Tech & Social Media

13 08 2019

Trik Mudah Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah

Cobain triknya biar internetan anti lambat!

2.170 Views

Trik Mudah Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah
Kondisi internet di rumah yang tidak stabil tentu menjadi masalah yang sangat merepotkan. Karenanya dengan mengetahui trik memperkuat sinyal WiFi di rumah, kamu bisa menyelesaikan masalah ketidak stabilan koneksi internet yang sering terjadi padahal cuaca di luar tidaklah bermasalah.
 
Saat kondisi internet tidak stabil, melihat kondisi cuaca sekarang dan memeriksa apakah penempatan WiFi router sudah benar perlu untuk kamu lakukan. Jika hasilnya kecepatan internet kamu masih belum stabil, beberapa trik ini bisa kamu terapkan.

1. Gunakan aluminium foil

undefined
Meski tidak membuat sinyal kamu menjadi lebih cepat, aluminium foil membantu agar sinyal WiFi yang dihasilkan dari router WiFi bisa lebih stabil dan lancar saat kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya. Pasalnya kecepatan sinyal tetap tergantung pada layanan provider yang kamu gunakan.
 
Keberadaan aluminium foil di sini berfungsi untuk memantulkan sinyal yang sebelumnya terpancar ke belakang atau ke tembok dapat diarahkan ke depan. Untuk itu kamu diharuskan untuk memasang aluminium foil membentuk seperti setengah lingkaran agar sinyal WiFi yang dipancarkan ke belakang dan tembok dapat terpantul ke arah depan.

2. Tidak mendekatkan dengan barang yang mengandung metal

undefined
Metal atau logam adalah benda keras yang sama sekali tidak tembus cahaya dan memiliki kemampuan penghantar listrik yang baik. Saat router WiFi di dekatkan dengan barang elektronik yang mengandung logam atau metal, maka sinyal yang terpancarkan akan terganggu karena benda bermuatan metal atau logam mengeluarkan gelombang elektromagnetik.
 
Di rumah sendiri, ada banyak benda elektronik yang bermuatan metal atau logam yang harus dijauhkan dari router WiFi di antaranya, microwave, rice cooker, televisi, dan masih banyak lainnya.
 

3. Cobalah dengan meletakkan kaleng

undefined
Jika kamu sedikit merasa kesulitan untuk menemukan aluminium foil, menggunakan kaleng bisa menjadi alternatif lainnya. Pasalnya kaleng juga terbuat dari aluminium foil yang mampu memantulkan sinyal dengan sangat baik.
 
Untuk menggunakan kaleng sebagai media untuk membuat sinyal WiFi lebih stabil, ada baiknya gunakanlah kaleng bukan berasal dari minum bersoda. Kamu bisa memilih kaleng lainnya yang ukurannya jauh lebih besar dan tebal setelah itu lakukan seperti aluminium foil di atas.

4. Gunakan tembaga di sekitar

undefined
Jika kamu menggunakan modem colok untuk berselancar di dunia maya, cobalah untuk membentuk lilitan kawat dengan ukuran yang sama dengan diameter modem yang kamu miliki. 
 
Kawat memiliki kemampuan untuk menghantarkan listrik dengan baik yang bisa digunakan untuk membuat sinyal internet yang hasilkan lebih stabil dan lancar untuk digunakan.
 
Bagaimana, tidak terlalu sulit untuk diterapkan ya? Selain mudah kamu juga tidak perlu untuk mengeluarkan uang yang mahal untuk melakukannya. Kamu juga bisa mencoba trik memperkuat sinyal WiFi di rumah ini satu persatu ya.
 

Topik Terkait

loading