Business Tips

15 11 2022

Pahami Perbedaan Advertising dan Marketing dalam Bisnis

Ternyata keduanya berbeda, lho

34 Views

Pahami Perbedaan Advertising dan Marketing dalam Bisnis

Keberadaan sebuah bisnis nyatanya tidak pernah bisa lepas dari kegiatan advertising dan marketing. Keduanya jadi pondasi yang kuat untuk membuat sebuah bisnis bisa bertahan di hati para konsumen di tengah banyaknya kemunculan bisnis baru. 

 

Meski saling berkaitan, nyatanya keduanya memiliki definisi serta kegiatan yang berbeda-beda. Bagi kamu para pemilik binis seperti online shop atau baru ingin terjun kedua marketing, memahami perbedaan dari advertising dan marketing menjadi penting.

Mengenal Apa Itu Advertising

undefined

Saat kamu berjalan di pusat perbelanjaan dan melihat ada banyak poster bertuliskan diskon up to 50% dari berbagai brand, artinya kamu sedang melihat kegiatan advertising yang dilakukan oleh sebuah brand.

 

Secara sederhana advertising adalah upaya yang dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan, lewat pesan yang persuasif dan dituangkan dalam bentuk poster atau video. Tujuan dari advertising tentunya untuk membujuk setiap orang yang melihat iklan tersebut tertarik untuk membeli atau menggunakan barang. 

 

Baca Juga
Cara Melakukan Brand Positioning Agar Unggul dari Kompetitor

Fungsi dari Advertising

Di sebuah bisnis, advertising memiliki peran penting untuk membedakan bisnismu dengan para kompetitor. Agar lebih memahami fungsi dari advertising berikut penjelasannya untuk kamu. 

1. Mampu meningkatkan jangkauan pelanggan menjadi lebih luas
2. Dapat membangun kesadaran pelanggan agar bisnis lebih dikenal
3. Mampu meningkatkan penjualan dan pendapatan bagi bisnis
4. Menjadi cara untuk menginformasikan tentang produk pada pelanggan

Mengenal Apa Itu Marketing

undefined

Mengutip Hubspot, marketing adalah proses untuk membuat audiens merasa tertarik terhadap sebuah barang atau jasa yang mereka lihat. Namun pasti kamu sependapat bahwa proses membuat audiens atau calon konsumen tertarik tidaklah mudah. Dibutuhkan serangkaian edukasi untuk membuat audiens percaya, sehingga disitulah fungsi dari marketing

 

Selanjutnya mengutip Forty, marketing juga memiliki fungsi untuk membuat brand tetap tinggi di tengah persaingan bisnis yang terus ada. Intinya marketing tidak hanya membuat orang lain memahami produk atau jasa yang ditawarkan, tapi juga mampu meningkatkan penjulan. 

Fungsi dari Marketing

Agar mendapat pemahaman yang lebih jelas tentang fungsi marketing, berikut penjelasannya untuk kamu. 

1. Mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas
2. Melakukan market research untuk melakukan pengembangan produk
3. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen


Selain memiliki tim marketing sendiri, biasanya brand akan bekerjasama dengan agensi untuk membuat strategi marketing yang tidak hanya mengedukasi, tapi juga menarik calon konsumen. 

Perbedaan Advertising dan Marketing

Terlihat sama namun berbeda memang sering menjebak banyak orang untuk memahami esensi dari kegiatan advertising dan marketing. Jika mengutip dari Instagram Garis Temu, untuk membedakan kegiatan advertising dan marketing dengan menganalogikannya pada cerita sirkus. 

 

Jadi akan ada pertunjukkan sirkus di bulan ini dan pihak sirkus membuat poster besar yang bertuliskan "Hadirilah Pertunjukkan Sirkus", kegiatan itu dinamakan advertising. Sedangkan, jika semua aktivitas tadi dibuatkan sebuah strategi dan direncakan secara matang, itu dinamakan marketing

 

Setelah mengetahui perbedaan advertising dan marketing, kamu bisa mulai untuk menerapkannya ke dalam bisnis atau brand yang kamu miliki. Selain memiliki strategi marketing yang jelas, kamu juga perlu memastikan media yang kamu gunakan untuk mendistribusikan semua strategi tersebut. 

 

Selain media sosial, keberadan WiFi Advertising sebagai media untuk mendistribusikan pesan, agar memberikan edukasi kepada pada audiens menjadi pilihan yang menarik. Audiens akan melihat journey iklan yang lengkap tanpa bisa di skip dan diakhiri dengan ajakan untuk membeli barang. Jika kamu ingin informasi yang lebih lengkap tentang WiFi Advertising jangan sungkan untuk menghubungi kami di info@higo.id.

 

Baca Juga
Memahami Gen Z Sebagai Konsumen Terbesar di Dunia F&B
WiFi Advertising: Solusi Journey Iklan Sesuai degan Kebutuhan

Topik Terkait

loading