Business Tips

26 11 2021

Digital Advertising: Cara Efektif Menjangkau Audiens Lebih Luas

Pahami biar tahu mana yang tepat untuk brand kamu

100 Views

Digital Advertising: Cara Efektif Menjangkau Audiens Lebih Luas

Masifnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tentu memberikan perubahan yang besar terhadap kebiasaan masyarakat dalam mencari informasi dan berlanja. Kondisi tersebut memaksa berbagai brand untuk terus beradaptasi dengan berbagai jenis pemasaran yang terus berkembang. 

 

Salah satu konsep pemasaran yang populer dan mampu menjangkau lebih banyak audiens secara masif dan efisien adalah digital advertising. Lewat pemanfaatan internet dan media yang tepat, digital advertising akan memberikan informasi yang lengkap dan akurat sebagai bahan evaluasi dan improvisasi brand dalam membuat campaign.

Penjelasan tentang digital advertising

undefined

Digital advertising adalah proses pemasaran yang menggunakan banyak online channel, seperti website, streaming content, WiFi dan media digital lainnya. Digital advertising yang dilakukan dengan benar akan membantu brand melakukan brand awareness, meningkatkan interaksi dengan audiens, menjadi cara yang efektif untuk menjadikan konsumen yang loyal. 

 

Kenapa digital advertising begitu penting di era sekarang? Tentu hal tersebut tidak lepas dari kebiasaan konsumen yang sering menggunakan internet. Menurut laporan yang dibuat oleh We Are Social, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu untuk internet selama 8 jam 52 menit dalam sehari.

 

Waktu yang lama ini tentu menjadi peluang besar bagi brand agar bisa mengenalkan produk mereka dan menarik perhatian audiens. Sehingga semakin dikenal sebuah brand, semakin mudah audiens mempercayai brand tersebut dan tentunya akan berbanding lurus dengan konversi penjualan yang dihasilkan. 

 

Baca Juga
Mengenal Pentingnya Funnel Marketing Bagi Perkembangan Bisnis

Tipe-tipe digital advertising

Digital advertising memiliki banyak tipe yang bisa dipilih sesuai dengan KPI yang ingin diraih oleh sebuah brand. Ada empat tipe digital advertising yang populer dan menarik untuk coba terapkan.

1. Search Engine Marketing (SEM)

Sebanyak 202,6 juta penduduk Indonesia menggunakan Google sebagai mesin pencari mereka. Jika dibandingan dengan jumlah populasi Indonesia yang mencapai 274,9 juta jiwa artinya sudah  73,7% pendudukan Indonesia menggunakan Google.

 

Artinya menerapkan Search Engine Marketing sebagai starategi pemasaran memiliki peluang yang sangat menjanjikan untuk dilakukan. Berbeda dengan SEO, SEM adalah cara untuk mengoptimisasi website agar berada di peringkat teratas pada hasil pencarian dengan cara beriklan di Google.

2. Display Advertising

Saat melihat website untuk mencari informasi pasti kamu pernah melihat banner iklan dari sebuah brand baik berbentuk gambar atau video yang tiba-tiba muncul. Nah, iklan yang muncul di website itulah yang disebut sebagai display advertising

 

Display advertising memiliki tujuan untuk menggiring setiap audiens yang melihat iklan untuk melakukan klik dan nantinya akan diarahkan ke halaman website. Tujuannya agar audiens yang melihat tertarik melakukan instruksi sesuai dengan iklan yang ditampilkan. Entah untuk melakukan pembelian atau melakukan registrasi.

3. Social media advertising

Selain menggunakan Google sebagai mesin pencari atau melihat review, media sosial juga memiliki peran yang tak kalah penting dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh JakPat pada quartal 1, Youtube jadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan perolehan persentase mencapai 82 persen Disusul Instagram 77 persen dan TikTok 43 persen.

 

Social media advetising memiliki kekuatan untuk membangun brand awareness dan menjangkau lebih banyak audiens dengan berbagai segmen. Lewat strategi yang tepat social media advertising jadi digital advertising yang lebih mudah untuk dilakukan.

4. Audio advertising

Audio advertising yang sedang populer adalah podcast. Podcast jadi media hiburan yang sedang digemari banyak milenial hingga gen z. Tak heran karena podcast memiliki topik yang beragam dengan pembahasan yang lebih mendalam. 

 

Sebagai platform podcast yang memiliki banyak pengguna, Spotify jadi media yang tepat untuk melakukan audio advertising yang efekif untuk dipilih untuk meningkatkan brand awareness. 

5. WiFi advertising

Tipe digital advertising terakhir yang sedang populer untuk digunakan adalah WiFi advertising. Memanfaatkan fasilitas WiFi yang dimiliki oleh setiap lokasi, setiap pengunjung yang akan menggunakan WiFi akan terpapar iklan dari sebuah brand

 

WiFi advertising memiliki keunggulan dengan menargetkan audiens sesuai dengan demografi dan psikografi yang tepat dan akurat. Keunggulan lainnya WiFi advertising dapat memastikan bahwa sebuah iklan benar-benar dilihat oleh manusia bukan bot

 

Sebagai leading WiFi advertising di Indonesia, HIGO mampu membantu setiap brand untuk dapat menjangkau audiens yang jauh lebih luas sesuai dengan persona yang mereka inginkan. Bahkan membantu brand melakukan email marketing agar mengingatkan audiens akan iklan yang tadi dilihat. Agar lebih memahami apa saja keunggulan yang bisa dilakukan oleh WiFi advertising kamu bisa hubungi kami di sini info@higo.id.

 

Baca Juga
Keuntungan WiFi Marketing untuk Bisnis F&B
Mengenal Data Driven Marketing Bagi Pemasaran
Pentingnya Memahami Consumer Behaviour Bagi Bisnis

Topik Terkait

loading