Tech & Social Media

25 03 2022

Metaverse Ciptakan Berbagai Lapangan Pekerjaan Baru, Apa Saja?

Kira-kira ada yang cocok dengan background kamu?

110 Views

Metaverse Ciptakan Berbagai Lapangan Pekerjaan Baru, Apa Saja?

Metaverse atau dunia virtual memang jadi perbincangan yang menarik di kalangan milenial dan generasi Z. Seiring berjalannya waktu, metaverse akan semakin berinovasi sehingga membuka berbagai peluang lapangan kerja baru. Lapangan kerja baru ini tentu akan menjadi hal menarik bagi milenila dan generasi Z yang lekat dengan dunia teknologi. 

 

Lewat Instagram pribadinya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan, akan ada 23 juta lapangan pekerjaan yang akan hilang seiring dengan majunya teknologi. Tapi, kabar baiknya akan muncul 46 juta lapangan kerja baru yang berkaitan dengan artificial intelligence, blockchains, virtual reality, augmented reality, dan berbagai lapangan kerja menarik lainnya. 

 

Mengutip dari beberapa sumber, beberapa jenis pekerjaan baru ini sudah mulai muncul dan dalam proses pengembangan. Kira-kira apa saja jenis pekerjaan baru ini? Berikut rangkumannya untuk kamu. 

1. Metaverse Tour Guide

undefined

Layaknya di dunia nyata, dunia metaverse yang begitu luas ini membutuhkan seseorang yang jadi pemandu. Tujuannya tentu agar avatar yang kamu buat di metaverse tidak kebingungan. Hal ini karena metaverse layaknya dunia nyata yang tidak hanya luas tapi juga memiliki bayak bangunan baru. 

 

Sebagai Metaverse Tour Guide, tentunya wajib memiliki pengetahuan yang dalam di bidang dunia virtual. Mereka juga harus bisa menjawab berbagai pertanyaan yang nantinya diutarakan oleh orang yang menggunakan jasanya. Pengetahuan tentang sejarah akan menjadi nilai tambah bagi seorang Metaverse Tour Guide, karena ada banyak bangunan yang dibuat menyesuaikan dengan bentuk aslinya di dunia nyata.

2. Arsitek Dunia Virtual

undefined

Kecanggihan dunia metaverse tetaplah membutuhkan seseorang yang kreatif untuk membuat design bangunan yang tidak hanya indah, tapi juga menakjubkan. Para Metaverse World Builder ini memiliki peranan penting untuk membuat dunia virtual tampak nyata di mata para avatar yang berkunjung. 

 

Metaverse World Builder akan memiliki nilai lebih saat mereka memahami sejarah dari sebuah tempat atau lokasi. Tujuannya agar mereka bisa menambahkan kesan sejarah di setiap karya yang dibuat, sehingga setiap avatar yang melihat bisa bernostalgia dengan bangunan yang dia lihat. 

3. Metaverse Security Manager

undefined

Maraknya serangan siber dan penipuan, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di dunia virtual. Agar dapat mengantisipasi serangan tersebut, dibutuhkannya seorang Metaverse Security Manager wajib memiliki kemampuan untuk mengantisipasi peretasan avatar, pencurian NFT, penyalahgunaan data biometric maupun fisiologis.

 

Sebagai seorang Metaverse Security Manager, tentu harus memahami tentang keamanan siber, menyusun solusi secara real-time ketika terjadi kendala, serta sigap mengambil tindakan. 

4. Construction Engineers

undefined

Layaknya di dunia nyata, profesi Construction Engineers begitu dibutuhkan untuk menyusun pola dunia di metaverse layaknya dunia nyata dengan design bangunan, seperti apa proses konstruksibangunannya hingga selesai. 

 

Kamu yang tertarik dengan pekerjaan ini, ada beberapa jurusan yang bisa kamu ambil untuk mempersiapkannya, seperti Graphic Designer, Design Komunikasi Visual, hingga 3D Design atau Animation.

5. Fashion Designer

undefined

Tampil modis di setiap kesempatan sudah jadi hal penting dalam kehidupan, termasuk di dunia virtual seperti metaverse. Tak heran profesi Fashion Designer begitu penting untuk merancang busana hingga aksesoris yang bisa digunakan oleh para avatar di dunia virtual. 

 

Layaknya di dunia nyata, kemunculan banyak brand terkenal dunia seperti Balenciaga, Gucci, hingga Louis Vuitton, membuat para avatar membutuhkan ide dari para Fashion Designer untuk memadu-padankan berbagai outfit yang mereka gunakan. 

6. Cyber Security

undefined

Di tengah mudahnya pencurian data dan kejahatan di dunia digital, keberadaan Cyber Security menjadi upaya yang bisa dilakukan untuk mengamankan atau melindungi data dari serangan siber. Profesi Cyber Security khusus untuk metaverse jadi profesi penting yang sangat diperlukan, mengingat semua aktivitas yang dilakukan mengandalkan internet dan terbukanya kesempatan bagi hacker untuk melakukan kejahatan.

7. Research Scientist

undefined

Pekerjaan yang tak kalah penting selanjutnya di metaverse adalah Research Scientist. Seorang Research Scientist memiliki peran untuk menskalakan prototipe menggunakan teknologi algoritma, melakukan rekonstruksi adegan, pemetaan, odometri inersia visual, estimasi keadaan, fusi sensor, dan masih banyak lagi. 

 

Seorang Research Scientist tidak hanya mahir dalam mengalisa, tapi juga memiliki pengetahuan yang mendalam tentang computer vision, computer graphics, dan computational imaging. 

Kecanggihan metaverse atau dunia virtual kedepannya tidak perlu diragukan lagi, mengingat ada banyak jenis pekerjaan baru yang bermunculan. Kamu yang memiliki ketertarikan dengan dunia virtual, bisa mulai mempersiapkan diri untuk mendalami bidang yang kamu inginkan. Sehingga nantinya kamu memiliki kesempatan untuk menjadi bagian terciptanya era dunia baru. 

 

Bagi kamu yang tertarik dengan informasi seputar teknologi, kamu bisa baca berbagai artikel terbaru dari HIGO. Sedangkan bagi kamu para milenial atau gen Z yang sering bekerja dari coffee shop, HIGO telah bekerja sama dengan banyak coffee shop di Indonesia untuk membuat akses internet mereka mudah untuk digunakan. Kunjungi berbagai merchant HIGO di sini

 

Baca Juga
Wajib Tau Ini Perbedaan Virtul Reality dan Augmented Reality
Metaverse: Dunia Virtual yang Jadi Impian Banyak Orang 

Topik Terkait

loading