Tech & Social Media

22 09 2022

10 Podcast Spotify yang Wajib Didengar Saat Usia 20an

Kamu podcast favoritnya apa?

1.367 Views

10 Podcast Spotify yang Wajib Didengar Saat Usia 20an
Kehadiran podcast kian populer di kalangan anak muda. Jauh sebelum pandemi melanda dunia, podcast sudah memiliki penggemar setianya. Menurut survei yang dilakukan oleh Reuters Institute bersama Oxford University pada 2019, lebih dari sepertiga orang di 38 negara mendengarkan podcast. Bahkan anak muda yang berusia di bawah 35 tahun menghabiskan sebagian waktunya untuk mendengarkan podcast. 
 
Popularitas podcast kian meningkat bahkan saat terjadi pandemi di berbagai negara. Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh We Are Social, tercatat mendengarkan podcast menjadi kegiatan yang semakin disenangi untuk mengisi waktu luang atau mendapatkan informasi baru. 
 
Sebagai salah satu platform yang paling sering digunakan untuk mendengarkan podcast, Carl Zuzarte, selaku Head of Studios Spotify memaparkan, Indonesia dinilai memiliki karakter dari setiap konten yang di publish karena mengajak setiap pendengar merasa lebih intim dari setiap obrolan yang dilakukan. 
 
Sebagai penikmat podcast, pasti kamu sudah memiliki salah satu podcast impian. Tapi, sambil menunggu series podcast favorit kamu keluar, kamu bisa coba dengarkan 10 podcast rekomendasi berikut ini.

1. Pengembangan Diri

undefined
Masuk kategori self-help, podcast Pengembangan Diri karya Andreas Bordes ini berhasil menjadi tranding podcast Indonesia dan menduduki jajaran pertama. 
 
Memiliki background sebagai trainer & HR konsultan, Andreas membagikan berbagai infromasi tentang pengembangan diri yang aplikatif bagi milenial. Hingga 26 November 2020, sudah ada 60 konten podcast yang bisa kamu dengarkan di aplikasi Spotify.

2. Titik Balik

undefined
Merasa bahwa hidup yang kamu jalani sekarang begitu sulit dan sering membuat kamu putus asa? Tenang, kamu tidak sendiri merasakan hal tersebut. Lewat podcast Titik Balik, kamu akan merasakan bahwa rasa sulit yang kamu rasakan sekarang bukanlah milikmu seorang diri.
 
Lewat kisah yang menyentuh, kamu akan disadarkan bahwa hidup adalah tentang belajar, berjuang, dan bersabar. Bagi kamu yang sedang membutuhkan semangat, podcast ini bisa membantu kamu untuk tetap bertahan.

3. Insentif

undefined
Insentif jadi podcast yang dibuat oleh tim redaksi Tirto. Jika kamu biasanya melihat berbagai aneka infografik, kali ini Tirto menyuguhkan konten yang sedang menjadi perbincangan di seluruh dunia. 
 
Dibalut dengan bahasa yang ringan dan sedikit gelak tawa, Insentif tetap membahas sebuah kasus dengan sudut pandangan yang luas. Konten-konten yang bisa kamu nikmati mulai dari seputar teknologi, politik, sosial, kesehatan, hingga budaya.
 

4. Felicia Tjiasaka Podcast

undefined
Siapa bilang main saham hanya untuk orang tua? Kali ini Felicia Tjiasaka membuktikan bahwa milenial juga bisa bermain saham tanpa takut kena tipu. Lulusan President University ini memiliki mimpi agar anak muda bisa melek untuk masuk bursa efek, sehingga pasar saham Indonesia tidak dikuasi oleh asing. 
 
 
Lewat podcastnya, Felicia menjabarkan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk bisa bermain saham dan membuat anak muda tertarik untuk mencobanya. 

5. MengAnalisa

undefined
Seorang psikolog sekaligus pendiri Analisa Personality Development Center ini percaya bahwa positive vibes itu bisa menular. Lewat podcast berjudul MengAnalisa, Ana, panggilan akrabnya, senang membantu orang lain menemukan jalan keluar untuk setiap masalahnya. 
 
