Tech & Social Media

27 07 2022

5 Ide Carousel untuk Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Ide konten carousel yang wajib dicoba!

112 Views

5 Ide Carousel untuk Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Tantangan terbesar bagi para content creator dalam membuat konten di media sosial adalah seberapa konten tersebut mendapatkan interaksi dari para pengguna Instagram atau dikenal dengan istilah engagement rate. Salah satu tipe konten yang paling efektif untuk meningkatkan engagement rate adalah carousel.

 

Carousel yang terdiri dari beberapa gambar dengan tujuan untuk memberikan edukasi atau sekedar informasi bahwa brand memiliki keunggulan dibanding kompetitor serta berguna untuk meningkatkan kepercayaan audiens.

 

Ada beberapa ide konten carousel yang bisa dibuat untuk meningkatkan engagement rate. Kelima ide ini mampu menjadi tema menarik yang membuat audiens tertarik untuk meninggalkan komentar, memberikan like, atau mungkin membagikannya ke teman-teman di sosial media yang dia miliki. 

1. Berinvestasi dengan brand storytelling

undefined

Carousel jadi tipe konten yang paling tepat untuk menceritakan kisah pribadi atau sejarah dari brand atau produk yang kamu ciptakan. Jika dilakukan dengan baik, cara ini mampu membangkitkan sisi emosional audiens dan buat mereka merasa terhubung dengan brand milikmu. 

 

Kamu bisa buat carousel pertama selaras dengan konsep Instagram yang kamu miliki, kemudian berikan beberapa gambar yang mendukung cerita kamu. Misalnya kamu ingin menceritakan sejarah dari brand yang kamu ciptakan, kamu bisa mulai dari foto tempat pertama kamu menciptakannya, siapa saja tim pertama yang paling berjasa, serta momen-momen berkesan yang pernah terjadi dalam proses menciptakan produk. 

2. Buatlah konten before and after

undefined

Menunjukkan bukti lewat konten before and after jadi materi yang paling disukai oleh audiens. Mereka dapat melihat hasil nyata dari produk yang digunakan dan efeknya akan meningkatkan rasa percaya terhadap brand

 

Brand kecantikan banyak menggunakan tipe carousel ini untuk meningkatkan rasa kepercayaan konsumen. Dimulai dari rasa percaya yang meningkat akan menaikkan keinginan untuk membelinya. Seperti brand kosmetik Mad for Makeup yang menunjukkan kondisi bulu mata sebelum dan sesudah menggunakan produk Growcara dari Mad for Makeup.

 

Baca Juga
8 Cara Meningkatkan Kunjungan ke Website dari Instagram

3. Berikan rekomendasi produk

undefined

Carousel jadi jenis konten yang sangat bagus untuk meningkatkan visibilitas dengan audiens yang dimiliki. Kamu bisa memanfaatkan format ini untuk membuat konten yang memberikan solusi dari setiap permasalahan yang dibutuhkan audiens. 

 

Seperti brand kosmetik lokal, Dear Me Beauty memberikan rekomendasi skincare yang cocok digunakan bagi setiap permasalahan kulit yang dialami audiens. Misalnya untuk memcerahkan kulit kusam kombinasi dari serum vitamin C dan lactic acid (AHA) jadi kombo yang pas untuk diimplementasikan di kulit wajah. 

4. Buat konten review

undefined

Bukan rahasia lagi jika konten review menjadi konten carousel yang begitu menarik untuk dibuat. Tak hanya membangkitkan rasa penasaran audiens, tapi daya tarik yang dimiliki oleh KOL mampu menjadi magnet untuk menarik audiens lebih luas. 

 

Sehingga pemilihan KOL untuk membuat review memiliki peran penting agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh audiens. Namun bagi brand yang belum memiliki budget, jangan bekecil hati. Kamu bisa buat konten review dengan membandingkan produk yang kamu miliki dengan kompetitor dari segi kualitas. 

5. Cobalah buat behind-the-scenes

undefined

Memiliki jumlah followers yang banyak bukanlah jaminan mereka membeli atau menggunakan jasa yang kamu buat. Kamu perlu membuat konten yang mampu membangkitkan rasa penasaran audiens untuk setidaknya ingin mencoba walau hanya sekali.

 

Salah satu brand lokal yang menjual sandwich, Lunch for Husband membuat konten behind-the-scene setiap varian sandwich yang mereka buat. Selalu ada hal menarik yang bisa dilihat oleh audiens, bagaimana ide membuat sandwich bisa muncul hingga proses RnD yang dilakukan. Semuanya membuat audiens begitu tertarik untuk mencobanya.

Kelima ide konten carousel di atas bisa kamu terapkan di content plan bulan depan. Semakin banyak konten carousel yang dibuat, akan sebanding dengan meningkatnya engagement rate jika eksekusi yang dilakukan tepat. 

 

Pastikan kamu mengenal keunggulan produk dan audiens dengan sangat baik, agar dalam proses pembuatan konten kamu bisa memainkan angle cerita yang lebih persuasif. Bagi kamu yang ingin mengenal audiens dengan sangat baik, HIGO mampu menjadi platform yang bisa digunakan untuk membantu kamu mengenal audiens baik dari sisi demografi hingga psikografi. Hubungi kami dan konsultasi dengan tim berpengalaman untuk membantu masalah kamu ke email info@higo.id.

 

Baca Juga
10 Reels Galau yang Lagi Hits di 2022
Metaverse Cipatakan Berbagai Lapangan Kerja Baru Apa Saja?

Topik Terkait

loading