Tech & Social Media

06 03 2022

7 Film yang Masuk Nominasi Academy Awards 2022

Film favorit kamu kira-kira masuk nggak nih?

606 Views

7 Film yang Masuk Nominasi Academy Awards 2022

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan ajang film tahunan ini, nih. Academy Awards atau yang biasa disebut Oscar merupakan ajang penghargaan tertua sekaligus paling bergengsi di industri berfilman dunia. Acara yang sudah digelar berkala ini, memberikan para pemenang dari masing-masing kategori sebuah trofi berlapis emas 24 karat yang biasa disebut piala Oscar.

 

Di tahun 2022, Academy Award rencananya akan diselenggarakan pada hari Senin, 28 Maret mendatang di rumah lama mereka, Dolby Theatre, Distrik Hollywood, Los Angeles, dan untuk pertama kalinya sejak 2018, Academy Awards akan kembali memiliki pembawa acara utama sebagai pemandu di malam puncak.

Sejarah Academy Awards

undefined

Acara ini diselenggarakan oleh The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) atau Akademi Seni dan Pengetahuan Perfilman di Amerika Serikat. Academy Awards pertama kali digelar pada 16 Mei 1929 atau 93 tahun silam di Hollywood Roosevelt Hotel, Los Angeles.

 

Di lansir dari The New York Times, pada acara pertamanya yang dihadiri 270 orang, Academy Awards adalah acara penghargaan yang digelar secara tertutup dan tidak dibuka untuk umum. Pada pegelaran pertamanya juga, Academy Awards hanya berlangsung selama 15 menit saja dengan 12 kategori yang dibacakan.

Asal-usul Sebutan Oscar di Academy Awards

undefined

Sebenarnya ada banyak versi mengenai asal usul nama piala Oscar yang beredar, namun yang paling terkenal adalah versi Margaret Herrick. Diceritakan sebagai penjaga perpustakaan di Academy Awards, saat pertama kali melihat piala tersebut Margaret Herrick beranggapan bahwa figur laki-laki pada piala mirip akan sosok pamannya yang bernama Oscar.

 

Versi lainnya berasal dari Bette Davis seorang aktris asal Amerika, dirinya mengaku bahwa nama Oscar berasal darinya karena ketika Bette Davis melihat bagian belakang piala Oscar, figur tersebut mirip akan sosok suaminya yang bernama Harmon Oscar Nelson.

Rekomendasi Film yang Masuk Nominasi di Academy Awards

Film pertama yang mendapat piala Oscar kategori Best Picture adalah Wings (1927) yang disutradarai oleh William Wellman dengan cerita latar belakang perang dunia pertama. Jika kamu ingin menonton film-film yang masuk nominasi Academy Awards 2022, kamu bisa cek rekomendasinya di bawah ini.

1. The Power of Dog

undefined

Film ini merupakan film yang paling banyak dinominasikan hingga 12 kategori. Rilis pada 11 November 2021 di platform Netflix, The Power of Dog berkisah tentang peternak kaya di Montana bernama Phil Burbank.

 

Phil yang bersifat kejam, memiliki saudara laki-laki yang cenderung sensitif bernama George. Suatu hari Pill dan George bertemu dengan Rose Gordon, seorang janda beranak satu yang akhirnya menikah dengan George.

 

Phil tidak menyukai Rose, karena menurutnya Rose hanya memanfaatkan harta keluarga Burbank, namun lama kelamaan Phil menjadi akrab dengan Peter, anak Rose yang pada awalnya tidak Phil sukai.

2. Encanto

undefined

Animasi garapan Walt Disney Animation Studios ini rilis pada 24 November 2021, film berdurasi 102 menit tersebut berkisah tentang keluarga Madrigal, sebuah keluarga yang memiliki kekuatan ajaib yang unik layaknya sebuah sihir.

 

Tinggal di kota Encanto yang terletak di pegunungan Kolombia, keluarga Madrigal hidup di sebuah rumah yang disebut the Casa Madrigal, sebuah rumah penuh sihir yang dapat bergerak sendiri. Setiap anggota keluarga Madrigal dikaruniai kekuatan ajaib sejak umur mereka 5 tahun, namun Mirabel sang tokoh utama adalah satu-satunya anggota keluarga Madrigal yang tidak memiliki kekuatan apapun.

3. Nightmare Alley

undefined

Merupakan sebuah remake dari film yang sudah rilis sebelumnya di tahun 1947, Nightmare Alley juga merupakan adaptasi dari novel karya William Lindsay Gresham. Berlatar pada tahun 1930-1940 di Amerika Serikat, Stanton Carlisle yang merupakan petugas karnaval ternyata memiliki bakat untuk memanipulasi orang.

