Business Tip
5 Jenis Iklan Online yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan
Ningkatin penjualan bukan cuma jadi angan!
980 views

Pesatnya pertumbuhan internet Indonesia akhirnya memunculkan tren baru dalam beriklan yang semulanya pasif menjadi aktif. Melalui iklan online, para brand terus melakukan ekspansi untuk dapat menjangkau lebih banyak audience baru setiap harinya dengan berbagai konten iklan yang ditayangkan.
Berbeda dari iklan konvensial, iklan online adalah jenis iklan yang menggunakan internet sebagai penayangannya. Iklan online memiliki kelebihannya tersendiri karena mampu merekam semua interaksi dan memantaunya hingga iklan tersebut selesai tayang.
Ada banyak jenis iklan online yang bermunculan. Tentu banyaknya pilihan ini membuat kamu bingung untuk menggunakan mana yang lebih dahulu. Setiap jenis iklan yang dipilih pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Agar kamu memiliki gambaran sebelum memutuskan untuk memilih yang mana, kelima jenis iklan berikut ini penting untuk kamu ketahui.
1. Instagram Ads

Semenjak algoritma Instagram berubah, banyak selebgram, influencer, hingga berbagai macam brand terkena dampaknya. Hal yang paling terasa tentu saja jumlah like yang berkurang.
Algoritma baru ini di setting agar setiap pemilik akun di Instagram menggunakan Instagram Ads. Ada berbagai jenis iklan yang ditawarkan Instagram, namun yang paling rekomendasi untuk digunakan salah satunya iklan cerita. Iklan jenis ini akan muncul di Instagram Stories saat setiap pengguna sedang melihat Instagram stories mereka.
Sambil menggunakan Instagram Ads, kamu juga harus aktif menggunakan Instagram Stories, bisa dengan cara polling atau posting konten baru di feed. Hal ini dilakukan agar posting-an baru bisa muncul di semua timeline follower sehingga menaikkan jumlah like.
2. WiFi Ads

Iklan online selanjutnya yang dapat meningkatkan penjualan dengan memilih WiFi Ads. Berbeda dengan iklan online pada umumnya, iklan online ini akan muncul di setiap spot yang telah bekerja sama dengan WiFi Platform.
Setiap lokasi seperti mall, rumah sakit, kafe, atau sekolah yang telah menjadi partner WiFi Platform akan memunculkan iklan saat pengunjung di lokasi tersebut ingin terhubung dengan fasilitas WiFi gratis yang berada di sana.
Perjalanan iklan dengan WiFi advertising (WiFi ads) akan berbeda dengan iklan pada umumnya. Secara mudahnya, setiap pengunjung yang datang dan ingin menikmati fasilitas WiFi gratis, akan melakukan beberapa tahap, salah satunya dengan melihat tayangan iklan.
3. Facebook Ads

Media sosial yang sering digunakan selain Instagram Ads salah satunya Facebok Ads. Sebelum membuat iklan ada baiknya kamu tentukan terlebih dahulu apa goal yang ingin dicapai atau bisa dikatakan sebagai Objective.
Di Facebook Ads sendiri ada 11 objective yang dirangkum menjadi 3 bagian. Jika brand kamu termasuk baru, maka memilih objective awareness menjadi pilihan yang tepat. Objective consideration dipilih saat kamu ingin meningkatkan jumlah kunjungan di website, sedangkan untuk mengubah setiap pengunjung menjadi pembeli, kamu bisa menggunakan objective convertion.
4. Google Ads

Sebagai mesin pencari yang besar di dunia, Google juga memiliki layanan iklan yang bisa kamu gunakan untuk menarik lebih banyak kunjungan. Google memberikan kemudahaan bagi kamu yang ingin memasang iklan di sana karena dapat mengatur sendiri tampilan iklan yang ingin ditayangkan.
Perihal masalah biaya, Google Ads menerapkan bahwa hanya iklan yang diklik oleh audiens yang akan kamu bayarkan. Bahkan penayangan iklan akan terhenti secara otomatis jika saldo yang kamu miliki sudah habis.
5. Email Marketing

Meski media sosial menjadi media populer sekarang ini, nyatanya penggunaan email marketing menjadi media promosi iklan yang tetap efektif dan murah untuk dilakukan.
Email marketing menjadi media yang paling personal dalam melakukan promosi. Lewat newslatter yang dikirimkan lengkap dengan nama penerima email, media ini memberikan pengalaman promosi yang bisa kamu coba.
Ada banyak email marketing tools yang bisa kamu gunakan dan tentunya dengan harga yang terbilang murah. Mailchimp dan Sendgrid menjadi email marketing tools yang bisa kamu coba untuk digunakan.
Kelima iklan online di atas akan sangat efektif dan akhirnya mampu meningkatkan penjualan saat kamu kenal dengan audiens. Dengan begitu kamu mampu menciptakan konten iklan yang tepat dan menarik perhatian audiens.