Tech & Social Media

04 07 2024

Rekomendasi Aplikasi Untuk Budgeting Gen Z

Aplikasi keuangan yang harus gen z punya!

61 Views

Rekomendasi Aplikasi Untuk Budgeting Gen Z

Sebagai generasi yang baru terjun ke dunia kerja, pasti banyak dari gen z yang masih kesulitan mengatur keuangan mereka. Gaya hidup yang konsumtif serta kecenderungan untuk mencoba banyak hal membuat gen z sering kali menghabiskan uang yang mereka dapatkan dengan mudah.

 

Bagi kamu yang kesulitan mengatur keuangan namun tetap ingin menabung demi masa depan, ada beberapa cara yang bisa kamu coba nih! Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi budgeting yang bisa membantu kamu mengelola keuangan sehari-hari supaya tetap on budget dan terstruktur.

1. Monefy

undefined

Aplikasi pertama adalah Monefy yang tersedia di PlayStore dan AppStore. Aplikasi ini punya tampilan yang sederhana namun cukup variatif sehingga pengguna nya bisa dengan mudah memilah pengeluaran mereka. Design aplikasinya juga memudahkan kamu sebagai pengguna baru karena banyak menggunakan gambar sehingga mudah untuk dimengerti.

 

Beberapa kelebihan yang dimiliki Monefy dibandingkan aplikasi kebanyakan adalah adanya mata uang Rupiah sehingga kamu sebagai pengguna bisa lebih akurat dalam mencatat pengeluara. Pembayaran cash dan credit juga bisa dipisahkan, lho bahkan budget kamu juga bisa diteruskan untuk bulan berikutnya, praktis juga ya?

2. Bukuwarung

undefined

Buat kalian yang punya usaha kecil-kecilan juga perlu aplikasi budgeting untuk pantau keuangan. Salah satunya adalah Bukuwarung yang diperuntukan khusus untuk para pelaku UMKM. Dari mulai sisa mengetahui stok barang, mencatat nota, hingga mengatur harga modal dan harga jual bisa di satu aplikasi ini, lho.

 

Untuk pendaftarannya kamu cukup mencantumkan nomor telepon saja karena aplikasi ini juga bisa terhubung ke aplikasi WhatsApp untuk memudahkan kamu untuk menagih biaya tagihan ke pelanggan. Cocok banget kan buat gen z yang lagi mau meniti karir jadi pebisnis?

3. Money+

undefined

Aplikasi budgeting berikutnya adalah Money+ yang punya tampilan lucu. Buat kamu yang suka aplikasi konsep girly dengan banyak icon yang imut, mungkin Money+ ini bisa jadi penyemangat kamu untuk atur pengeluaran harian. Dibanding aplikasi keunganan lainnya memang Money+ didominasi oleh warna pink dan putih dengan banyak pilihan fitur menarik yang cocok untuk perempuan.

 

Salah satu contohnya adalah fitur persentase analisis keuangan yang bisa membantu kamu untuk mengukur dan mengatur penghasilan serta pengeluaran, membantu dalam perencanaan anggaran, serta mengelola tabungan dan investasi supaya tidak melebihi budget.

4. Finansialku

undefined

Jika kamu masih belum bisa membuat anggaran keuangan dengan baik, bisa mencoba aplikasi Finansialku nih! Selain punya fitur mencatat uang, kamu juga bisa membuat anggaran keuangan. Untuk kamu yang sering berinvestasi juga ada fitur Kalkulator Investasi, dimana pengguna bisa memantau kegiatan investasinya dalam berbagai jenis investasi seperti emas, reksa dana, maupun deposito, dll secara real time.

 

Pada dasarnya PT Finansialku merupakan penyedia jasa konsultan keuangan, oleh karena itu dalam aplikasinya juga tersedia fitur konsultasi untuk kamu yang ingin mendapat saran keuangan dari para ahli. Ada juga financial health check up untuk mengetahui seberapa sehat keuangan kamu saat ini.

5. Money Manager

undefined

Aplikasi budgeting terakhir yang cocok dengan gen z adalah Money Manager yang bisa kamu download di PlayStore dan AppStore. Dibandingkan aplikasi budgeting lainnya memang aplikasi satu ini jauh lebih simple dan minimalist. Tidak ada banyak menu dan fitur yang tersedia di aplikasi ini, namun fitur yang ada saja judah cukup untuk mendukung kamu mengatur keuangan sehari-hari.

 

Money Manager juga punya fitur password untuk kamu yang ingin menjaga kerahasiaan informasi finansial kamu. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup pergi ke pengaturan saja dan aktifkan.

Meskipun sulit untuk mengelola keuangan, namun jika kamu bisa mengolahnya dengan baik maka kamu akan merasakan investasi keuangan kamu saat ini di masa depan. Gunakanlah waktu kamu untuk mempelajari manajemen keuangan sedini mungkin ya!

 

Jika kamu tertarik dengan informasi lainnya seputar teknologi, kunjungi Blog HIGO! Di Blog HIGO kamu akan menemukan berbagai informasi terkini terkait teknologi yang dapat membantu kamu menjalani aktifitas harian ataupun berbisnis. 

 

Baca Juga

Rekomendasi Aplikasi AI Voice Generator Untuk Mengubah Suara

Tips Membuat Schedule Posting di Instagram

Topik Terkait

loading