 

Dengan genre psychological thriller, film berdurasi 150 menit ini sukses menampilkan kisah Stanton Carlisle dan Dr Lilith Ritter, seorang yang mudah memanipulasi dan seorang psikolog yang bekerjasama untuk melakukan penipuan paling berbahaya kepada seorang pengusaha kaya raya

4. Cruella

undefined

Live-action dari kisah villain ikonik Disney, Cruella de Vil ini rilis pada 28 Mei tahun lalu dengan disutradarai oleh Craig Gillespie. Film ini berfokus pada kehidupan masa lalu sang villain, Cruella yang sebelumnya muncul di film populer 101 Dalmatians.

 

Estella yang bercita-cita menjadi desainer pakaian, harus mengubur mimpinya karena suatu kejadian di masa lalu. Untuk bertahan hidup, Estella melakukan tindakan kriminal bersama dua temannya, Horace dan Jasper, hinngga suatu saat, Estella mendapat kesempatan untuk menjadi desainer seperti cita-citanya sejak kecil, namun semua tidak berjalan lancar hingga suatu fakta tentang masa lalu terungkap yang mengakibatkan lahirnya sisi lain Estella, Cruella, sang villain yang kejam.

5. Drive My Car

undefined

Film dengan genre drama ini rilis pada 20 Agustus 2021 dan menjadi Film Jepang pertama yang dinominasikan untuk kategori Best Picture. Diadaptasi dari kumpulan cerita pendek karya Haruki Murakami yang berjudul Men Without Women, Film ini menyajikan banyak kisah yang berbeda.

 

Tentang Yusuke Kafuku, seorang aktor dan sutradara yang berduka setelah kematian istrinya 2 tahun lalu, akhirnya menerima tawaran untuk menyutradarai produksi teater di Hiroshima. Perjalanan Yusuke ditemani oleh seorang supir perempuan yang pendiam bernama Misaki Watari. Di dalam mobil Saab 900 warna merah tersebut, Yusuke dan Misaki berbagi berbagai kisah tentang masa lalu di hidup mereka.

6. West Side Story

undefined

Diadaptasi dari karya William Shakespeare yang populer, Romeo and Juliet. Film yang rilis desember lalu ini dikemas dengan unsur drama musikal ala Disney yang berkolaborasi dengan 20th Century Studio.

 

Berkisah tentang perselisihan 2 geng remaja dengan ras yang berbeda di New York pada 1957, Jets dan Sharks. Berfokus pada kisah Tony yang merupakan mantan anggota Jets sekaligus sahabat pemimpin Jets dan Maria yang merupakan saudara perempuan pemimpin Sharks. Kamu akan terhanyut dengan perjalanan cinta Tony dan Maria dengan latar belakang yang bertentangan.

7. tick, tick…BOOM!

undefined

Film garapan sutradara Lin-Manuel Miranda ini merupakan film semi biografi pertunjukan musikal dengan judul yang sama. Rilis pada November 2021 pada platform Netflix, film ini menceritakan tentang komposer terkenal Jonathan Larson.

 

Di usianya yang beranjak 30 tahun, kehidupan seorang Jonathan Larson masih tidak menentu. Meskipun bermimpi menjadi komposer teater musikal, nyatanya saat ini Jonathan hanyalah seorang pelayan. Berbagai tekanan diterima Jonathan, mulai dari temannya, Michael yang mendapat pekerjaan dengan gaji tinggi, hingga sang kekasih, Susan yang ingin hidup di New York. Dapatkah Jonathan menggapai mimpinya untuk menjadi komposer teater musikal yang terkenal?

Itu dia beberapa film yang dinominasikan pada Academy Awards 2022 yang akan diselenggarakan Maret mendatang. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi para tim produksi dan jejeran aktor-aktris jika film yang mereka buat dengan kerja keras dapat menjadi nominasi di acara penghargaan paling bergengsi di industri perfilman.

 

Selama bertahun-tahun, ratusan film dengan berbagai genre dinominasikan di Academy Awards, kamu bisa melihat daftar pemenang dan film yang dinominasikan di situs resmi Academy Awards jika tertarik untuk menonton yang lainnya.

 

Baca Juga
5 Film Komedi Netflix yang Bisa Menghibur Saat Sedih
Rekomendasi Film Sedih Buat Kamu yang Butuh Alasan Untuk Nangis

Topik Terkait

loading