

1. Menjalani Campaign yang Bervariasi

undefined

Somethinc selalu melakukan campaign menarik untuk mempromosikan produk mereka. Salah satu campaign yang mendapat banyak perhatian adalah campaign #RespectMyBody di Valentine's day tahun 2022. Campaign bertema self-love itu dibuat untuk mengajak masyarakat lebih mencintai diri mereka sendiri apa adanya sebelum mulai mencintai orang lain.

 

Produk yang diluncurkan Somethinc pada campaign #RespectMyBody merupakan 4 macam bodycare yang semuanya ditujukan untuk memecahkan permasalahan kulit orang Indonesia. Skin Goals Brightening Body Creme untuk mencerahkan kulit, Bakuchiol R-cover Firming Body Creme untuk menyamarkan stretch mark, Botanical Heritage Oil Serum untuk melembabkan dan memperbaiki tekstur kulit, serta Bust Firming Serum untuk mengencangkan kulit.

2. Flashsale di Live e-commerce

undefined

Biasanya Somethinc melakukan live di TikTok Shop dan Shopee Live sebagai media untuk mempromosikan produk mereka sekaligus berkomunikasi dengan konsumen. Komunikasi dua arah dengan konsumen memang bisa meningkatkan angka penjualan. Hal ini terbukti dari meningkatnya penjualan Somethinc saat live berlangsung karena konsumen dapat berkonsultasi perihal permasalahan kulit mereka dan host live akan memberika solusi dan rekomendasi produknya.

 

Adanya diskon dan potongan harga khusus saat live berlangsung juga menjadi alasan lain mengapa konsumen Somethinc memilih melakukan pembelian meskipun pada awalnya tidak hendak membeli. Sungguh strategi marketing yang menarik bukan?

3. Memilih Brand Ambassador dengan fanbase Global

undefined

Strategi lain yang Somethinc gunakan adalah bekerjasama dengan artis yang sudah populer secara global seperti aktris asal Korea Selatan yang sedang naik daun, Han So Hee. Selain itu Somethinc juga bekerjasama dengan NCT Dream untuk menunjukan bahwa laki-laki juga butuh dan perlu menggunakan skincare.

 

Kerjasama Somethinc bersama dua artis populer tersebut membuat brand ini menjadi pusat perhatian, terutama bagi mereka yang menyukai k-beauty, k-drama, dan k-pop. Somethinc juga membuat bundle produk khusus yang di dalamnya terdapat photocard untuk lebih menarik perhatian konsumen.

4. Melakukan Offline Branding

undefined

Salah satu museum kekinian di Jakarta, MoJa Museum menjadi tempat yang dipilih Somethinc untuk melakukan offline branding beberapa waktu lalu, lho. Lebih tepatnya di area Golf by Moja, Somethinc mengubah area mini golf tersebut menjadi ruang branding cantik dengan unsur modern yang menarik perhatian siapapun yang melewatinya.

 

Uniknya, Somethinc juga menyediakan vending machine untuk pengunjung yang ingin langsung membeli produk mereka. Jika cara membelinya berbeda dari biasanya, tentu hal tersebut juga meningkatkan minat beli konsumen bukan?

5. Mengadakan Event Berskala Besar

undefined

Serum Wonderland adalah event yang dibuat Somethinc untuk memberikan pengalaman memakai skincare secara lengkap kepada pengunjung. Event ini menampilkan 25 varian serum Somethinc yang dibuat untuk mengatasi permasalahan kulit orang Indonesia, jadi para pengunjung juga bisa berkonsultasi tentang masalah kulit mereka dan menemukan serum yang cocok.

 

Somethinc juga memperkenalkan produk baru dan Brand Ambassador baru mereka pada event ini. Penyanyi cantik Indonesia, Syahrini terpilih menjadi Brand Ambassador atas aura percaya dirinya yang kuat dan diharapkan dapat mengispirasi masyarakat Indonesia supaya lebih percaya pada diri sendiri.

Kunci kesuksesan suatu brand adalah strategi marketing mereka yang mampu menarik perhatian audiens. Jika suatu brand menggunakan strategi marketing yang tepat, bukan suatu kemustahilan bagi mereka untuk terus meningkatkan angka penjualan produk.

 

Jika kamu ingin mempromosikan brand yang kamu miliki secara tepat pada target audiens, kamu bisa hubungi HIGO. Sebagai WiFi Advertising Platform dan Integrated Digital Agency. HIGO dapat membantu kamu untuk menemukan strategi marketing yang pas dan sesuai untuk brand kamu.

 

Baca Juga

Inovasi dan Teknologi Jadi Aspek Penting Bisnis F&B di 2023

Cerita The Cocktail Club Masuk Nominasi Asia's 50 Best Bars 2023

Topik Terkait

loading