 
Menyajikan materi yang mendalam tentang masalah yang sering dihadapi banyak orang, mungkin termasuk dengan kamu, Ana menjabarkan berbagai solusi dengan sangat tepat tanpa menyalahkan. Masalah yang biasanya diangkat menjadi topik seperti cara menghadapi kritik agar hidup lebih bahagia, menjaga kesehatan mental, galau menentukan tujuan hidup, dan masih banyak lainnya. 

6. Makna Talks

undefined
Dipandu oleh Iyas Lawrence, Makna Talks jadi rekomendasi podcast yang bisa masuk playlist kamu. Menyajikan berbagai konten yang membahas tentang fakta yang sedang menjadi buah bibir. Setiap topiknya kamu akan diajak untuk berpikir kritis dalam menyikapi berbagai kejadian.


Setiap minggunya, Makna Talks mengundang narasumber profesional yang akan memberikan kamu banyak insight menarik dari berbagai bidang berbeda. Ada Andra Alodita, Nicholine Patricia, Kalulla, Kunto Aji, Sandiaga Uno, Putri Tanjung, dan lainnya.
 
 

7. Dunia Dalam Design

undefined
Berkat kemajuan teknologi dan kemudahan media sosial, setiap orang bisa menyajikan konten dengan visual yang menarik dan di publish ke berbagai platform. Sebagai orang yang tidak memiliki background design, tapi menyukai bidang ini, Dunia Dalam Design memberikan sajian podcast yang menyenangkan untuk didengar. 
 
 
Hingga sekarang sudah ada 30 podcast yang bisa kamu dengar seputar dunia design. Para designer ini akan bercerita bagaimana serunya menjadi designer di perusahaan besar seperti Google dan perusahaan teknologi lainnya. 

8. Data Pods

undefined
Masuk sebagai pekerjaan terseksi di 2020, data scientist sangat dibutuhkan keberadaanya di berbagai perusahaan, khususnya startup. Melihat sumber daya manusia yang terbilang masih kurang di Indonesia, data scientist memiliki prospek pekerjaan yang besar.
 
 
Kamu yang tertarik bermain dengan data, podcast ini menjadi kumpulan para data scientist populer di Indonesia untuk memberikan pengalaman mereka. DataPods akan memberikan sharing tentang data hingga ekosistem seputar data di Indonesia.

9. Mikir Mulu

undefined
Mikir mulu kapan action-nya jadi tagline podcast Mikir Mulu garapan vosFoyer yang berkolaborasi dengan Credens Consulting. 
 
 
Podcast ini membahas tentang masalah yang sering jadi pikiran, tapi berakhir tanpa melakukan apa-apa. Lewat podcast Mikir Mulu, kamu akan menemukan sudut pandang lain agar bisa melakukan hal yang sering jadi pikiran tanpa perlu menundanya.

10. Peace Sea Podcast

undefined
Di tengah kondisi yang sering membuat kamu stres, rehat sejenak dengan hanya memikirkan diri sendiri patut untuk kamu lakukan. Lewat Peace Sea Podcast, kamu akan mendapatkan insight baru seputar meditasi yang dibawakan dengan cara ringan dan sedikit silly.
 
 
Podcast ini akan mengajarkan kamu cara melakukan meditasi yang bisa diaplikasian sendiri di rumah. Bahkan kamu akan belajar untuk mengenal chakra di dalam diri untuk healing, serta proses agar hidup terasa lebih seimbang dan menyenangkan.
10 rekomendasi podcast di Spotify ini bisa kamu ikuti, untuk memberikan kamu berbagai sudut pandang lain tentang banyak hal yang selama ini belum kamu ketahui. Jangan lupa untuk share 10 rekomendasi podcast ini ke orang sekitar kamu, karena hal baik bisa kamu mulai dari sini.
 
 

Topik Terkait

loading