Business Tips

04 10 2023

5 Alasan UMKM Harus Paham Tujuan dari Punya Social Media

Memangnya sepenting apa sih?

223 Views

5 Alasan UMKM Harus Paham Tujuan dari Punya Social Media

Beberapa tahun terakhir ini media sosial sudah mengubah banyak hal di dunia, termasuk juga cara brand mengenalkan produk mereka kepada masyarakat. Bagaikan sesuatu yang wajib dimiliki, UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah membutuhkan media sosial lebih dari jenis usaha lainnya untuk mempromosikan brand mereka di masyarakat.

 

Namun, banyak UMKM yang tidak benar-benar mengetahui tujuan dan fungsi dari media sosial itu sendiri. Oleh karena itu bagi kamu yang punya UMKM dan masih awam tentang promosi di media sosial, ayo simak 5 alasan yang harus kamu pahami tentang seberapa pentingnya UMKM untuk memiliki media sosial di era digital.

1. Membangun Brand Awareness

undefined

Salah satu tujuan utama UMKM memiliki media sosial adalah untuk membangun brand awareness dan memperkenalkan brand mereka kepada audiens. DI era modern seperti sekarang, membangun brand awareness menggunakan media sosial bisa lebih efektif karena masyarakat sudah saling terhubung dengan internet sehingga tingkat keberhasilannya juga akan lebih tinggi.

 

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan brand awareness di media sosial. Salah satunya adalah dengan menyajikan konten yang relevan. Bukan hanya dilihat dari segi visual saja, kamu juga perlu memerhatikan isi dan pesan yang ingin kamu sampaikan lewat konten kamu pada audiens. Selain membuat konten kamu juga bisa meningkatkan brand awareness dengan bantuan influencer. Menurut kamu cara mana yang lebih efektif?

2. Sebagai Media Pemasaran dan Promosi

undefined

Kamu bisa membuat campaign pemasaran di media sosial, lho. Media sosial memiliki jangkauan yang sangat besar dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, jadi sebagai UMKM kamu bisa memperluas cakupan pasar tanpa perlu biaya yang besar. Selain itu di media sosial, kamu juga bisa menargetkan iklan berdasarkan jenis audiens yang kamu mau. Jadi bisa lebih sesuai dengan target pasar ya?

 

Setiap platform media sosial juga memiliki tools masing-masing sehingga kamu bisa lebih memantau campaign yang sedang berjalan. Monitoring campaign ini membuat kamu jadi lebih memahami tentang strategi pemasaran mana yang cocok untuk brand dan produk kamu.

3. Berinteraksi dengan Audiens

undefined

Media sosial bisa menjadi saluran komunikasi yang mudah diakses oleh para audiens sehingga kamu bisa menjawab pertanyaan secara instan serta bisa memberikan respon terhadap feedback dan keluhan dengan lebih cepat. Hal tersebut tentunya dapat membuat image brand kamu menjadi lebih baik dan menciptakan pengalaman yang positif bagi konsumen.

 

Supaya kamu dapat berinteraksi dengan audiens secara baik, kamu perlu memerhatikan gaya bahasa yang digunakan. Sesuaikan gaya bahasa yang digunakan dengan image brand dan hindari istilah-istilah yang tidak dimengerti masyarakat umum, selain itu kamu juga perlu memerhatikan topik pembahasan sehingga tidak ada nilai-nilai kebudayaan yang dirugikan.

4. Riset Pasar

undefined

Melalui media sosial, sebagai UMKM kamu dapat mengamati interaksi pelanggan, menganalisis review, dan memonitor percakapan tentang produk atau layanan yang kamu jual. Hal ini memberikan wawasan tentang apa yang diinginkan dan diharapkan oleh mereka yang menjadi konsumen kamu.

 

Dibandingkan riset dengan metode tradisional, riset di media sosial menghabiskan biaya yang jauh lebih rendah karena platform media sosial dapat mengidentifikasi tren, mengukur sentimen pelanggan, dan memahami preferensi audiens dengan lebih baik. Untuk UMKM yang cost nya terbatas, bisa lebih menguntungkan ya?

5. Membangun Komunitas

undefined

Tentu saja UMKM dapat membangun komunitas untuk memperkuat brand mereka. Komunitas bisa memudahkan pelanggan kamu untuk memperoleh informasi, bertukar experience, membagikan review produk, hingga membicarakan hal-hal lainnya seputar brand. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen sekaligus mempromosikan produk-produk yang kamu miliki.

 

Feedback yang diberikan juga bisa kamu lihat secara langsung sehingga kamu bisa memperbaiki dan membuat produk yang sesuai dengan keinginan target pasar kamu. Tindakan ini bisa mempererat hubungan kamu dengan konsumen dan membuat mereka bisa bertahan lama dengan brand kamu, lho.

Saat ini media sosial bukan sekedar alat tambahan untuk UMKM, melainkan sebuah senjata utama untuk kesuksesan UMKM tersebut. Sebagai badan usaha yang memiliki cost sangat terbatas, penting bagi UMKM untuk memahami tujuan adanya media sosial bagi usaha meraka. 

 

Media sosial yang dimanfaatkan secara optimal dapat membantu UMKM untuk memperluas jangkauan sehingga mereka dapat meningkatkan penjualan. Bagi kamu yang memiliki UMKM dan ingin mempromosikan brand kamu secara optimal, kamu bisa menghubungi HIGO sebagai partner untuk mengelola media sosial kamu menjadi media promosi yang lebih baik.

 

Baca Juga

Strategi dari Mailchimp Buat Program Customer Retention dan Customer Loyalty

10 Manfaat Komunitas Bagi Perkembangan Bisnis

Topik Terkait

loading