Business Tips

25 03 2024

Stanley: Produknya Terbakar Keuntungan Jadi Naik 4 Kali Lipat

Belajar kualitas produk dari Stanley

58 Views

Stanley: Produknya Terbakar Keuntungan Jadi Naik 4 Kali Lipat

Belum lama ini Stanley mulai dilirik banyak netizen Indonesia berkat videonya yang viral di media sosial. Akun TikTok Danimarielettering meng-upload video yang memperlihatkan mobilnya terbakar, tapi hanya menyisakan satu tumbler dari Stanley dengan kondisi baik meski terkena api.

 

Lewat caption-nya dia menuliskan "Thristy after you catch on fire? @Stanley1913 is like no problem i gotchu #fyp #carfire #accident #stanleycup" Sontak postingan tersebut viral dan berhasil mendapatkan 9.1 juta like dan mendapatkan komen sebanyak 59.9 ribu.


Dari konten viral ini hasilnya berdampak sangat positif bagi produk Stanley yang berujung pada kenaikan pendapatan. Menutip dari Vice, akibat video viral ini keuntungan mereka naik hingga 4 kali lipat dari tahun 2019-2023, dengan total mencapai $676 juta dolar atau sekitar 10 triliun rupiah. 

 

Di dunia marketing, hal yang dialami oleh Stanley dinamakan Accidental Viral Marketing. Sebelum memahami apa saja manfaat dari accidental viral marketing, kamu perlu mengerti apa itu accidental viral marketing.

Accidental Viral Marketing

undefined

Kejadian yang dialami Stanley dinamakan Accidental Viral Marketing. Secara sederhana accidental viral marketing adalah strategi pemasaran yang tidak sengaja atau tidak direncanakan untuk dilakukan, tapi menyebabkan konten atau produk mendapat popularitas yang besar hingga membuatnya viral. 

 

Proses viral ini biasanya terjadi tanpa campur tangan dari pihak brand, karena terjadi secara natural. Meskipun tidak direncanakan, fenomena ini dapat memberikan dampak yang signifikan pada brand awareness dan popularitas suatu produk atau perusahaan.

Manfaat dari Accidental Viral Marketing

undefined

Menjadi jenis marketing yang tidak sengaja terbentuk, tentu rasanya akan sangat beruntung bagi brand yang berhasil meraih kesuksesan dari accidental viral marketing. Lantas selain kepopuleran, apa lagi manfaat dari accidental viral marketing.

1. Meningkatnya kredibilitas dan kepercayaan yang tinggi

undefined

Ada berapa banyak brand yang masih berjuang untuk meningkatkan kredibilitas mereka di mata konsumennya. Tak heran karena untuk mendapatkan kepercayaan konsumen tidaklah mudah. Perlu usaha dan waktu yang tidak sebentar untuk berhasil meraihnya. 

 

Lewat accidental viral marketing, brand secara langsung mendapatkan kepercayaan konsumen tanpa mengeluarkan budget dan tenaga untuk meraihnya. Hal tersebut tentu menjadi idaman banyak brand di luar sana. 

2. Menjadi top of mind konsumen

undefined

Tanpa adanya rasa percaya, tentu untuk berhasil meraih top of mind konsumen menjadi kemustahilan semata. Sehingga setelah brand berhasil meraih kredibitas di bidangnya, tentu brand tersebut akan berhasil menjadi top of mind konsumen.

 

Setelah berhasil menjadi top of mind konsumen, tentu akan timbul hubungan yang lebih emosional antara konsumen dengan brand. Sehingga konsumen tidak akan mudah berpaling ke kompetitor.  

3. Menciptakan interaksi yang tinggi

undefined

Brand yang viral akibat accidental viral marketing tentu menghasilkan tingkat keterlibatan yang tinggi di media sosial. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah like dan komentar yang didapatkan. 

 

Tak heran viralnya konten akan berdampak pada meningkatnya interaksi antara brand dan konsumen. Interaksi ini tentu akan berdampak pada kuatnya hubungan yang terjalin antara konsumen dan brand

Baca Juga
Strategi Somethinc Berhasil Jadi Brand FMCG Terbaik Versi TikTok
Mengulik Alasan Pizza Hut Ganti Nama Jadi Ristorante

4. Brand tidak perlu mengeluarkan biaya besar

undefined

Accidental viral marketing membuat konten menjadi viral tanpa perlu mengeluarkan biaya. Saat konten berhasil viral secara alami, tentu tidak memerlukan biaya yang besar untuk menjangkau target audiens, karena secara otomatis konten tersebut sudah berhasil menarik perhatian audiens. Hal tersebut tentu begitu menguntungkan bagi brand.

5. Meningkatkan penjualan

undefined

Manfaat lain yang paling diidamkan dari accidental viral marketing tentu saja naiknya jumlah konversi. Viralnya konten yang berhubungan dengan brand secara langsung akan membuat audiens yang melihat tertarik untuk mengenal brand secara lebih dalam dan akhirnya membuka peluang yang besar terjadinya peningkatan penjualan. 

Accidental viral marketing memang begitu diinginkan oleh banyak brand. Namun, penting untuk selalu diingat bahwa accidental viral marketing nyatanya tidak mudah untuk direncakan oleh brand dan selalu bersifat tidak terduga. 

 

Jadi pastikan untuk selalu menciptakan produk yang berkualitas dan mampu menjadi solusi bagi setiap permasalahan yang dialami konsumen. Sehingga saat brand kamu berhasil meraih accidental viral marketing, brand kamu dapat menampilkan keunggulannya memunculkan peluang untuk meningkatkan penjualan. 

 

Baca Juga

Strategi dari Mailchimp Buat Program Customer Retention dan Customer Loyalty
Belajar Cara Menangin Hati Gen Z dari Oatside

Topik Terkait

loading