Tech & Social Media

04 11 2021

10 Cara Mengatasi HP Lemot Dijamin Tidak Perlu Beli HP Baru

Langsung dicoba biar nggak lemot lagi

111 Views

10 Cara Mengatasi HP Lemot Dijamin Tidak Perlu Beli HP Baru

Ponsel memang jadi benda yang paling penting untuk menunjang aktivitas. Tak heran jika performa ponsel yang lancar jadi sebuah keharusan yang tak bisa ditawar. Namun seiring dengan umur pemakaian ponsel, performa ponsel menjadi menurun dan tak jarang terasa lemot. 

 

Kondisi HP lemot memang menyebalkan dan menggantinya dengan ponsel baru jadi solusi instan yang sering dipilih banyak orang. Padahal cara untuk mengatasi HP yang lemot bukanlah menggantinya dengan ponsel baru. Kamu perlu memahami apa penyebab HP lemot dan cara mengatasinya. 

Penyebab HP lemot

undefined

Sebelum mengatasi cara HP yang lemot, sebaiknya kamu paham yang sebenarnya membuat ponsel kamu terasa lemot saat digunakan. Berikut beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui dan menjadi penyebab ponsel terasa lemot. 

 

Baca Juga
Kebiasaan Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

1. Terlalu banyak menginstal aplikasi

Memilik beragam aplikasi di dalam ponsel memang menyenangkan. Sebagai untuk mempermudah aktivitas, aplikasi tersebut juga sebagai hiburan di tengah aktivitas yang padat. 

 

Sering menginstal aplikasi baru tentu akan menghabiskan kapasitas memori yang ada di ponsel. Jadi tak heran jika kondisi ponsel kamu akan terasa lebih lemot dari biasanya.

2. Membuka aplikasi berat secara bersamaan

Membuka aplikasi berat secara bersamaan tentu akan mengurangi penggunaan RAM. Sebaiknya biasakan membuka satu aplikasi dan segera menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan.

3. Terlalu banyak data internal yang tersimpan

Jika dihitung ada berapa banyak gambar screenshot atau screen record yang ada di ponsel kamu? Meski terlihat sepele, tapi banyaknya gambar screenshot dan screen record di ponsel sebenarnya telah menyita memori ponsel kamu. Jadi jika tidak terlalu penting kamu bisa menghapusnya.

10 cara mengatasi HP lemot

undefined

Setelah mengetahui penyebab hp lemot, kamu bisa mulai mengikuti 10 cara mengatasi hp lemot berikut ini.

1. Pastikan sistem operational di ponsel kamu terupdate

Biasanya secara berkala ponsel kamu akan menyarankan untuk memperbarui sistem operasional dengan melakukan update. Nah, saat itu terjadi kamu wajib untuk melakukan update

 

Hal ini karena pembaruan sistem sebenarnya untuk memperbaiki berbagai bug yang ada di sistem sebelumnya. Jadi saat kamu melakukan pembaruan, performa ponsel kamu akan terasa lebih lancar.

 

2. Hapus aplikasi yang dirasa tidak berguna

Saat download aplikasi biasanya karena kamu merasa penasarankan. Jika setelah di download kamu merasa aplikasi tersebut tidak memberikan banyak manfaat bagi dirimu, hapuslah segera. Hal itu akan meringankan kinerja ponsel kamu agar tidak terasa lemot.

3. Segera hapus cache aplikasi

Keberadaa cache memang membuat aplikasi lebih cepat digunakan, tapi data cache yang menumpuk terlalu banyak akan menghabiskan ruang penyimpanan. Sehingga membersihkan data cache aplikasi jadi alternatif yang bisa dilakukan untuk membuat hp tidak lemot.

4. Jangan instal aplikasi pembersih ruang

Keberadaan aplikasi pembersih ruang memang terlihat menggiurkan, tapi apakah benar aplikasi tersebut bisa membersihkan data dan membuat performa ponsel jadi lebih baik? 

 

Aplikasi pembersih ruang pihak ketiga disinyalir akan memperkeruh aplikasi pembersih ruang bawaan dari ponsel dan hanya akan menghabiskan memori penyimpanan yang sebenarnya bisa digunakan untuk aplikasi lainnya.

5. Matikan auto-sync

Mengaktifkan auto-sync akan membuat kamu tetap terhubung dengan semua aplikasi yang ada di ponsel. Meski mematikan auto-sync akan membuat kamu harus melakukannya secara manual saat ingin membuka aplikasi, tapi ini bisa dilakukan untuk mengatasi hp yang lemot.

6. Kurangi penggunaan widget

Penggunaan widget memang sebagai jalan pintas untuk melihat aplikasi tanpa perlu membukanya. Namun penggunaan widget tetap menyita konsumsi RAM, sehingga kamu perlu untuk mengurangi tampilan wigdet kamu.

7. Hentikan aplikasi yang dirasa boros baterai

Cobalah untuk lihat ke menu setting dan cek mana aplikasi yang dirasa paling boros baterai. Saat sudah menemukannya, kamu bisa membatasi untuk menggunakannya sehingga performa ponsel kamu tidak terasa lambat. 

8. Perhatikan kapasitas memori masih cukup

Kapasitas memori yang tinggal sedikit tentu akan memengaruhi performa ponsel kamu. Jadi cobalah untuk melihat kembali sisa kapasitas memori yang ada di ponsel kamu dan hapus berbagai gambar, video, atau aplikasi yang tidak dibutuhkan.

9. Bersihkan layar beranda

Jika kamu menggunakan wallpaper yang bergerak, cobalah pertimbangkan kembali untuk tidak menggunakannya lagi. Tidak hanya boros baterai, tapi juga bisa menyebabkan ponsel kamu lemot.

10. Restart ponsel

Cara terkahir yang paling cepat adalah dengan melakukan restart ponsel. Melalui cara ini kamu kamu bisa langsung mengosongkan cache dan memberhentikan berbagai aplikasi yang sedang berjalan.

 

10 cara mengatasi hp lemot bisa kamu praktekkan satu per satu. Jadi sekarang tidak perlu langsung emosi dan mengganti ponsel baru. Semoga berhasil. 

 

Jika kamu tertarik dengan informasi seputar teknologi dan gadget, kamu bisa ikuti setiap artikel yang tayang di blog.higo.id.

 

Baca Juga
Lebih Kotor dari Dudukan Toilet, Ini Cara Membersihkan HP dari Bakteri

Topik Terkait

loading