Tech & Social Media

03 10 2022

5 Tips Mencari Pasangan Lewat Aplikasi Tinder Bagi Pemula

Wajib banget dicoba ya!

424 Views

5 Tips Mencari Pasangan Lewat Aplikasi Tinder Bagi Pemula

Semakin dewasa kita pasti akan menyadari bahwa lingkungan pertemanan akan terasa lebih sempit. Aktivitas yang padat dan sedikitnya waktu luang menjadi faktor terbesar sulitnya bagi kita bertemu teman baru. Hasilnya populasi jomblo di Indonesia semakin meningkat.

 

Kehadiran aplikasi kencan jadi solusi alternatif yang dipilih kaum single untuk menemukan pasangan. Salah satu aplikasi dating yang populer di dunia dan juga Indonesia adalah Tinder. 

 

Namun sayangnya tidak semua orang beruntung untuk mendapatkan pasangan impian mereka lewat Tinder. Banyak kasus penipuan seperti di film dokumenter The Tinder Swindler membuat banyak orang, khususnya wanita merasa takut untuk bermain aplikasi Tinder. 

 

Namun kamu tidak perlu khawatir! Bagi kamu para pemula yang ingin mencari pasangan atau teman baru lewat aplikasi Tinder, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar tidak mudah terkena kasus penipuan. 

1. Pastikan kamu memilih akun yang terverifikasi

undefined

Tinder jadi salah satu aplikasi kencan online yang populer di dunia. Tercatat pada kuartal I 2022, pengguna Tinder mencapai 10,7 juta di seluruh dunia. Pengguna Tinder yang terus bertambah membuat kamu sebagai pemula harus lebih ektra hati-hati agar tidak mudah tertipu.

 

Lebih selektif dalam memilih akun yang sudah terverifikasi menjadi tips pertama yang perlu kamu lakukan. Akun yang terverifikasi artinya foto yang digunakan di aplikasi Tinder sudah sesuai degan kenyataan. Jadi kamu tidak akan merasa tertipu diawal perkenalan ya. 

2. Pilihlah akun yang mencantumkan bio

undefined

Bio menjadi deskripsi singkat seperti apa kepribadian seseorang yang ingin kamu pilih. Saat kamu melihat akun yang tidak menuliskan apa pun tentang dirinya, sebisa mungkin untuk tidak melakukan swipe right ya. 

 

Tak hanya untuk menghindari penipuan, tapi seseorang yang tidak menunjukkan seperti apa dirinya menjadi tanda bahwa dia kurang percaya diri. Menurut Psychology Today, orang yang percaya diri artinya seseorang tersebut memiliki kemauan untuk bertindak dan melakukan sesuatu dengan cara yang sopan. Sehingga jika dia tidak melakukannya, besar kemungkinan dia tidak memiliki niat yang baik untuk memulai suatu hubungan.

 

Jadi saat first impression dia sudah menunjukkan sosok yang misterius, sebisa mungkin untuk menghindarinya ya agar kamu tidak mudah terjebak dengan seseorang yang memiliki niat kurang baik. 

3. Selektif dalam membaca bio

undefined

Meski tidak sepenuhnya sama, tapi lewat bio kamu bisa menerka seperti apa kepribadian seseorang dan apa yang dia cari lewat aplikasi Tinder. Saat kamu melihat seseorang yang menuliskan bio dengan lengkap, itu artinya dia ingin dilihat menarik oleh lawan jenis dan memiliki niat yang lebih serius untuk mendapatkan pasangan. 

 

Lewat bio kamu juga bisa melihat apakah orang tersebut jujur atau tidak. Hal ini karena ada beberapa kasus penggun Tinder yang tidak jujur dalam menuliskan informasi tentang dirinya. 

 

Tapi kamu tidak perlu khawatir! Kamu bisa mencoba untuk mencari kebenaran dengan mencocokan informasi seperti pendirikan, pekerjaan, deskripsi singkat tentang dirinya, dan juga foto yang dia gunakan. Meski hanya menggunakan insting, tapi kamu pasti bisa menilai apakah informasi yang dia berikan lewat bio benar atau hanya karangan. 

4. Sebisa mungkin dia yang melakukan chat lebih dahulu

undefined

Mengetahui seberapa tertarik dia dengan dirimu setelah match, dapat diliat dari tindakan dia mengirimkan kamu pesan singkat terlebih dahulu. Dia juga tidak merasa sungkan untuk memulai obrolan agar bisa mengenal dirimu secara lebih dekat. 

 

Kamu juga bisa melihat seberapa antusias dia membalas pesan dari kamu. Jika dia hanya membalas setiap pesan dengan jawaban yang singkat, bisa jadi artinya dia kurang tertarik dengan dirimu ya. 

5. Jangan mudah memberikan data diri pribadi

undefined

Pencurian data pribadi kian marak dan meresahkan di Indonesia. Sehingga kamu perlu waspada dan berhati-hati saat dia menanyakan tentang hal yang lebih personal di obrolan pertama. 

 

Pastikan sebelum berpindah ke WhatsApp atau aplikasi chat lainnya, sebisa mungkin kamu sudah merasa nyaman melakukan obrolan dengan dirinya di Tinder. Jadi sebisa mungkin jangan langsung memberikan kontan pribadi di obrolan pertama ya. 

Selain menerapkan beberapa tips di atas, sebagai pemula kamu tidak boleh mudah percaya begitu saja dan wajib membuat batasan. Ada banyak orang yang berakhir galau karena mereka merasa di ghosting karena pasangannya hilang begitu saja tanpa kabar. Jadi kamu perlu siapkan mental dan melakukannya dengan perasaan nothing to lose

 

Selanjutanya jangan mudah baper atau terbawa perasaan saat ada seseorang yang langsung mengajak kamu untuk serius, karena hubungan serius tidak bisa dimulai hanya dari beberapa pesan singkat. Jadi mulailah dari sebuah pertemanan sehingga tercipta komunikasi yang erat terlebih dan akhirnya bisa berlanjut pada hubungan yang lebih serius. Semoga kamu mendapat pasangan impian di aplikasi Tinder, semangat!

 

Baca Juga
Bumble: Aplikasi Kencan Online yang Ramah Bagi Wanita
Tips Cari Jodoh Lewat Dating App, Biar Nggak Asal Match

Topik Terkait

loading