Tech & Social Media

13 06 2022

8 Cara Meningkatkan Kunjungan ke Website dari Instagram

Coba diterapkan bagi bisnismu ya!

62 Views

8 Cara Meningkatkan Kunjungan ke Website dari Instagram

Pengguna Instagram yang terus bertambah, membuat media sosial milik Mark Zuckerberg ini menjadi salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk meningkatkan kunjungan ke website sebuah brand.

 

Tercatat hingga Januari 2022, pengguna aktif Instagram di Indonesia berjumlah 99,1 juta orang dan dapat dipastikan, angka ini akan terus naik hingga akhir 2022. Jumlah pengguna yang terus bertambah, menjadi peluang yang besar bagi setiap brand untuk meningkatkan kunjungan atau traffic ke website. 

 

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Semrush, media sosial jadi salah satu platform yang tepat untuk digunakan dalam meningkatkan SEO secara off-page. Tren algoritma 2022 ini menjelaskan, bahwa brand yang aktif di media sosial akan meningkatkan performanya di mata Google, sehingga mudah ditemukan oleh pengguna internet.

 

Mengutip dari Later, ada 8 cara yang bisa digunakan untuk mendorong kunjungan atau traffic ke website dari Instagram. Berikut beberapa cara yang bisa coba kamu terapkan. 

1. Gunakan link di bio untuk ciptakan profile mini landing page

undefined

Link bio jadi cara pertama yang paling efektif untuk mendorong pengguna Instagram ke website. Fitur link bio ini bisa digunakan oleh semua pengguna, tanpa ada batasan jumlah follower yang dimiliki oleh sebuah akun.

 

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat link bio secara gratis. Jika kamu brand yang memiliki blog untuk mengedukasi para konsumen, menggunakan Later jadi pilihan yang tepat. Tapi, bagi kamu brand online shop yang memiliki banyak akun ecommerce, menggunakan Linktree atau Milkshake bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Gunakan link sticker di Instagram Story

undefined

Instagram Story memiliki fitur yang sangat menarik untuk dicoba, salah satunya adalah sticker link yang dapat mengarahkan setiap pengguna ke website atau situs lain sesuai dengan kebutuhan. 

 

Membuat Instagram Story dengan sticker link menjadi strategi yang diperlu dilakukan, bagi kamu yang memiliki goal untuk meningkatkan jumlah klik dan profile visit ke Instagram milikmu. Cara ini juga akan memudahkan para pengguna Instagram yang memiliki niat untuk membeli produk yang dia lihat di Instagram Story tanpa perlu mencarinya. 

 

Baca Juga
Fitur Terbaru Instagram Bisa Pin Feed dan Reels Lebih Lama

3. Buat highlight dari setiap Instagram Story yang paling banyak di klik

undefined

Instagram Story memang hanya bertahan selama 24 jam, tapi dengan membuat highlight dari setiap Instagram Story yang memiliki klik tinggi, kamu bisa memberi mereka jangkauan yang lebih luas serta visibilitas yang lebih besar.

 

Highlight akan membantu followers untuk menemukan konten yang mereka butuhkan. Biasanya followers yang melihat adalah mereka yang sudah memiliki ketertarikan besar terhadap brand milikmu, sehingga peluang besar untuk menarik mereka ke website akan lebih mudah untuk dilakukan. 

4. Tulis ajakan ke bio dari konten Reels yang dibuat

undefined

Reels jadi konten yang paling efektif untuk menjangkau lebih banyak audiens di Instagram. Algoritma Instagram memang merancang Reels sebagai konten untuk mendatangkan reach yang besar di luar dari followers yang kamu miliki. 

 

Melihat peluang Reels yang begitu besar, tulislah ajakan untuk para audiens yang melihat untuk pergi ke bio di akun profile Intagram milikmu. Sehingga kamu bisa meningkatkan kunjungan ke website dari Reels yang dibuat.

5. Berkolaborasi dengan influencer untuk menggunakan link sticker

undefined

Influencer memiliki audiens yang sudah tersegmentasi dengan jelas. Mereka biasanya akan selalu penasaran dengan rekomendasi yang diberikan oleh para influencer yang diikuti. Tak heran, banyak dari audiens yang merasa keracunan dan akhirnya membeli atau menggunakan produk yang direkomendasikan oleh influencer favorit mereka. 

 

Agar dapat meningkatkan kunjungan atau traffic ke website, kamu bisa berkolaborasi dengan influencer yang memiliki niche yang sama dan minta mereka menggunakan sticker link di Instagram Story. Cara ini akan mengajak lebih banyak followers yang influencer miliki untuk tertarik ke website. 

6. Buatlah Instagram Shop

undefined

Instagram memiliki fitur yang akan memudahkan setiap brand untuk memajang produk yang dimiliki layaknya sebuah etalase toko. Informasi tentang produk bisa dikatakan lengkap, karena audiens bisa melihat jenis barang, nama, harga, juga link yang bisa diarahkan langsung ke website. 

 

Instagram Shop ini menjadi salah satu alternatif yang perlu dilakukan untuk dapat meningkatkan ketertarikan audiens untuk melihat produk yang dimiliki, serta menjangkau lebih banyak audiens yang memiliki ketertarikan dengan niche produk yang sama. 

7. Cobalah menggunakan Instagram Ads

undefined

Cara instan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kunjungan ke website dengan menggunakan Instagram Ads. Kamu bisa membuat iklan di Instagram agar akunmu lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya.

 

Kamu bisa memilih untuk diarahakan ke website dengan budget yang bisa disesuaikan. Mulailah dengan budget yang paling murah untuk iklan yang tayang selama 1 minggu, serta lakukanlah evaluasi setelahnya.

8. Tambahkan tombol untuk melakukan pemesanan

undefined

Menambahkan tombol order di profil menjadi cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kunjunga ke website. Tombol ini akan memudahkan audiens yang tertarik untuk langsung melakukan pemesanan.

 

Tombol ini sangat penting untuk dicoba mengingat setiap orang akan senang jika semuanya dipermudah, termasuk keinginan mereka untuk melakukan pemesanan. Jadi cobalah untuk menambahkan tombol ini di profile Instagram kamu. 

Kedelapan cara ini bisa kamu lakukan untuk dapat meningkatkan kunjungan atau traffic ke website. Memiliki kunjungan website yang tinggi tidak hanya membuka peluang untuk terjadinya konversi, tapi kemudahan website milikmu ditemukan oleh audiens yang menggunakan Google. 

 

Jika kamu membutuhkan strategi lainnya untuk meningkatkan kunjungan ke website, cobalah menggunakan WiFi Advertising. Kamu bisa memilih audiens yang tepat untuk melihat iklan yang kamu miliki, sehingga peluang untuk terjadi konversi jauh lebih besar.

 

Baca Juga
Efek Instagram Story yang Hype di 2022
10 Rekomendasi Lagi Reels yang Buat Video Makin Populer

Topik Terkait

loading