Tech & Social Media

05 01 2024

Cara Buat Konten Instagram Dalam 5 Menit

Ayo cari tau cara cepatnya!

296 Views

Cara Buat Konten Instagram Dalam 5 Menit

Di era serba digital seperti sekarang ini, media sosial memiliki peran yang penting untuk promosi dan membangun citra seseorang ataupun sebuah brand. Salah satu media sosial dengan banyak pengguna saat ini, Instagram merupakan platform yang seringkali digunakan untuk berpromosi melalui konten-konten yang diunggah melalui akun pribadi ataupun bisnis.

 

Saat ini hampir semua orang dari berbagai kalangan usia memiliki setidaknya satu akun Instagram. Begitu juga untuk brand di Indonesia, entah mereka merupakan brand besar ataupun usaha UMKM, memiliki akun Instagram seperti sesuatu yang wajib dimiliki jika ingin melakukan branding dan lebih dekat dengan konsumen.

 

Supaya kamu dapat membuat konten Instagram yang sesuai dengan image brand untuk menarik audiens, berikut ini adalah beberapa cara dan rekomendasi konten yang bisa kamu terapkan di akun Instagram kamu.

Tips Buat Konten Dengan Mudah

undefined

Sebagai content creator ataupun content writer, penting bagi kamu untuk memahami bagaimana cara membuat konten yang menarik dan mudah untuk dipahami audiens. Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu ketika membuat konten Instagram.

 

1. Tentukan Tujuan Konten

Hal pertama yang perlu kamu tentukan adalah goals dari konten yang hendak kamu buat. Dengan menentukan tujuan yang ingin kamu capai terlebih dahulu, kamu akan lebih mudah ketika membuat konten-kontennya. Biasanya menentukan goals konten juga berkaitan dengan topik konten seperti apakah kamu ingin membuat konten edukasi, entertain, atau hal lainnya.

 

2. Tentukan Visual

Setelah menentukan goals, hal yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah menentukan visual atau looks yang ingin kamu tampilkan pada konten-konten kamu. Pilihlah colorpallete, jenis font, dan elemen lainnya terlebih dahulu agar feed dan tampilan Instagram kamu menjadi lebih rapih. Jangan lupakan image brand atau akun kamu ya supaya visual konten yang ditampilkan masih memiliki brand identitiy kamu.

 

3. Kenali Audiens

Langkah terakhir setelah kamu dapat menentukan goals dan konsep visual yang hendak kamu gunakan untuk akun kamu adalah mengenali audiens. Dengan mengetahui mayoritas gender dan usia audiens kamu akan lebih mudah ketika membuat konten karena kamu dapat menyesuaikan topik bahasan konten kamu dengan ketertarikan audiens.

Rekomendasi Konten Instagram Simple

Untuk kamu yang ingin membuat konten simple dengan waktu yang singkat, berikut ini adalah beberapa rekomendasi topik atau ide konten Instagram yang dapat kamu buat hanya dalam beberapa menit saja.

1. Konten Quote

undefined

Pernah melihat aplikasi seperti Twitter/X atau Thread? Screenshot dari dua aplikasi tersebut sering kali ramai jika dijadikan konten di Instagram, lho. Namun untuk menghargai sesama content writer, tentu kamu tidak bisa screenshot tweet orang lain tanpa mensertakan kredit ya. Meskipun terkesan remeh, tetapi screenshot tweet atau postingan orang lain untuk diposting ulang tetap termasuk mengambil karya orang lain.

 

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa membuat quotes sendiri dan mendesainnya seperti tampilan Twitter/X atau Thread. Mempertahankan mockup postingan Twitter dilakukan karena sebagian audiens lebih tertarik membaca quotes atau screenshot dari aplikasi lain dibandingan quote dengan konsep visual lainnya.

2. Konten Tempat Kerja

undefined

Jika hendak membuat konten simple dalam waktu singkat, tentu kegiatan kamu sehari-hari merupakan konten yang tepat karena kamu pasti mengetahui dan menguasai materi konten tersebut. Ada banyak konten tentang keseharian yang dapat kamu buat, salah satunya adalah konten di tempat kerja.

 

Sebagai pekerja, mungkin waktu yang kamu habiskan di tempat kerja  lebih banyak dibanding waktu yang kamu habiskan di rumah. Oleh karena itu membuat konten di tempat kerja bisa jadi alternatif, jenis konten ini juga cocok untuk kamu yang mengelola akun bisnis supaya audiens kamu mengetahui keseharian pekerja yang bekerja untuk brand kamu.

3. Konten Hobi

undefined

Menjadikan hobi kamu sebagai konten juga bisa dilakukan, lho. Jika audiens kamu memiliki ketertarikan yang sama dengan kamu, maka kamu dijamin bisa membuat konten dengan lebih mudah dan relate pada audiens. Beberapa topik yang bisa kamu jadikan konten antara lain adalah topik seputar buku, film, atau artis idola.

 

Topik tersebut cocok untuk kamu yang ingin membuat konten tanpa talent. Namun jika kamu ingin on-frame, kamu bisa membuat konten dengan berbagai kegiatan yang lebih banyak aktivitas seperti berolahraga, memasak, membuat kerajinan, dan kegiatan menyenangkan lainnya.

4. Konten Up-to-date

undefined

Trending topic silih berganti setiap harinya, oleh karena itu kamu perlu mengetahui info up-to-date mengenai hal-hal yang sedang trending di media sosial. Begitu suatu topik masuk ke dalam trending, kamu bisa langsung membuat kontennya untuk riding the wave dan menarik perhatian netizen yang sedang mencari tau tentang topik tersebut.

 

Untuk mengetahui hal-apa saja yang sedang trending, kamu bisa mencari taunya di beberapa platform seperti Google Trends. Meskipun kamu ingin membuat konten dengan topik yang sedang trending, kamu juga hrus memilih topik mana yang relate dengan akun Instagram kamu, jangan sampai memaksakan konten karena topik tersebut sedang trending ya!

5. Konten Meme

undefined

Salah satu konten yang selalu mendapat respon baik adalah konten meme dengan gambar lucu yang menghibur audiens. Kamu bisa membuat meme dari gambar lucu yang relate dengan akun kamu, atau meme dengan produk brand kamu. Jenis konten ini biasanya mendapat lebih banyak respon jika berhasil relate dengan audiens.

 

Kamu juga bisa mengajak audiens berinteraksi dengan jenis konten simple ini, seperti memposting gambar lucu dengan caption yang meminta audiens untuk memberikan situasi yang tepat atau relate dengan meme tersebut.

Itu dia beberapa tips untuk membuat konten secara singkat di Instagram. Sebagai content creator dan content writer usahakan lah membuat konten yang positif dengan tidak mengandung unsur SARA dan merugikan pihak atau kelompok tertentu. Semangat membuat konten nya ya!

 

Jika kamu memiliki akun bisnis dan tidak memiliki waktu lebih untuk mengelolanya, kamu bisa serahkan pengelolaan akun Instagram kamu pada HIGO! Sebagai integrated digital agency, HIGO bisa membantu kamu mencapai tujuan brand yang kamu miliki dan menyesuaikan konsep akun media sosial yang kamu inginkan.

 

Baca Juga

Tips Viral! 7 Cara Meningkatkan Views Instagram Reels

Trend Restoran yang Wajib Dicoba di 2024

Topik Terkait

loading