Tech & Social Media

02 09 2022

10 Negara dengan Fasilitas WiFi Gratis Terbaik di Dunia

Kamu pasti senang nih ke sini!

1.323 Views

10 Negara dengan Fasilitas WiFi Gratis Terbaik di  Dunia
Hampir setiap aktivitas yang kita lakukan selalu membutuhkan internet. Tak hanya untuk bekerja atau mengakses hiburan, hampir seluruh sekolah memberlakukan kebijakan school from home yang artinya keberadaan internet semakin penting selama pandemi ini. 
 
Dilansir dari Edubirdie, Indonesia memiliki jumlah pengguna internet sebanyak 175,4 juta jiwa per Januari 2020, dengan rata-rata pemakaian internet selama 7 jam 59 menit. Angka ini diprediksi naik saat pandemi melanda.
 
Melihat masyarakat Indonesia sudah melek digital, keberadaan fasilitas WiFi gratis yang aman di ruang publik begitu penting. Namun nyatanya, fasilitas free wifi atau internet gratis ini masih sulit ditemukan di Indonesia, bahkan di perkotaan sekalipun.
 
Menengok negara maju, selain infrastruktur yang baik, fasilitas internet gratis semakin mudah untuk ditemukan dan digunakan. Sebagai warna negara yang sering kesulitan mendapat akses internet gratis dengan kecepatan yang baik dan aman, kamu pasti akan senang nih saat berkunjung ke sini.
 
Berikut 10 negara yang memilki fasilitas WiFi gratis di ruang publik yang tidak hanya kencang, tapi juga aman untuk digunakan. 

1. Seoul, Korea Selatan

undefined
Dijuluki sebagai kotanya bandwidth dunia, Seoul tidak hanya unggul karena kecepatan internetnya yang begitu kencang, tapi kamu dengan mudah bisa menemukan internet gratis hampir di setiap bangunan.
 
Pemerintah Korea Selatan memang sangat memfokuskan pengembangan infrastruktur yang canggih selama 10 tahun. Faktor inilah yang memabawa Korea Selatan memiliki kecepetan internet yang ngebut. 
 
Setidaknya selain dapat ditemukan di ruang publik, masyarakat Korea Selatan juga bisa menggunakan WiFi gratis di seluruh bus dengan armada mencapai 23 ribu. Selain itu, ibukota Korea Selatan ini sudah memiliki lebih dari 10.000 ribu titik lokasi WiFi gratis yang bisa diakses tanpa perlu registrasi.

2. Singapura

undefined
Negara di Asia Tenggara yang begitu populer dengan teknologi dan pesona pariwisatanya ini juga memiliki fasilitas WiFi gratis yang mudah untuk ditemukan. Sejak 2006 lalu, pemerintah Singapura memanjakan para wisatawan dengan jaringan Wireless@SG yang bisa diakses dilebih dari 2000 lokasi.
 
Agar bisa menikmati fasilitas WiFi gratis ini, wisatawan hanya perlu menyalakan fitus WiFi di smartphone, kemudian pilihlah jaringan Wireless@SG, setelah itu lakukan Sign up untuk melakukan registrasi dengan mencantumkan nama dan nomor telepon. Setelah itu password WiFi akan dikirim ke nomor telepon yang sudah terdaftar melalui SMS. Kamu bisa login menggunakan data yang sudah terdaftar untuk bisa menikmati fasilitas WiFi gratis. 
 
Meski fasilitas WiFi gratis ini bersifat umum, tapi kamu tidak perlu khawatir perihal kecepatan internetnya. Ini karena koneksi dari Wireless@SG ini tetap berkualitas dan nyaman untuk digunakan.

3. Lithuania

undefined
Gimana familiar dengan nama negara ini? Bagi masyarakat Indonesia, Lithuania mungkin jadi negara yang jarang didengar, tapi negara yang masuk ke dalam Uni Eropa ini memiliki fasilitas WiFi publik yang sangat baik. 
 
Mengutip dari Rotten WiFi, Lithuania memiliki kecepatan internet sebesar 15Mbps untuk download dan 14Mbps untuk upload. Negara ini bahkan menggratiskan internet bagi warna negaranya.

