Business Tips

01 07 2022

5 Strategi Brand Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan yang tinggi selalu mendatangkan profit!

63 Views

5 Strategi Brand Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang brand milikmu ciptakan memang jadi salah satu bagian sulit dalam menjalankan bisnis, tapi mempertahankan mereka untuk terus membeli menjadi tantangan yang jauh lebih berat. 

 

Menciptakan loyalitas pengunjung tentu membutuhkan usaha dan waktu yang tidak instan. Hal tersebut sebanding dengan berbagai manfaat yang bisa brand dapatkan saat memiliki loyalitas pengunjung yang tinggi. Agar lebih memahami apa saja manfaat dari tingginya loyalitas pengunjung, beberapa penjelasan berikut ini bisa menjadi insight kamu. 

Kenapa loyalitas pelanggan begitu penting?

undefined

Pandemi memberikan insight betapa pentingnya loyalitas pelanggan untuk membantu bisnis tetap bertahan di masa sulit. Rasa percaya yang sudah tumbuh, membuat mereka selalu memilih produk atau jasa yang kamu ciptakan, meski banyak pesaing baru di luar sana. 

 

Mengutip dari Business New Daily, tak hanya membantu bisnis terus bertahan, ada beberapa alasan lain kenapa brand wajib memiliki loyalitas pelanggan yang tinggi begitu penting.

1. Mendatangkan konversi yang lebih tinggi

undefined

Menurut Paul Farris dalam buku yang berjudul Marketing Metrics menemukan, brand yang memiliki loyalitas pelanggan memiliki rata-rata tingkat konversi sekitar 60% hingga 70%, sedangkan pelanggan baru memiliki tingkat konversi hanya sekitar 5% hingga 20%. Sehingga meski memiliki pelanggan baru penting, namun brand yang telah memiliki loyalitas pelanggan tinggi jauh lebih efektif dalam menghasilkan konversi. 

2. Berbelanja lebih banyak

undefined

Selain memiliki nilai konversi yang lebih besar, loyal customer atau pelanggan setia adalah mereka yang rata-rata belanja lebih banyak ketimbang pembelian pertama yang mereka lakukan.

 

Studi yang dilakukan oleh Bain & Company menemukan kebiasaan yang dilakukan oleh loyal customer dalam melakukan pembelian. Setelah menjadi konsumen setia selama 30 bulan, mereka dapat membeli 67% lebih banyak di setiap pesanan yang dilakukan.

 

Artinya setelah pembelian pertama, loyal customer akan berbelanja dengan jumlah yang jauh lebih banyak. Ini karena mereka sudah percaya dengan brand tersebut, sehingga tidak perlu melirik brand atau produk lain untuk memenuhi kebutuhannya. 

3. Terbentunya pemasaran word-of-mouth

undefined

Tak salah jika pengalaman dikatakan sebagai guru terbaik bagi seluruh aspek kehidupan. Pengalaman baik yang dirasakan konsumen, menjadi kekuatan yang begitu besar dalam strategi pemasaran word-of-mouth.

 

Menurut penelitian, 70% konsumen yang membeli produk adalah mereka yang mendapat rekomendasi dan informasi dari teman, keluarga, atau konsumen lain dari promosi yang dilakukan lewat mulut ke mulut.

 

Baca Juga
Cara Buat Brand Growing dengan Mental dan Physical Availability

Strategi Meningkatkan Loyalitas Pengunjung

undefined

Memiliki loyal customer atau pelanggan setia tidak bisa dimiliki dalam sekejap mata. Perlu upaya yang konsisten untuk mendapatkannya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan loyal customer sebuah brand

1. Pahami konsumenmu dan biarkan mereka mengetahuimu

undefined

Menambahkan loyalitas pelanggan dapat dimulai dengan mengetahui mereka untuk menjalin hubungan yang lebih dekat. Pelajari seperti apa persona yang konsumenmu miliki, serta kebiasaan mereka dalam membeli. 

 

Agar memahami dan dapat menjalin hubungan yang lebih dekat, mulailah dengan memberi pelangganmu ucapan selamat di hari ulang tahunnya melalui email. Pesan yang dipersonalisasikan akan jauh lebih berkesan dan memberikan ruang yang lebih besar untuk brand mudah diingat oleh konsumen. 

2. Membuat loyalty program

undefined

Loyalty program menjadi bentuk apresiasi brand bagi para pelanggannya dengan berbagai keuntungan yang bisa mereka dapatkan, mulai dari promo, diskon spesial, dan berbagai keuntungan menarik lainnya.

 

Loyalty program memungkinkan brand untuk tetap terhubung dengan para konsumennya lewat cara yang menyenangkan. Pemberian insentif yang ditujukkan untuk pelanggan akan membuat mereka merasa lebih spesial dan dihargai.

 

Belajar dari Starbucks yang membuat loyalty program dengan konsep poin. Setiap pembelian di Starbucks, pengunjung akan mendapatkan poin berupa bintang yang nantinya dapat ditukarkan dengan menu gratis.

3. Buat program referral

undefined

Tidak berbeda jauh dengan loyalty program, program referral juga memberikan keuntungan yang menarik bagi para pelanggan serta menjadi strategi yang bagus untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan atau konsumen baru. 

 

Pelanggan dapat memberikan kode referral yang mereka miliki untuk digunakan oleh pelanggan baru. Dimana baik pemberi dan pengguna kode tersebut sama-sama memiliki keuntungan yang biasanya berupa cashback atau diskon. 

4. Tunjukkan nilai dari brand milikmu

undefined

Setiap brand pasti memiliki unique selling point yang dapat ditonjolkan. Unique selling point ini menjadi materi menarik untuk mengedukasi konsumen tentang apa sebenarnya keunggulan yang dimiliki oleh brand. Sehingga mampu menarik perhatian dan mampu menjadi top of mind pengunjung. 

 

Jangan lupa untuk terus melakukan evaluasi agar kamu bisa mengetahui performa dari edukasi yang kamu lakukan ke konsumen, sehingga dapat menemukan strategi terbaik yang terbukti efektif dan efisien.

5. Rutin melakukan feedback

undefined

Agar meningkatkan loyalitas pelanggan, kamu perlu melakukannya terlebih dahulu. Caranya tentu dengan memahami apa yang sebenarnya mereka butuhkan dan penuhi dengan kehadiran produk atau jasa yang kamu ciptakan. 

 

Nerissa Zhang, CEO The Bright App mengungkapkan, memberikan tempat bagi pelanggan untuk menyalurkan pendapat mereka tentang produk yang kamu ciptakan, lalu berikan informasi bahwa kamu mendengar feedback mereka secara langsung dan segera menerapkan solusi untuk memberikan pengalaman yang lebih, menjadi cara terbaik untuk bisa menjalin hubungan yang lebih dekat dengan setiap konsumen.

Sebagai WiFi Advertising dan Analytics platform, HIGO mampu membantu brand dalam menciptakan survei secara digital dengan journey yang lebih menarik. Para pelanggan bisa dengan mudah mengutarakan feedback mereka dengan mudah. Setiap feedback yang diberikan pelanggan bisa kamu lihat secara real-time lewat dashboard

 

Kamu yang tertarik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan cara membuat survei digital atau melakukan email marketing, bisa menghubungi tim profesional kami di info@higo.id.

 

Baca Juga
WiFi Advertising: Solusi Journey Iklan Sesuai dengan Kebutuhan
5 Tipe Email Marketing yang Buat Bisnis Dicintai Pelanggan

Topik Terkait

loading