Cara Evaluasi Bisnis Cafe Menjelang Akhir Tahun
Yuk, evaluasi bisnismu!

Akhir tahun memang jadi waktu yang sibuk bagi pemilik usaha untuk melakukan evaluasi bisnis mereka secara berkala. Kegiatan tahunan ini layaknya buku rapor yang berisi kumpulan hasil dari setiap strategi yang dilakukan dalam satu tahun ke belakang.
Evaluasi bisnis memiliki peran yang penting bagi perkembangan usaha agar mampu meningkatkan kualitas produk serta pelayanan menjadi lebih baik lagi. Sebagai pemilik usaha di bidang F&B seperti cafe atau resto, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan untuk melakukan evaluasi bisnis.
1. Lihat peluang pasar selama setahun

Pandemi tentu membuat segalanya berubah, termasuk keinginan customer dalam berbelanja. Selama satu tahun ke belakang ini, mulailah untuk melihat seberapa besar peluang pasar terhadap permintaan produk yang kamu ciptakan.
Sebagai industri yang bergerak di dunia F&B, kamu bisa evaluasi peluang pasar dengan melihat berapa banyak jumlah pesananan serta menu yang paling banyak dipesan oleh pengunjung.
2. Lihat hubungan dengan para pelanggan

Selama satu tahun ini tentu ada banyak strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian para pengunjung lewat media sosial. Entah itu dengan cara memberikan diskon, paket bundling, paket hemat, hingga berbagai giveaway kreatif lainnya.
Semua cara tersebut digunakan agar cafe atau resto bisa menjangkau semua pelanggan secara lebih dekat. Saat semakin banyak pelanggan yang kembali datang ke cafe atau resto, itu artinya hubunganmu dengan para pelanggansemakin membaik. Kamu juga bisa mengevaluasi strategi pemasaran mana yang paling efektif dalam mendatangkan returning visitor.
Baca Juga
Strategi yang Bisa Dipersiapkan Cafe Saat Varian Omicron Menyerang
3. Seberapa sejahtera para karyawan

Kesejahteraan karyawan akan berbanding lurus dengan kinerja yang dilakukan. Karyawan yang merasa senang dengan lingkungan kerjanya akan memberikan pelayanan yang terbaik dan tulus dari hati mereka dengan perasaan bahagia.
Pelayanan yang ramah akan membuat para pengunjung merasa senang untuk datang dan kembali lagi. Sehingga pada akhirnya bisnis tersebut dapat membangun sebuah brand loyalty dan secara langsung memengaruhi employer brand di mata khalayak ramai.
Manfaat evaluasi bisnis bagi cafe atau resto
Evaluasi bisnis yang dilakukan secara berkala mampu menjadi pondasi yang kuat agar usaha yang dijalankan berumur panjang. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, dimana inovasi dan kreativitas menjadi hal wajib yang perlu dilakukan agar tetap bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas.
1. Mengetahui strategi pemasaran yang efektif

Strategi pemasaran memiliki peran yang penting sebagai blueprint untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Sehingga proses evaluasi yang dilakukan menjadi jalan yang tepat untuk menemukan pola strategi pemasaran yang berhasil untuk dilakukan kembali.
Strategi pemasaran ini akan berhubungan dengan anggaran pemasaran yang perlu cafe keluarkan. Saat sudah mengetahui strategi pemasaran yang tepat, maka anggaran yang dikeluarkan akan jauh lebih efektif dan efisien.
2. Memperkecil risiko kegagalan investasi

Evaluasi bisnis yang dilakukan dengan tepat akan memberikan insight yang mendalam agar cafe atau resto bisa memperkecil risiko kegagalan investasi. Sebagai contoh, di tahun ini ada banyak pengunjung atau customer yang memesan minuman varian kopi dengan persentase mencapai 70, artinya kamu bisa menaikkan persentase tersebut hingga 90 persen dengan membeli alat kopi baru dan membuat varian minuman kopi lainnya.
3. Memahami keinginan para pelanggan

Keuntungan evaluasi bisnis lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah mampu memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan. Saat cafe atau resto memahami apa yang diinginkan oleh para pengunjung atau pelanggannya, mereka akan selalu memperbaiki kualitas produk serta pelayanannya.
Namun, untuk bisa memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan, cafe atau resto memiliki data yang akurat tentang apa yang pengunjungnya rasakan. Tapi sayangnya tidak semua cafe dan resto di Indonesia memilikinya, atau mungkin kamu juga termasuk.
Agar membantu para bisnis cafe atau resto memahami kebiasaan pelanggan mereka, HIGO sebagai WiFi Analytics & Advertising mampu membantu para pemilik cafe atau resto untuk mengenal semua pengunjung secara lebih dekat.
Pemilik cafe atau resto akan mendapatkan insight yang mendalam tentang apa yang dirasakan oleh para pengunjung dan berbagai hal menarik lainnya yang perlu cafe atau resto tingkatkan.
Semua informasi tersebut terangkup dalam satu dashboard yang bisa dibuka kapan saja dan di mana saja secara real-time. Untuk informasi lainnya tentang HIGO, kamu bisa email ke info@higo.id.
Baca Juga
Pahami Keinginan Konsumen dengan Pesonalized Marketing
Cara Jitu Memikat Konsumen Lewat Strategi FOMO Marketing
Cara Meraih Brand Equity Lewat Kepercayaan Konsumen