4. United Kingdom

undefined
Memiliki mimpi untuk datang ke sini dan mencoba menaiki London Eye? Jika ia, kamu juga perlu tahu nih tidak hanya objek pariwisatanya yang begitu memukau, kamu juga bisa menikmati fasilitas WiFi publik dengan sangat mudah.
 
United Kingdom menawarkan banyak lokasi WiFi gratis yang bisa dinikmati dengan mudah, mulai dari perkotaan, museum, hingga berbagai tempat yang sering dikunjungi para wisatawan. 
 

5. China

undefined
Sebagai negara yang memiliki luas wilayah yang begitu besar, China juga memiliki fasilitas WiFi gratis yang banyak. Berdasarkan data yang dimuat dalam WiFi Map, tercatat ada 62,246 total lokasi WiFi gratis yang tersebar di seluruh China. 
 
Lokasi yang paling banyak memiliki akses WiFi gratis adalah Shanghai, Beijing sebagai ibukota China, dan Guangzhou. Jadi bagi kamu yang ingin berlibur ke China dan mengunjungi ketiga lokasi di atas, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang akses internet di sana. 
 

6. Denmark

undefined
Tidak hanyak memiliki lokasi WiFi yang banyak, Denmark juga memastikan bahwa lokasi WiFi publik tersebut nyaman untuk digunakan karena kecepatannya yang stabil.
 
Menurut survei yang diterbitkan oleh Ooma, Denmark berada diurutan ketujuh sebagai negara yang memiliki kecepetan internet stabil di ruang publik. Tercatat rata-rata kecepatan untuk download-nya berada di angka 10,52Mbps, sedangkan untuk upload-nya berada di angka 6,06Mbps. 

7. Finlandia

undefined
Tidak hanya mendapat predikat sebagai negara yang masyarakatnya bahagia, Finlandia juga memiliki fasilitas WiFi gratis di ruang publik yang banyak dan nyaman untuk digunakan. Tercatat ada 3,094 lokasi WiFi gratis yang tersebar di seluruh Finlandia. 
 
Meski jumlahnya tidak begitu banyak ketimbang negara lain, tapi jika dilihat dari luas wilayah dan jumlah penduduk di negara tersebut, kualitas WiFi gratis di Finlandia sangat nyaman untuk digunakan. 

8. Jerman

undefined
Setidaknya ada 56,067 WiFi publik yang bisa diakses saat kamu berkunjung ke Jerman. Bahkan Berlin, Hamburg, Munich, Cologne, dan Bonn jadi 5 kota di Jerman yang menawarkan WiFi publik yang mudah. 
 
Tidak hanya di sekolah, kampus, museum, cafe, atau pusat perbelanjaan kamu bisa menemukan WiFi gratis, tapi kamu juga bisa menemukannya di bus atau transportasi publik lainnya.

9. Swedia

undefined
Sebagai negara pembuat aplikasi Spotify dan juga Skype, Swedia juga memiliki fasilitas WiFi publik yang begitu nyaman untuk digunakan. Negara ini masuk ke dalam 20 negara yang memiliki akses WiFi publik yang ramah untuk digunakan oleh warga lokal hingga para turis. 
 
Tercatat setidaknya ada 20.457 lokasi WiFi yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke negara yang terkenal dengan sejarah viking-nya ini. 

10. Kanada

undefined
Negara terakhir yang memberikan pengalaman WiFi publik adalah Kanada. Kota yang terkenal dengan sirup maple ini memberikan pengalaman WiFi yang nyaman dan aman untuk digunakan, bahkan oleh turis sekalipun. 
 
Setidaknya ada 57.173 lokasi WiFi gratis yang bisa digunakan dengan kota yang paling banyak berada di Toronto dengan total lokasi yang memiliki WiFi gratis adalah 11.562 lokasi.
Sehingga dapat disimpulkan negara yang memiliki fasilitas WiFi publik yang banyak dan nyaman digunakan mayoritas adalah negara maju dengan infrastruktur yang baik. 
 
Jadi jika Indonesia ingin memiliki fasilitas WiFi publik yang memadai, Indonesia perlu berbenah untuk membangun infrastruktur yang merata, hingga modernisasi menjangkau ke semua daerah di nusantara. 
 

Topik Terkait

loading