Business Tips

19 05 2022

Cara Buat Brand Growing dengan Mental dan Physical Availability

Pastikan kedua aspek ini kamu lakukan!

89 Views

Cara Buat Brand Growing dengan Mental dan Physical Availability

Kesuksesan dari sebuah brand tentu dapat terlihat dari seberapa besar konversi yang didapatkan. Namun, untuk bisa mendapatkan konversi yang diinginkan tentu ada strategi yang perlu untuk dilakukan. 

 

Menurut Byron Sharp, dalam buku How Brands Grow: What Marketers Don't Know menuliskan, ada dua aspek penting yang perlu dijaga brand untuk bisa terus tumbuh. Pertama adalah Physical Availability dan Mental Availability

 

Secara sederhana kedua aspek penting ini adalah tentang bagaimana brand kamu berada diingatan konsumen, serta adanya kemudahan untuk bisa mendapatkannya. Agar lebih memahami kedua aspek penting bagi pertumbuhan brand, berikut penjelasannya untuk kamu.

 

Baca Juga
Mana yang Lebih Penting Dulu, Branding atau Markeing?

Penjelasan Tentang Mental Availability

undefined

Pernahkah kamu di dalam hati ingin menyantap makanan cepat saji lalu tidak sengaja melihat warna kuning dan merah dan dipikiran langsung teringat dengan MCDonald's? Peristiwa ini menandakan bahwa MCDonald's telah berhasil melakukan mental availability dengan baik.

 

Secara sederhana mental availability adalah seperti apa brand kamu dikenal, diingat, mudah dikenali karena memiliki ciri khas, serta memiliki makna tersendiri. Artinya konsumen memiliki kesadaran penuh untuk memilih brand yang kamu ciptakan di situasi pembelian. 

 

Mental availability berbeda dengan brand awareness yang hanya berhenti pada proses pengenalan produk. Mental availability memiliki makna yang jauh lebih luas dengan tujuan untuk menjadikan brand-mu sebagai pertimbangan untuk digunakan atau dibeli.

Penjelasan Tentang Physical Availability

undefined

Aspek penting selanjutnya adalah physical availability. Berbeda dengan mental availability, yang memiliki tujuan untuk menjadikan brand pilihan di antara banyaknya kompetitor. Physical availability artinya ketersediaan brand secara fisik yang berkaitan dengan penyebaran dan ketepatan distribusi produk. Di mana brand atau produk tersebar di banyak tempat, sehingga mudah ditemukan di tempat dan waktu yang tepat. 

 

Physical availability pada akhirnya adalah tentang menghilangkan hambatan di sepanjang perjalanan pembelian. Agar lebih spesifik, ada tiga komponen yang perlu diperhatian. Pertama adalah kehadiran, relevansi, dan keunggulan.

 

Kehadiran adalah tentang di mana brand kamu ditempatkan, baik dari segi saluran maupun pengecer tertentu. Relevansi berbicara tentang menawarkan produk yang ingin dibeli konsumen, biasanya dengan mengoptimalkan berbagai kolaborasi akan lebih besar relevansi yang didapatkan.

 

Selanjutnya keunggulan adalah tentang memastikan bahwa brand kamu mudah ditemukan dalam lingkungan belanja tertentu. Ketika brand kamu memiliki kehadiran, relevansi, dan keunggulan yang luar biasa, kamu dapat yakin bahwa telah mengoptimalkan physical availability.

Physical availability dan mental availability penting untuk mempertahankan eksistensi brand kamu. Keduanya begitu berkaitan untuk membuat brand tetap diingat dan dipilih oleh konsumen di saat yang tepat. 

 

Di artikel berikutnya tentang bisnis, akan ada materi tentang bagaimana membuat mental availability yang tepat. Mulai dari membuat konten yang memorable, seperti apa proses kreatif yang diperlukan, dan hal menarik lainnya. Jadi stay tuned ya!

 

Bagi kamu pemilik brand yang perlu strategi terbaik untuk meningkatkan konversi, WiFi Advertising jadi platform yang tepat untuk dicoba. Dibantu oleh tim profesional di bidang periklanan, brand kamu akan dibantu untuk membuat strategi yang tepat. Hubungi kami melalui email di info@higo.id.

 

Baca Juga
WiFi Advertising: Solusi Journey Iklan Sesuai dengan Kebutuhan Brand
5 Tipe Email Marketing yang Buat Bisnis Dicintai Pelanggan

Topik Terkait

loading