Tech & Social Media

21 05 2024

Mengenal Software Stok Barang, Keuntungan, dan Rekomendasi di Indonesia

Software paling direkomendasikan!

105 Views

Mengenal Software Stok Barang, Keuntungan, dan Rekomendasi di Indonesia

Dalam dunia bisnis, efisiensin manajemen inventory menjadi kunci keberhasilan. Banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam mengawasi keseimbangan antara ketersediaan stok untuk memenuhi permintaan pelanggan dan menghindari kekurangan persediaan barang. 

 

Di sinilah peran software stok barang sangat penting. Dengan teknologi yang terus berkembang, software stok barang menawarkan solusi canggih untuk setiap masalah persediaan barang memungkinkan bisnis dari berbagai skala untuk mengelola persediaan mereka dengan lebih efektif. 

 

Tapi, apa yang dimaksud software stok barang ? Apa saja keuntungan menggunakan aplikasi persediaan barang? 

 

Yuk! Kita simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu Software Stok Barang?

Software stok barang adalah sebuah sistem yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola inventaris mereka secara efisien. 

Dengan menggunakan teknologi ini, perusahaan dapat melacak jumlah barang yang dimiliki, memantau pergerakan stok, dan mengoptimalkan proses manajemen inventaris. Berikut adalah beberapa manfaat software stok barang, diantaranya:

 

  1. Efisiensi Operasional: Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengelola inventaris secara manual.
  2. Adanya Akurasi Data: Meminimalisir kesalahan manusia (human error) dalam pencatatan stok, sehingga data inventaris lebih akurat dan dapat diandalkan.
  3. Optimalisasi Stok Barang: Membantu dalam menjaga tingkat persediaan yang optimal, menghindari overstocking (kelebihan stok) dan understocking (kekurangan stok).
  4. Penghematan Biaya: Dalam penyimpanan barang yang berlebihan dan kehilangan penjualan akibat kekurangan stok.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Stok Barang Pada Bisnis

Aplikasi stok barang memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Selain itu, masih ada beberapa keuntungan utama menggunakan aplikasi stok barang untuk bisnis:

 

1. Otomatisasi dan Efisiensi

Dengan aplikasi stok barang memungkinkan pelacakan inventory secara real-time, mengurangi kesalahan manual dan memberikan data yang akurat tentang jumlah stok.

Ketika stok barang mulai menipis, software stok barang gudang akan memberikan notifikasi untuk membantu menghindari kehabisan barang dan memastikan ketersediaan produk.

 

2. Penghematan Waktu dan Biaya

Aplikasi ini memungkinkan otomatisasi proses pengelolaan stok, bisnis dapat mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manual serta membantu menganalisis tren penjualan untuk memprediksi kebutuhan stok, mengurangi overstock dan understock.

 

3. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan ternyata tergantung juga dari seberapa kamu bisa mengelola stok dengan baik sehingga dapat memenuhi pesanan secara cepat dan efisien. 

Bahkan terkadang sering terjadi selisih stok barang, maka dari itu kamu butuh software stok barang yang memuat keteresediaan stok barang secara real-time.

 

4. Dapat Terintegrasi Dengan Platform Lain

Aplikasi stok barang sering kali dapat diintegrasikan dengan sistem POS (Point of Sale), Platform Omnichannel, atau sistem ERP (Enterprise Resource Planning) sehingga dapat menyediakan data yang konsisten di seluruh platform. Karena banyaknya palikasi stok barang berbasis cloud, maka kamu bisa mengaksesnya dari berbagai perangkat dan lokasi tanpa batasan waktu.

 

5. Laporan Persediaan Barang

Dengan aplikasi stok barang telah tersedia laporan data yang rinci mengenai penjualan, tren stok dan mampu membantu bisnismu dalam membuat keputusan. 

 

Selain itu, software stok barang dapat membantu memantau kinerja inventaris, seperti total produk yang terjual, barang yang masuk dan barang keluar.

 

Dengan menggunakan aplikasi stok barang, bisnis dapat mencapai efisiensi operasional yang lebih tinggi, mengurangi biaya, dan meningkatkan layanan kepada pelanggan, yang semuanya berkontribusi pada pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.

Rekomendasi Software Stok Barang di Indonesia

undefined

Apakah kamu mulai tertarik untuk menggunakan aplikasi stok barang? 

 

Kalo iya, kamu bisa menggunakan Jubelio Omnichannel yang dapat mengintegrasikan pengadaan barang sampai sinkronisasi dan pengaturan stok. 

 

Tidak hanya itu, Jubelio juga menyambungkannya ke berbagai marketplace dan menyediakan berbagai macam fitur lain untuk mempermudah operasional bisnismu. Salah satunya fitur sinkronisasi stok barang atau sync stock.

 

Dengan fitur ini kamu bisa mengecek serta mengelola stok barang kamu dan juga mengetahui jumlah stok setiap saat sehingga kamu bisa memperkirakan untuk menambah stok barang kalau produk kamu sudah hampir habis karena perubahan stok bisa dimonitor hanya dalam satu sistem.

 

Fitur lainnya yang dapat pakai adalah fitur upload produk massal sehingga bisa menghemat waktu kamu, dan adanya fitur barcode serta serial number kamu bisa input data lebih cepat.

 

Jika kamu ingin tahu lebih lengkap mengenai Jubelio <<<cek selengkapnya disini

 

Baca Juga

Cara Membuat Avatar Pelanggan di Bisnis F&B

8 Fitur Wajib Omnichannel Marketplace Terbaik

Topik Terkait

loading