Business Tips

05 12 2023

5 Kesalahan di Menu Restoran yang Harus Dihindari

Jangan sampai lakukan hal ini!

271 Views

5 Kesalahan di Menu Restoran yang Harus Dihindari

Bagi sebuah usaha f&b salah satu faktor penting yang memengaruhi keputusan beli konsumen adalah menu yang mereka tawarkan. Menu yang dapat menarik perhatian konsumen tentu saja dapat meningkatkan penjualan resto itu sendiri, oleh karena itu menu termasuk salah satu alat pemasaran terpenting bagi sebuah resto atau cafe.

 

Jika kamu memiliki usaha f&b pasti kamu menginginkan yang terbaik untuk usaha kamu bukan? Termasuk menu yang menghadirkan makanan dan minuman yang kamu sajikan. Namun ternyata ada beberapa kesalahan yang bisa terjadi di dalam pembuatan atau penulisan menu, lho.

 

Untuk menghindari menu yang tidak efisien atau menu yang membuat konsumen bingung, berikut ini adalah kesalahan yang biasa terjadi dalam penulisa menu di resto dan cafe untuk kamu hindari.

1. Terlalu banyak pilihan menu

undefined

Kamu tentu saja ingin menuliskan semua menu yang ada di resto atau cafe kamu bukan? Meskipun tujuan kamu untuk memberitau konsumen bahwa resto menyajikan banyak varian makanan, namun ada baiknya jika kamu membatasi list makanan dan minuman yang ada di daftar menu.

 

Sebaiknya batasi menu menjadi paling banyak 100 secara keseluruhan, jika menu terbagi menjadi beberapa bagian, kamu bisa membuatnya menjadi 20-25 menu pada setiap bagian. Terlalu banyak menuliskan menu bisa membuat konsumen menjadi bingung dan sulit mengambil keputusan.

2. Penempatan menu yang membingungkan

undefined

Selain membatasi jumlah menu, kamu juga perlu membagi menu sesuai dengan kategorinya masing-masing. Biasanya kategori yang paling umum adalah Appetizers, Main Course, Sides, dan Desserts, tetapi kamu juga bisa menambahkannya jika memiliki kategori tertentu seperti menu special event atau menu dengan promosi lainnya.

 

Menu yang tersortir dengan baik bisa memudahkan pelanggan ketika hendak memesan, kamu juga bisa mengurutkan menu sesuai dengan urutan makanan disajikan supaya terlihat lebih tertata. Mengkategorikan menu bisa membuat pelanggan menjadi lebih nyaman ketika hendak memesan.

3. Huruf sulit dibaca

undefined

Menggunakan font yang "fancy" memang bisa membuat tampilan menu menjadi lebih cantik dan aesthetic, namun kamu juga harus mementingkan kenyamanan pelanggan saat membacanya. Pilihlah font yang clean dengan ukuran 18-28 untuk nama section, dan ukuran 12-14 untuk menu yang ditampilkan.

 

Jenis-jenis font yang termasuk "clean" antara lain adalah Arial, Helvetica, dan Open Sans. Alasan pemilihan font tersebut untuk menu karena font-font itu dapat mudah dibaca meskipun menggunakan ukuran yang kecil sekalipun. Jadi mulai sekarang cobalah untuk mengganti fancy font yang ada di menu kamu ya.

4. Menu tanpa penjelasan

undefined

Tidak semua pelanggan mengetahui setiap menu yang disajikan dalam daftar, oleh karena itu penting bagi resto dan cafe untuk membuat penjelasan mengenai suatu menu untuk meningkatkan minat beli pelanggan. Biasanya menu-menu signature atau menu dari negara lain tidak familiar bagi sebagian orang Indonesia.

 

Kamu bisa menjelaskan tentang bahan utama nya di menu untuk supaya pelanggan kamu mengetahui apa yang hendak disajikan. Jika resto kamu memiliki program promosi tertentu, kamu juga bisa memberikan spotlight khusus untuk menu dengan harga khusus supaya pelanggan mengetahuinya.

5. Mengikuti resto atau cafe lain

undefined

Industri f&b sudah ada sejak puluhan bahkan ribuan tahun yang lalu, oleh karena itu tidak heran jika banyak resto dan cafe yang terinspirasi akan satu dan lainnya. Ada beberapa cara untuk membuat resto kamu lebih menonjol dari resto lain, yakni memuat sesuatu yang menjadi ciri khas resto kamu sendiri.

 

Buatlah signature menu yang bisa menarik perhatian pelanggan, menu tersebut dapat berupa makanan atau minuman dengan nama yang berhubungan dengan resto kamu. Tempatkan lah di bagian menu yang strategis supaya pelanggan dapat menemukannya dengan mudah.

Selain berfungsi sebagai media promosi bagi sebuah usaha f&b, menu juga berguna sebagai perwakilan atau identitas dari resto itu sendri, oleh karena itu supaya membangun citra yang baik dan profesional untuk resto dan cafe, kamu harus membuat menu yang sesuai dengan identitas usaha f&b kamu.

 

HIGO bisa membantu kamu membuat QR Menu yang efisien untuk memudahkan pelanggan kamu melakukan pemesanan. QR Menu juga bisa mempermudah resto dan cafe kamu ketika hendak menggubah suatu menu. Kunjungi higo.id untuk informasi selengkapnya ya!

 

 

Baca Juga

Tips Viral! 7 Cara Meningkatkan Views Instagram Reels

Cara UMKM Dapetin 10.000 Follower dalam Waktu 30 Hari

Topik Terkait

loading